Pada saat hendak menyajikan menu sahur, terkadang banyak orang kehabisan ide dan bertanya-tanya akan menyajikan menu apa untuk sahur nanti.

Meskipun anda kehabisan ide, tetapi jangan sampai anda tidak menyajikan menu apapun untuk keluarga anda. Nah, sebagai referensi anda bisa membuat tumis udang dan tempe. Tumis udang dan tempe ini begitu menggoda, cita rasanya enak dan nikmat. Nikmatnya udang dan tempe akan membuat anda dan semua keluarga anda tergoda, sehingga dengan begitu sahurnya pun akan menjadi berselera.

Baca Juga:

Tumis udang dan tempe ini merupakan menu sederhana dan praktis, membuatnya sangat mudah sehingga anda tidak akan susah atau kerepotan. Bahan dan bumbu yang dibutuhkannya juga praktis, sehingga anda sekaligus bisa lebih hemat namun tetap mendapatkan menu yang nikmat. Nah, penasaran apa saja bahan dan bagaimana cara membuat tumis udang tempe untuk menu sahur? Apabila seperti itu anda bisa simak resep dan cara membuat tumis udang dan tempe di bawah ini.

RESEP TUMIS UDANG DAN TEMPE

Bahan Bahan Tumis Udang dan Tempe yang Enak dan Spesial

Bahan Utama Tumis Udang dan Tempe

  • 300 gram udang
  • 200 gram tempe
  • 100 gram jamur kuping

Bumbu Tumis Udang dan Tempe

  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai rawit
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 3 siung bawang merah
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 batang daun bawang
  • Air secukupnya
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Tumis Udang dan Tempe yang Enak dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan Tumis Udang dan Tempe

  1. Terlebih dahulu anda harus menyiapkan bahan-bahan. Ambil udang yang sudah anda siapkan, lalu cuci udang sampai bersih. Jika sudah, kupas kulit udang dan buang kepalanya.
  2. Kemudian, potong dadu tempe.
  3. Cincang halus bawang putih dan bawang merah.
  4. Cuci jamur kuping sampai bersih. Lalu poong-potong.
  5. Iris serong daun bawang

Cara Membuat Tumis Udang dan Tempe

  1. Siapkan wajan berukuran sedang yang akan digunakan untuk membuat hidangan ini. Jika wajan sudah siap, tuangkan minyak goreng secukupnya. Lalu simpan wajan di atas api sedang. Biarkan beberapa saat sampai minyak goreng meletup-letup atau panas.
  2. Apabila sudah seperti itu, masukan bumbu bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Aduk merata dan tumis bumbu tersebut hingga harum dan berubah warna mejadi kecoklatan. Lalu masukan cabai rawit dan daun bawang. Aduk merata sampai keduanya layu.
  3. Jika sudah seperti itu, masukan udang yang sudah dikupas. Aduk merata dan tumis udang sampai matang atau berubah warna menjadi kuning keemasan.
  4. Setelah seperti itu, masukan jamur, tempe yang sudah dipotong dan bumbu-bumbu, seperti kecap manis, saus tiram, merica dan garam. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Tuangkan air, aduk kembali sampai merata. Masak sampai kuah menyusut serta semua bahan matang dan bumbu meresap.
  6. Jika sudah seperti itu, angkat dan sajikan hidangan ini pada tempat saji yang sudah disiapkan.

Hidangkan menu lezat ini di meja makan bersama dengan nasi putih hangat dan kerupuk udang. Anda bisa menambahkan menu lainnya agar lebih lengkap.

Itulah resep dan cara membuat tumis udang dan tempe. Benera-benar sederhana bukan? Yuk dicoba!

Share resep ini kepada teman, kelurga atau orang-orang terdekat yang ada di sekitar anda. Tambahkan komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Loading...