Resep dan Cara Membuat Sambal KecapPedas manis dan berasa mantap adalah rasa khas dari sambal kecap. Ya, sambal pelengkap yang biasa dinikmati dengan ikan bakar atau ayam bakar ini terasa begitu khas bisa disantap. Ada begitu banyak variasi yang datang dari sambal kecap, mulai dari sambal kecap jahe, sambal kecap original hingga dengan sambal kecap tomat pedas. Rasa yang khas dan begitu nikmat amat cocok untuk lidah orang Indonesia yang hampir sebagian besarnya adalah pecinta masakan pedas.

 Nah, bagi anda yang ingin mencoba sendiri sensasi pedas sambal kecap dengan racikan bumbu dan olahan sendiri dirumah, tak perlu khawatir anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan resep dan cara yang akan kami bisikan kali ini. Agar tak berbasa-basi lagi, simak langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga:

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Kecap

  • 3 siung bawang merah
  • 4 cabai rawit merah
  • 6 cabai rawit hijau
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Setelah bahan-bahan diatas anda persiapkan, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mulai mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan kali ini.

Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Sambal Kecap

1. Langkah pertama, cuci terlebih dahulu kesemua bahan yang harus dicuci, pastikan anda mencuci bahan-bahan tersebut dengan air mengalir agar zat-zat berbahaya seperti pestisida dapat dilunturkan dengan air yang mengalir.
2. Selanjutnya, potong-potong cabai rawit, bawang dan tomat. Potong-potong tomat dan bawang menjadi bentuk dadu. Sementara untuk cabai, potong-potong cabai dengan ukuran tipis secukupnya.

Resep dan Cara Membuat Sambal Kecap
3. Masukan bahan-bahan yang sudah dipotong ke dalam wadah atau cobek, kemudian masukan kecap manis secukupnya, kemudian berikan perasan jeruk nipis secukupnya pula.

Resep dan Cara Membuat Sambal Kecap
4. Untuk menambah rasa, masukan garam secukupnya dan aduk hingga merata. Sajikan.
Kini sambal kecap sudah siap anda hidangkan, sambal kecap akan sangat cocok jika disajikan sebagai pelengkap untuk menikmati ikan bakar, ayam bakar, ikan goreng ataupun tahu goreng yang renyah. Selamat menikmati dan semoga bermanfaat.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Kecap

Loading...

Loading...