Perkedel kentang merupakan salah satu sajian favorit keluarga sebagai makanan pendamping atau makanan pelengkap saat makan. Rasanya yang begitu gurih, renyah dan nikmat akan menggugah selera makan dan membuat setiap orang yang menyantapnya ketagihan. Untuk mendapatkan perkedel kentang yang lebih spesial, maka tambahan bahan pelengkap lainnya diperlukan. Salah satu bahan pelengkap yang bisa anda tambahkan yaitu kornet. Tambahan kornet pada perkedel kentang yang anda buat akan menjadikan perkedel semakin istimewa dan tentunya semakin lezat.

Yuk buat dan sajikan perkedel kentang kornet di rumah. Cara membuatnya mudah dan sederhana, serta bahan dan bumbu yang dibutuhkannya pun praktis. Berikut ini kami sajikan, resep dan cara membuat perkedel kentang kornet untuk anda semua.

Baca Juga:

Resep perkedel kentang kornet

Resep Perkedel Kentang Kornet yang Spesial dan Lezat Untuk Menu Makan Siang

Bahan Utama Untuk Membuat Perkedel Kentang Kornet

  • 1 butir telur ayam
  • 500 gram daging cincang atau kornet
  • 500 gram kentang
  • 3 sendok makan terigu

Bumbu Perkedel Kentang Kornet

  • 2 siung bawang putih 
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Lada dan garam secukupnya
  • 1 batang daun bawang

Cara Membuat Perkedel Kentang Kornet

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan dalam membuat perkedel kentang kornet yaitu menyiapkan bahan dan bumbu yang sudah anda sediakan agar siap olah. Silahkan anda ambil kentang yang sudah disiapkan, kemudian bersihkan atau cuci kentang tersebut dan tiriskan beberapa saat. Jika sudah, siapkan air secukupnya dalam panci dan rebus air tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan kentang yang sudah anda bersihkan dan kukus hingga matang atau empuk. Setelah seperti itu, kupas kentang dan lumatkan. Selain di rebus, anda bisa pula mengukus kentang.
  2. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu menghaluskan bawang putih. Kemudian, iris tipis daun bawang.
  3. Jika sudah, siapkan wadah dan masukan telur ayam ke dalam wadah tersebut. Kocok telur ayam hingga berbusa. Lalu masukan garam, penyedap rasa dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Kocok kembali hingga bumbu tercampur rata dengan telur.
  4. Setelah itu, masukan irisan daun bawang ke dalam kocokan telur. Masukan pula kornet ke dalamnya dan aduk hingga merata. 
  5. Selanjutnya, masukan kentang yang sudah dihaluskan. Aduk kembali hingga merata. 
  6. Terakhir, silahkan masukan tepung terigu dan kembali aduk hingga merata.
  7. Jika adonan perkedel kentang sudah siap, maka saatnya anda menggorengnya. Silahkan siapkan wajan di atas kompor. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas. 
  8. Jika minyak goreng sudah panas, ambil sedikit adonan dan bentuk bulat ceper, lalu masukan ke dalam wajan dan goreng dengan menggunakan api kecil. Kembali bentuk adonan dan goreng secara bersamaan dengan perkedal yang lainnya.
  9. Goreng perkedel kentang hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Jika sudah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya.
  10. Lakukan kembali langkah yang sama hingga semua adonan habis. 
  11. Setelah selesai, anda bisa menyajikan perkedel kentang kornet ini pada piring saji yang sebelumnya sudah disiapkan.
  12. Perkedel kentang sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih hangat. Anda bisa menyantapnya bersama dengan sambal dan lauk pauk yang lainnya.

Itulah cara membuat dan resep perkedel kentang kornet. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda.

 

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong yang Spesial dan Istimewa

Bingung memilih sarapan untuk hari esok? Jika seperti itu, anda bisa mencoba membuat nasi goreng untuk keluarga tercinta di rumah. Buatlah nasi goreng yang spesial dan istimewa untuk menggugah selera makan mereka. Dan salah satu resep nasi goreng yang wajib anda buat yaitu nasi goreng Hongkong. Nasi goreng Hongkong sangat lezat dan nikmat, dijamin anda dan keluarga akan merasa ketagihan ketika menyantapnya.

Cara membuat, bahan dan bumbu nasi goreng Hongkong cukup sederhana dan praktis. Nah, untuk memudahkan anda ketika membuatnya, sebagai panduan berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat nasi goreng Hongkong khusus untuk anda.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong yang Spesial dan Istimewa

Review

Waktu Memasak

Jumlah Porsi

4

Bahan Bahan Untuk Membuat Nasi Goreng Hongkong yang Spesial dan Istimewa

Bahan Utama Nasi Goreng Hongkong

100 gram daging ayam

150 gram udang kupas

6 buah bakso ikan

2 butir telur

450 gram nasi dingin

Bumbu Nasi Goreng Hongkong

3 siung bawang putih

1/2 sendok teh merica bubuk

2 buah cabai merah

1 sendok teh kecap inggris lokal

2 batang daun bawang

1 sendok makan angciu

1 sendok teh kecap ikan

Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong yang Spesial dan Istimewa

Cara Menyiapkan Bahan Bahan Nasi Goreng Hongkong

Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bahan dan bumbu yang sudah anda sediakan agar siap olah. Silahkan ambil bawang putih, lalu kupas kulitnya dan cincang sampai halus.

Iris cabai merah yang sudah anda siapkan. Anda bisa mengiris panjang atau bulat sesuai dengan selera.

Bersihkan daging ayam, lalu potong kotak sekitar 1 cm.

Setelah itu, potong bakso ikan menjadi 2 bagian. Lalu iris daun bawang dengan ketebalan sesuai selera.

Kocok telur bersama dengan 1/4 teh garam. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong

Siapkan wajan di atas kompor. Lalu tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan tersebut. Diamkan beberapa saat hingga minyak goreng panas. Jika minyak goreng sudah mulai panas, silahkan masukan bawang putih dan cabai. Aduk merata hingga mengeluarkan aroma harum.

Setelah itu, masukan udang dan daging ayam. Aduk merata dan tumis hingga keduanya berubah warna menjadi kecoklatan dan matang.

Selanjutnya, masukan daun bawang yang sudah anda iris. Aduk-aduk hingga daun bawang layu.

Masukan telur orak-arik yang sebelumnya sudah anda buat. Aduk sampai merata. Lalu masukan pula bakso ikan yang sudah dibelah. Aduk kembali hingga meraka.

Ambil nasi dingin dan masukan ke dalam wajan yang berisi bumbu dan bahan bahan yang lainnya. Aduk hingga nasi tercampur rata.

Sekarang, anda bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti misalkan kecap inggris, kecap ikan, garam, merica bubuk dan angciu. Aduk-aduk sampai merata hingga bumbu meresap.

Anda bisa mencicipi nasi goreng tersebut. Jika kurang bumbu, anda bisa menambahkannya sesuai dengan selera.

Jika sudah, silahkan matikan kompor dan sajikan nasi goreng pada piring saji yang sebelumnya sudah anda siapkan.

Nasi goreng hongkong sudah selesai dibuat. Akan lebih nikmat jika nasi goreng kali ini disantap dalam keadaan hangat.

Itulah resep dan cara membuat nasi goreng Hongkong. Sederhana dan mudah bukan? Yuk share resep ini kepada teman, sahabat atau saudara anda dengan cara mengklik tombol share yang sudah kami sediakan.

Loading...