Resep dan Cara Membuat Puding Kentang Biskuit Coklat yang Mudah, Nikmat dan Bergizi

Puding merupakan salah satu makanan yang sudah sangat familiar sekali ditelinga masyarakat. Selama ini mungkin kita hanya mengenal bahwa puding ini digunakan sebagai makanan penutup saja dikala kita selesai makan nasi atau makanan berat lainnya. Namun, ternyata selain itu puding juga merupakan makanan yang cocok untuk disajikan dalam acara-acara tertentu seperti acara arisan keluarga, acara pernikahan dan yang lainnya.

Saat ini banyak sekali jenis puding yang bisa kita temui, seperti puding karamel, puding buah, puding coklat dan puding susu. Dan mungkin saja semua jenis puding tersebut sudah pernah anda cicipi satu persatu. Namun, apakah dari semua jenis puding tersebut anda pernah mencicipi puding kentang biskuit coklat? Ya, untuk sebagian orang mungkin cukup asing ketika mendengar puding yang satu ini, dan memang kenyataannya tidak banyak orang yang menjual puding ini sehingga tidak heran jika masyarakat sekitar masih awam ketika mendengarnya.
Puding kentang biskuit coklat ini tentunya tidak kalah nikmat dari puding-puding jenis lainnya. Bahkan puding yang satu ini juga memiliki manfaat ganda, dimana selain manfaat yang bisa didapatkan dari agar-agar, kentang yang digunakan sebagai salah satu bahan ini pun bisa memberikan manfaat kepada kita. Dan memang sudah tidak bisa dibantah lagi bahwa kentang ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah, seperti yang telah kita sebutkan tadi bahwa puding ini sangat jarang dijual oleh para pedagang. Untuk itu bagi anda semua yang ingin mencoba mencicipinya jangan berkecil hati, pasalnya anda bisa membuat sendiri sajian yang nikmat ini di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Jika penasaran yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan puding

  • Kentang 500 gram, dikupas dan kukus
  • Mentega 100 gram
  • Kuning telur 4 butir
  • Susu cair 100 ml
  • Putih telur 1 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Biskuit cokelat 200 gram

Bahan lapisan

  • Agar-agar 1 bungkus
  • susu segar 650 ml
  • Gula pasir 125 gram
  • cokelat bubuk 2 sdm
  • krim kocok 150 ml

Cara Membuat Puding Kentang Biskuit Coklat

  1. Langkah pertama yaitu, siapkan terlebih dahulu loyang dengan ukuran 20 x 20 x 6 cm. Lalu, haluskan kentang yang sudah dikukus ketika masih dalam keadaan panas, aduk bersama mentega hingga keduanya merata, setelah itu sisihkan.
  2. Selanjutnya, kocok kuning telur, putih telur dan gula hingga mengental dan larut. Lalu, masukan kentang yang sudah halus dan susu secara bergantian sambil dikocok hingga merata. Kemudian, masukan adonan tersebut ke dalam loyang, kukus selama kurang lebih 40 menit.
  3. Setelah itu, letakan biskuit coklat yang sudah disiapkan di atas permukaan kentang hingga lapisan kentang tertutupi.
  4. Untuk lapisan puding, didihkan susu, agar-agar, gula pasir, sambil diaduk hingga rata. Lalu, masukan cokelat bubuk yang sudah dilarutkan, aduk rata dan tuangkan ke dalam krim kocok, aduk hingga merata.
  5. Kemudian, tuangkan adonan tersebut ke atas lapisan biskuit dan ratakan, lalu simpan dalam lemari pendingin hingga adonan mengeras. Jika sudah mengeras keluarkan puding tersebut dari loyang, lalu potong-potong sesuai ukuran yang anda inginkan dan hidangkan selagi dingin.

Itulah cara membuat puding kentang biskuit cokelat yang nikmat dan bergizi. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)