Selama bulan Ramadhan, umat Islam yang ada di dunia ini menjalankan ibadah puasa. Dari terbit fajar hingga terbenam matahari kita wajib menahan haus dan lapar, serta hawa nafsu.

Momen yang paling ditunggu-tunggu selama bulan puasa yaitu buka puasa. Rasa haus dan lapar akan terbayarkan karena kita bisa menyantap makanan dan minuman. Buka puasa itu sendiri biasanya diawali dengan menyantap menu takjil. Banyak hidangan yang bisa dijadikan menu takjil, salah satunya yaitu  es buah kolang kaling.  Rasanya yang enak dengan kesegaran yang begitu nikmat akan sangat memanjakan di lidah.

Baca Juga:

Yuk meriahkan momen buka puasa anda dan keluarga dengan kehadiran es buah kolang kaling yang segar. Tak harus membelinya, untuk mendapatkannya anda bisa membuat sendiri di rumah. Sebab cara membuatnya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkannya pun praktis. Bahkan anda bisa menambahkan bahan-bahan sesuai selera agar sajian ini semakin spesial. Nah, berikut ini kami hadirkan resep es buah kolang kaling untuk menu takjil buka puasa. ( Baca juga : Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Segar Untuk Menu Takjil Buka Puasa )

Resep-es-buah-kolang-kaling.jpg

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Es Buah Kolang Kaling

Bahan Utama Es Buah Kolang Kaling

  • 100 ml madu
  • 300 gram kolang kaling
  • 200 gram melon
  • 500 ml air jeruk manis
  • 1000 gram es batu
  • 100 gram stroberi

Bahan Untuk Jeli

  • 50 gram gula pasir
  • 700 ml air
  • 1 bungkus jeli bubuk stroberi

Cara Membuat Es Buah Kolang Kaling yang Segar dan Enak Untuk Menu Takjil Buka Puasa

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan supaya siap olah. Silahkan anda ambil kolang-kaling, kemudian cuci hingga bersih. Jika sudah, potong kolang-kaling tersebut menjadi dua bagian dengan arah memanjang.
  2. Keruk panjang buah melon dengan menggunakan sendok.
  3. Potong masing-masing buah stroberi menjadi empat bagian.
  4. Pecahkan es batu hingga benar-benar hancur.

Cara Membuat Es Buah Kolang-Kaling

  1. Siapkan panci yang sudah diisi dengan air secukupnya. Lalu rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, silahkan masukan kolang-kaling yang sudah anda belah-belah tadi. Rebus kolang-kaling hingga matang.
  2. Kemudian buang air rebusan kolang kaling. Tambahkan lagi air dan rebus kembali hingga mendidih. Jika sudah, silahkan buang airnya lalu dinginkan.
  3. Campurkan air jeruk manis bersama dengan madu. Lalu aduk sampai merata. Kemudian dinginkan.

Cara Membuat Jeli

  1. Siapkan panci kecil yang akan digunakan untuk merebus jeli.
  2. Kemudian campurkan semua bahan-bahan jeli yang sudah disebutkan di atas seperti bubuk stroberi, gula pasir dan air.
  3. Masak semua bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Siapkan loyang berbentuk kotak. Masukan rebusan bahan jeli ke dalam loyang tersebut. Lalu dinginkan. Setelah dingin, silahkan potong kotak kecil.

Saran Penyajian

  1. Siapkan tempat saji yang akan digunakan untuk menyajikan es buah kolang-kaling.
  2. Lalu tata kolang-kaling di dalam tempat saji tersebut. Masukan pula bahan-bahan yang lainnya seperti melon, stroberi, jeli, es dan air jeruk.
  3. Terakhir anda bisa langsung menyajikannya.

Es buah kolang-kaling sudah selesai dibuat. Rasa dahaga karena seharian berpuasa akan terbayar dengan kesegaran dan kelezatan es buah kolang-kaling ini.

Itulah resep es buah kolang kaling untuk menu takjil buka puasa. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.

Loading...

Loading...