Resep dan Cara Membuat Sajian Sedap Tahu Gejrot Khas Cirebon Asli yang Sederhana dan Pedas

Indonesia memiliki banyak sekali keragaman. Mulai dari kebudayaan dan istiadat, bahasa hingga makanan khas. Makanan khas dari masing-masing daerah di Indonesia memiliki perbedaan. Dimana makanan-makanan tersebut tentunya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Tidak hanya hidangan utama saja, tetapi masing-masing daerah di Indonesia pun memiliki jajanan atau kuliner tersendiri. Seperti halnya jajanan yang muncul dari daerah Cirebon. Jajanan ini dari generasi ke generasi terus turun menurun menjadi kuliner yang memang layak menjadi kebanggan nusantara. Ya jajanan kuliner tersebut yaitu tahu gejrot.

Tahu gejrot adalah jajanan khas yang berasa dari Cirebon. Namun meskipun begitu, jajanan khas ini sudah tersebar kemana-mana. Bahkan ada di antaranya negara tetangga yang menyukai jajanan yang satu ini. Bermodalkan kuah yang gurih dan komposisi bumbu ayang sederhana, mampu memperkaya rasa dari jajanan ini. Dan karena hal inilah jajanan ini mendapatkan tempat di hati para penggemarnya.

Ketika anda menyantap jajanan yang satu ini, anda pasti akan merasakan sensasi tersendiri. Apalagi ketika anda selesai mengadakan acara di rumah. Ketika mendengar suara tukang tahu gejrot ini lewat ke depan rumah, maka anda seakan menjadi terpikat. Hanya mengeluarkan uang beberapa ribu rupiah anda bia mendapatkan jajanan yang nikmat ini.

Resep Lainnya: Resep Nasi Goreng

Namun terkadang, kita tidak akan merasa puas ketika menyantap tahu gejrot hanya dengan sepiring kecil. Mungkin anda ada keinginan untuk menambahnya, tetapi tahanlah sebenatar karena anda masih bisa menghemat dengan cara membuat tahu gejrot ini sendiri di rumah. Dan di bawah ini adalah resep dan cara membuat tahu gejrot khas Cirebon.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Asli yang Sederhana dan Pedas

Bahan-Bahan Utama

  • 15 buah tahu gembos tanpa rasa (tawar) secukupnya
  • 3 siung bawang merah
  • Cabai rawit sesuai dengan selera
  • Garam sesuai dengan selera
  • 25 gram gula jawa atau gula merah
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan dan Bumbu Kuah Tahu Gejrot

  • 250 air
  • 50 ml kecap manis
  • 4 sendok cuka atau larutan asam

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Kota Cirebon

1. Langkah pertama yaitu, panaskan terlebih dahulu penggorengan dan tambahkan minyak goreng secukupnya.
2. Setelah itu, goreng semua tahu yang telah anda siapkan hingga benar-benar matang.
3. Lalu, tirisikan minyak dan potong tahu yang telah digoreng tersebut hingga berukuran kecil atau sesuai dengan selera anda.
4. Selanjutnya, ulek kasar cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan bubuk garam. Lalu sisihkan.

Cara Membuat Kuah

1. Langkah pertama yaitu, rebus air, kecap manis, gula merah dan cuka atau air asam hingga matang atau berwarna kecoklatan.
2. Selanjutnya, siapkan piring yang akan gunakan untuk menyajikan. Ambil tahu dan sajikan di atas piring sesuai dengan selera dan bubuhi dengan bumbu yang telah diulek kasar.
3. Langkah yang terakhir yaitu, siram tahu gejrot dengan kuah yang telah dibuat.

Tahu gejrot ini akan lebih nikmat jika disantap dengan ditemani teh dingin ataupun es jeruk. Nah, dengan adanya resep tahu gejrot ini maka anda bisa memperkaya menu jajajanan anda. Untuk sekarang ini anda tidak usah membeli jajanan di luar karena dengan memahami dan mengetahui resep jajanan-jajanan ini maka selain hemat anda pun bisa mendapatkan jajanan sesuai dengan selera anda. Itulah resep dan cara membuat tahu gejrot khas Cirebon. Sangat mudah bukan? Selamat Mencoba.

Loading...

Loading...