Resep dan Cara Membuat Sambal Dabu-DabuSiapa yang tak kenal dengan sambal dabu-dabu? Sambal tradisional nikmat yang berasal dari kota Manado ini begitu digemari. Rasa asam pedas nan nikmat membuat selera makan siapa saja menjadi semakin tergugah. Apalagi jika sambal ini disajikan bersama dengan ikan bakar atau ayam bakar, tentunya membuat siapa saja penasaran ingin segera mencobanya.

Nah, kali ini, resep dan cara membuat sambal dabu-dabu ini bisa anda sajikan dirumah. Dengan dihidangkan bersama dengan lauk yang cocok seperti disebutkan diatas, maka rasanya akan terasa begitu nikmat. Selain itu, sambal dabu-dabu ini juga akan sangat nikmat jika hanya disantap bersama dengan gorengan. Kandungan tomat, dan air jeruk nipis yang ada pada sambal dabu-dabu akan mampu menyerap minyak dan lemak jahat yang terkandung pada gorengan. Nah, agar anda tak perlu penasaran lagi, simak langkah-langkah membuat sambal dabu-dabu dibawah ini.

Baca Juga:

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Dabu-Dabu

  • 15 cabai rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 buah jeruk nipis

Apabila bahan-bahan diatas sudah disiapkan, lanjutnya dengan mulai mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

1. Pertama, anda bisa mengawalinya dengan terlebih dahulu mencuci bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas. Pastikan anda mencucinya pada air yang mengalir agar zat-zat berbahaya dalam bahan-bahan tersebut tercuci bersih.
2. Selanjutnya siapkan talenan dan pisau, kemudian potong-potong cabai rawit kira-kira seukuran 1,5 cm.
3. Iris-iris juga bawang merah, iris bawang merah ini sesuai dengan selera.
4. Kemudian lanjunya dengan memotong tomat dengan bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera.
5. Campurkan kesemua komponen yang sudah dipotong-potong, aduk hingga tercampur rata dan berikan perasan jeruk nipis. Untuk memberikan rasa berikan sedikit garam dan aduk-aduk hingga merata dan tercampur.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

Loading...

Loading...