Resep dan Cara Membuat Sambal Jahe

Resep dan Cara Membuat Sambal JaheJahe memang terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa keluhan penyakitpun bisa diobati dengan jahe, seperti misalkan kerusakan gigi, sariawan, alergi, migren, jerawat hingg adengan pilek. Selain itu, masih ada lebih banyak manfaat jahe untuk kesehatan.

Namun selain baik untuk kesehatan, jahe juga nikmat dijadikan rempah dalam masakan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan meramu jahe menjadi sambal yang nikmat. Dengan demikian konsumsi jahe pada makanan ini, akan bermanfaat baik untuk kesehatan. Selain lezat, manfaat dari jahe juga bisa anda dapatkan.
Sambal jahe dengan kombinasi bahan campuran lain seperti kecap manis, akan sangat lezat dihadirkan sebagai menu pelengkap jika disantap dengan ikan goreng, ikan bakar, ayam bakar, ayam goreng dan makanan lainnya. Rasa lezat serta sensasi pedas hagat dari cabai dan jahe akan membuat makanan yang anda santap menjadi lebih nikmat. Dan bagi anda yang ingin membuat sambal jahe dirumah, simak langkah-langkah dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 1 buah cabai merah
  • 12 cabai rawit merah
  • 1 ruas jahe
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Gula jawa secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • Garam secukupnya

Jika bahan-bahan diatas sudah dipersiapkan, barulah anda bisa langsung membuat sambal jahe dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan kali ini.

Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Sambal Jahe

1. Langkah pertama, ada baiknya sebelum bahan-bahan digunakan atau dibuat menjadi sambal, cuci terlebih dahulu. Pastikan anda mencuci kesemua bahan dengan menggunakan air yang mengalir, agar zat kimia yang terkandung pada bahan-bahan tersebut dapat dibilas dengan air.
2. Selanjutnya, ambil jahe yang sudah anda persiapkan. Kemudian kupas jahe hingga bersih dan iris-iris cukup tipis.
3. Kemudian potong-potong juga bahan-bahan lain seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Potong-potong bahan-bahan tersebut dengan ukuran yang cukup tipis atau sesuai dengan selera.

Resep dan Cara Membuat Sambal Jahe
4. Jika kesemua bahan sudah dipotong-potong, masukan pada cobek dan campurkan lalu ulek hingga halus merata, taburkan garam untuk membuat rasanya menjadi lebih berasa.

Resep dan Cara Membuat Sambal Jahe
5. Terakhir berikan kecap manis secukupnya kemudian aduk-aduk hingga kecap dan racikan rawit pedas tercampur merata.
Kini, sambal jahe yang sudah kita buat akan siap untuk dihidangkan. Anda dapat menghidangkan sambal nikmat ini sebagai pelengkap untuk disantap bersama lauk yang sudah anda persiapkan. Selamat menikmati.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Jahe

Loading...

Loading...