Resep dan Cara Membuat Sambal PenyetIndonesia memiliki kuliner yang berbeda-beda pada masing-masing daerah. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam penyajian dan ciri khas makanan. Sambal merupakan saus atau bahan pelengkap yang umumnya berasa pedas. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia. Dari berbagai macam sambal yang sangat diminati adalah sambal penyet.

Sambal penyet adalah jenis sambal yang dicampurkan dengan hidangan lain seperti ayam atau tempe. Mungkin anda kenal dengan ayam penyet atau tempe penyet yang sangat digemari karena rasa pedasnya.
Bila anda merindukan makanan pelengkap seperti sambal , anda dapat membuatnya di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat sambal penyet :

Baca Juga:

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sambal Penyet :

  • 10 buah cabe domba merah
  • 3 buah cabe merah berukuran besar
  • 1 buah tomat merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula merah
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng

Cara Membuat Sambal Penyet :

1. Pertama-tama anda dapat mencuci kesemua bahan dengan air bersih agar kandungan zat kimi berbahaya yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut bisa dibersihkan.
2. Kemudian, potong-potong bahan dan goreng bahan-bahan yaitu cabe merah, tomat, cabe rawit, dan bawang putih digoreng menggunakan minyak panas hingga layu.

Resep dan Cara Membuat Sambal Penyet
3. Selanjutnya setelah layu maka anda dapat angkat dan sediakan ulekan untuk menghaluskan sambal penyet.

Resep dan Cara Membuat Sambal Penyet
4. Untuk menambahkan rasa anda dapat memberikan tambahan gula dan garam sesuai dengan selera.
Itulah dia cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membuat sambal penyet. Hidangkan nuansa sambal berbeda ditengah keluarga untuk menambah nikmat cita rasa makanan yang anda hidangkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Video Tutorial
Berikut Video Resep dan Cara Membuat Sambal Penyet

Loading...

Loading...