Resep dan Cara Membuat Sambal Mangga Sensasi asam dan rasa pedas yang berkombinasi dengan aroma terasi yang begitu khas adalah sensasi khas dari sambal mangga. Sambal tradisional khas nusantara yang begitu nikmat jika disajikan saat cuaca panas dan dinikmati beramai-ramai ini akan terasa begitu spesial, terutama jika dihidangkan sebagai menu pelengkap untuk menyantap hidangan yang disajikan kali ini.

Ya, rasa nikmat dari sambal mengga memang begitu menggoda, cita rasa nikmat dan sensasi pedasnya selalu sukses membuta lidah orang lain tak henti-henti bergoyang. Nah, agar anda bisa menghidangkan sendiri sajian lezat sambal mangga ini, maka resep dan cara membuat sambal mangga kali ini akan sangat membantu anda untuk dapat menyajikan hidangan sambal mangga. Ingin tahu seperti apa resep dan cara membuat sambal mangga? Simak dibawah ini.

Baca Juga:

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Mangga

  • 5 buah cabai rawit
  • 8 buah cabai keriting merah
  • 5 buah cabai keiting hijau
  • 1 buah terasi matang
  • 1 buah jeruk lemo
  • 2 buah mangga setengah matang
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Apabila bahan-bahan yang disebutkan diatas sudah anda persiapkan langkah selanjutnya agar anda dapat menghidangkan sambal mangga yang segar dan juga nikmat, maka silahkan ikuti langkah-langah dibawah ini.

Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Sambal Mangga

1. Pertama, cuci terlebih dahulu bahan-bahan sebelum anda gunakan. Mencuci bersih bahan makanan sebelum digunakan berfungsi untuk menghilangkan kandungan zat kimia yang ada pada bahan-bahan tersebut agar tidak terkonsumsi. Untuk itu pastikan jika anda mencuci bersih bahan-bahan tersebut dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
2. Setelah dicuci lanjutkan dengan mengupas terlebih dahulu buah mangga yang sudah dipersiapkan.

Resep dan Cara Membuat Sambal Mangga
3. Kemudian potong-potong mangga dengan bentuk korek api memanjang sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Potong-potong hingga mangga habis semuanya dipotong.
4. Lalu potong-potong cabai rawit, cabai kriting merah dan cabai kriting ijo, berikan gula dan garam secukupnya serta masukan terasi.
5. Selanjutnya baru dihaluskan menggunakan ulekan, ulek hingga halus dan berikan perasan jeruk nipis diatasnya.
6. Setelah selesai diulek baru campurkan dengan mangga yang telah dipotong-potong, kemudian aduk rata dengan bumbu ulekan. Kemudian sajikan.

Resep dan Cara Membuat Sambal Mangga

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Mangga

Loading...

Loading...