Resep Kue Lapis Coklat Susu Kukus yang Manis, Legit dan Lembut

Kue adalah salah satu sajian yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak-anak. Kue biasanya dijadikan sebagai kudapan atau suguhan untuk menjamu tamu. Kue itu sendiri sangat beragam, dimana salah satu kue yang dari dulu hingga saat ini terus populer yaitu kue lapis. Kue lapis memiliki tampilan yang cantik karena bentuknya berlapis. Namun, tak hanya tampilannya saja yang cantik karena rasanya pun begitu lezat.

Salah satu kue lapis yang harus anda coba yaitu kue lapis coklat susu kukus. Rasa kue yang satu ini begitu spesial. Legit dan lembut akan anda rasakan ketika menyantapnya. Aromanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda.

Anda bisa membuat sendiri kue lapis coklat susu ini dirumah karena cara membuat dan resep kue lapis coklat susu cukup mudah. Berikut ini, resep kue lapis coklat susu kukus yang dapat anda simak.

Resep kue lapis coklat susu kukus

Resep Kue Lapis Coklat Susu Kukus yang Manis, Legit dan Lembut

Bahan-Bahan Kue Lapis Coklat Susu Kukus

  • 400 gram tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 1.500 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 200 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh coklat pasta
  • 3/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Lapis Coklat Susu Kukus

Cara Membuat Adonan

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu membuat adonan. Silahkan ambil telur yang sudah anda siapkan, lalu masukan telur ke dalam wadah dan kocok telur hingga mengembang. Jika sudah, anda bisa menyisihkannya terlebih dahulu.
  2. Ambil kembali wadah dan masukan bahan-bahan yang lainnya seperti misalkan tepung terigu, tepung sagu dan gula pasir. Aduk semua bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Silahkan ambil susu cair yang sudah anda siapkan dan tuangkan susu tersebut sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan sambil bahan-bahan diaduk hingga merata.
  4. Selanjutnya, tuangkan kocokan telur ke dalam adonan bahan-bahan. Lalu aduk sampai merata.
  5. Ambil adonan yang sudah dibuat tadi sebanyak kurang lebih 1/3 bagian atau sekitar 750 ml. Tambahkan pasta coklat ke dalam adonan tersebut. Aduk sampai merata hingga adonan berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Sedangkan untuk adonan yang sisanya anda bisa menambahkan kayu manis. Kembali aduk adonan hingga merata.

Cara Membuat Kue Lapis

  1. Sediakan loyang kue berukuran 20x20x7 cm. Olesi loyang tersebut dengan minyak atau margarin secukupnya saja. Lalu alasi loyang dengan menggunakan plastik.
  2. Masukan loyang tersebut ke dalam alat pengukus yang sudah anda siapkan. Tunggu beberapa saat hingga loyang benar-benar panas. Jika loyang sudah mulai panas, tuangkan adonan yang sudah ditambahkan kayu manis sebanyak kurang lebih 1 sendok makan. Jika sudah, kukus adonan sekitar 10 menit atau hingga adonan mengeras.
  3. Setelah seperti itu, ambil adonan coklat dan tuangkan sebanyak 1 sendok sayur di atas adonan yang sudah dikukus tadi. Kukus adonan selama 5 menit.
  4. Selanjutnya, lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan kue lapis secara bergantian hingga adonan habis.
  5. Jika semua adonan sudah habis, anda bisa mengukus kue selama 30 menit atau hingga matang.
  6. Setelah matang, matikan api kompor dan tunggu beberapa saat hingga loyang dingin. Kemudian, keluarkan loyang dan potong-potong kue. Setelah itu, sajikan pada tempat atau piring saji yang sudah anda siapkan.
  7. Kue lapis susu coklat kukus ini akan jauh lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis susu coklat kukus. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.

Loading...

Loading...