Resep dan Cara Membuat Sambal PecelSambal nikmat yang dibuat dari bahan dasar kacang tanah ini memiliki rasa dan sensasi yang begitu khas. Rasa lezat dari kacang yang berkombinasi dengan cabai dan rempah lain akan membuat hidangan pelengkap ini menjadi lebih nikmat. Apalagi jika disantap dengan ikan goreng, ataupun dengan ayam goreng renyah.

Rasa nikmat dan lezat akan senantiasa menggoyang lidah anda dan membuat selera makan anda semakin tergugah. Agar anda bisa membuat sendiri sambal pecel ini dirumah. Simak Langkah-Langkah Berikut Ini.

Baca Juga:

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 5 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 1 buah jeruk nipis
  • Asam jawa secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya
  • 50 gram gula jawa
  • 300 gram kacang tanah yang sudah dihaluskan

Setelah bahan-bahan diatas siap dikumpulkan dan sudah lengkap, mulailah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Sambal Pecel

1. Pertama, cuci terlebih dahulu bahan-bahan yang hendak dibuat, agar kandungan zat kimia yang berbahaya yang terkandung pada bahan-bahan tersebut dapat dirontokan dengan air.
2. Setelah bahan-bahan selesai dicuci, kemudian potong-potong bahan seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Potong-potong kasar bahan-bahan tersebut agar nantinya ketika digoreng bahan seperti cabai tidak meledak ketika bereaksi dengan minyak panas.

Resep dan Cara Membuat Sambal Pecel
3. Sisihkan sementara bahan-bahan yang telah dipotong-potong. Kemudian tuangkan minyak pada wajan secukupnya kemudian panaskan. Selanjutnya barulah masukan bahan-bahan yang sudah dipotong-potong tadi dan masak hingga bahan menjadi lebih layu.

Resep dan Cara Membuat Sambal Pecel
4. Angkat dan tuangkan pada cobek, ulek bahan-bahan tersebut hingga halus kemudian masukan kacang yang telah dihaluskan sedikit demi sedikit lalu ulek hingga tercampur dengn merata.
5. Larutkan asam jawa dengan air kemudian masukan larutan asam tersbeut pada sambal pecel dan masukan pula bumbu-bumbu lain.
6. Terakhir berikan perasan jerun nipis untuk membuat rasanya menjadi lebih segar dan nikmat.
Dengan begitu, kini sambal pecel sudah selesai kita buat. Hidangkan samabl pecel ini untuk melengkapi makanan yang akan anda santap agar menjadi lebih mantap dan terasa lezat.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Pecel

Loading...

Loading...