Resep dan Car Membuat Sop Kikil Kaki Sapi Kuah Bening Mungkin anda sudah tidak asing dengan hidangan sop kikil kaki sapi. Hidangan nikmat nan lezat ini selalu menggoda ketika dinikmati, hanya saja pengolahan kaki sapi memang terbilang cukup rumit, sebab kaki sapi membutuhkan penanganan khusus dalam persiapannya. Jika anda membeli kaki sapi yang sudah dibersihkan dari bulu-bulunya, mungkin pengolahannya tidak akan terlalu rumit.

Hanya saja kaki sapi yang sudah dibersihkan seperti ini harganya mungkin akan lebih mahal. Namun hal ini tergantung pada kesiapan anda, jika anda memilih harga yang lebih murah, maka anda harus siap dengan proses yang lebih panjang dengan membersihkan terlebih dahulu kaki sapi dari bulu-bulunya.
Nah, kali ini olahan kaki sapi akan kita buat adalah sop kikil kaki sapi dengan kuah bening, disini kaki sapi akan dihidangkan bersama dengan tulangnya dan dihidangkan dengan kuah bening yang gurih. Yang akan nikmat dinikmati kapanpun, baik pagi maupun malam. Selain nikmat, sop kikil sapi ini mampu membuat tubuh anda merasa lebih hangat, yang mana akan baik untuk dikonsumsi saat pagi atau malam hari. Dan agar anda bisa membuatnya sendiri dirumah, berikut resep dan cara membuat sop kikil kaki sapi kuah bening yang bisa anda ikuti. 

Baca Juga:

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 2 buah kaki sapi

Bumbu-Bumbu yang Diperlukan

  • 10 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 5 cabe merah besar
  • 5 cm laos
  • 5 cm jahe
  • 1 sendok makan garam
  • Kemiri goreng segenggam

Cara Membuat Sop Kikil Kaki Sapi

1. Pertama, potong-potong terlebih dahulu kaki sapi dan bersihkan dari bulu-bulunya kemudian rebus sebentar dan buang airnya.
2. Sisihkan terlebih dahulu kaki sapi yang sudah direbus, kemudian haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya.
3. Setelah bumbu dihaluskan, tumis bumbu hingga tercium wanginya.
4. Masukan kikil, tumis sebentar dan oseng-oseng hingga bumbu pada tumisan menyatu pada kikil.
5. Tambahkan air, kemudian masak hingga kikil menjadi lebih empuk. Untuk proses perebusan yang lebih singkat dan menghasilkan kikil yang cepat empuk, anda bisa menggunakan panci presto.
6. Setelah kikil matang, tuangkan ke dalam mangkok dan berikan taburan bawang goreng.

Loading...

Loading...