Sudahkah anda membuat resolusi di tahun 2019 ini? Apakah di dalamnya terkandung resolusi untuk kesehatan anda di tahun ini? Bagaimanapun memperhatikan kesehatan adalah hal yang penting lho, ladies.

Karena dari tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat maka merencanakan hidup yang sehat dengan banyak resolusi kesehatan di tahun ini menjadi hal yang utama. Apalagi biasanya, di awal tahun ini kita dihadapkan pada musim penghujan yang rentan dengan penyakit. Maka dari itu, merencanakan untuk senantiasa memperhatikan gaya hidup sehat adalah hal yang utama.

Baca Juga:

Resolusi Hidup Sehat di Tahun 2019 Untuk Hidup yang Lebih Baik

Nah, untuk mulai menjalankan resolusi gaya hidup sehat di tahun 2019, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda coba lakukan. Tentunya berawal dari hal yang kecil sampai hal-hal yang besar dapat dilakukan secara bertahap. 

Membiasakan Bangun Lebih Pagi

Hari-hari kita akan di tentukan seperti apa pagi hari kita sambut. Bila anda adalah tipikal orang yang seringkali menyambut pagi hari dengan tergesa-gesa karena seringnya kesiangan pergi ke kantor dan bekerja maka biasanya sudah bisa ditebak hari-hari anda akan terasa jauh lebih melelahkan daripada orang lain yang mampu menyempatkan bangun lebih awal.

Bangun lebih pagi bukan hanya baik untuk mood dan suasana hati anda. Namun hal ini pun akan baik untuk kesehatan anda. Udara pagi yang masih sehat dan sejuk akan tentu memberikan sensasi pikiran yang lebih menenangkan.

Selain itu, ketika anda mampu menyempatkan bangun pagi maka biasanya ada banyak hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu sebelum terburu pergi ke kantor. Mulai dari membersihkan kamar, menyapu lantai, mempersiapkan sarapan anda sendiri sampai dengan santai sejenak untuk sekedar olahraga kecil. Dijamin ketika anda mampu melakukan kegiatan pagi ini maka mood dan suasana hati anda akan jauh lebih tenang.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Pastikan jika kebiasaan mengasup tubuh dengan air putih secara rutin masuk ke dalam daftar resolusi yang anda lakukan di tahun 2019 ini. Air adalah elemen yang amat penting di butuhkan oleh tubuh kita.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika asupan cairan kita terpenuhi dengan baik. Diantaranya mulai dari mengatur suhu tubuh dengan lebih baik, memelihara kesehatan ginjal dan usus sampai dengan menjaga kesehatan kulit.

Ya, kulit yang lembab dan sehat tidak melulu di dapatkan dari perawatan salon atau produk mahal yang anda beli. Namun dengan memastikan terjaganya kebutuhan cairan di dalam tubuh maka hal ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda.

Untuk itulah, anda dan kita semua mungkin sudah sering mendengar anjuran untuk minum air minimal sebanyak 8 gelas untuk setiap harinya atau setara dengan 1,5 liter. Nah, oleh karenanya pastikan anda selalu mencukupi kebutuhan air putih anda dengan selalu membawa air minum dalam botol kemanapun anda pergi.

 Sementara itu, untuk anda yang kurang suka dengan air putih karena rasanya yang tawar maka tak perlu khawatir karena mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh tak melulu harus lewat air putih. Anda bisa mengasupnya dengan air jahe, air lemon dan cairan lain yang baik untuk tubuh.

Membiasakan Sarapan Pagi

Banyak orang menyepelekan manfaat dari menyantap sarapan pagi. Apalagi belakangan semakin popularnya salah satu metode diet yang menuntut si pelakunya untuk melewati sarapan seolah membuat stigma baru bahwa sarapan bukanlah jadwal makan yang penting.

Padahal semua ini keliru, justru sebaliknya sarapan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah timbulnya penyakit maagh akibat menunda waktu makan yang penting. Apalagi untuk anda yang bekerja biasa energi pada pagi hari akan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar anda bisa menjalankan aktivitas dengan lebih fit dan bugar.

Jangan salah paham bahwa dengan melewatkan sarapan maka anda akan menghindari sejumlah asupan kalori di pagi hari. Karena pada akhirnya, tubuh akan minta jatah asupan makanan dua kali lebih besar pada saat makan siang. Dan hal ini akan tentu merugikan untuk tubuh anda.

Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Apapun yang anda makan akan tentu berdampak untuk kesehatan anda. Bila anda mendambakan hidup sehat maka tentu anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang seimbang. Akan tetapi, memperhatikan jenis asupan makanan ke dalam tubuh pun tidak cukup hanya menjadi resolusi di tahun 2019 ini.

Sewaktu kecil anda mungkin sering mendengar nasihat orang untuk untuk tidak makan dengan terlalu cepat. Dan rupanya, nasihat ini memang terbukti bermanfaat secara kesehatan. Mengunyah makanan dengan terlalu cepat akan dapat meningkatkan resiko diabetes hingga dua kali lebih besar di bandingkan dengan merata yang makan dengan perlahan hingga makanannya benar-benar halus sebelum di telan.

Selain itu, secara logis makan dengan perlahan akan dapat memberikan efek cepat kenyang pada perut di bandingkan dengan makan terburu-buru yang seringkali tidak terasa seseorang sudah makan dalam jumlah yang banyak. Hal inilah yang dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Jadi bagi anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal di tahun 2019 ini maka perhatikan untuk makan dan kunyah makanan anda dengan perlahan.

Selain itu, ada penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor farmakologi dan kedokteran di Universitas Ohu Jepang, bernama Masaki Eto, MD. Beliau menemukan bahwa mengunyah makanan dengan terlalu cepat rupanya membuat tubuh melepaskan hormon glucagon-like peptide (GLP)-1 dan peptida YY (PYY) dengan lebih sedikit. Hormon ini adalah hormon yang penting dalam pengaturan gula darah dimana keduanya bekaitan erat dengan resistensi insulin.

Aktif Bergerak Secara Fisik

Rutin berolahraga dan aktif bergerak secara fisik adalah salah satu resolusi 2019 penting yang dapat anda canangkan. Sayangnya, banyak rencana semacam ini yang gugur di tengah jalan. Untuk itulah, baiknya jangan rencanakan olahraga terlalu muluk-muluk.

Anda bisa mengawalinya atau merealisasikannya pada hal-hal kecil. Seperti halnya, sering berjalan kaki, gunakan tangga di bandingkan lift atau mungkin bersepeda ke kantor. Tanpa disadari pergerakan semacam ini bisa anda lakukan dengan rutin setiap hari tanpa terasa seperti beban yang menuntut anda untuk selalu berolahraga.

Merawat Tubuh

Merawat kesehatan tubuh adalah hal penting karena dari tubuh yang sehat maka masalah akan dapat jauh-jauh dari diri anda. Termasuk dengan permasalahan kecantikan yang sering terjadi pada bagian wajah yakni timbulnya jerawat. Perlu diketahui bahwa kehadiran jerawat banyak muncul sebab kurangnya ketelitian dalam menjaga kebersihan tangan. Untuknya, salah satu cara menghilangkan jerawat yang ampuh adalah dengan memastikan tangan kita senantiasa bersih. 

Mulai saat ini, tidak ada salahnya memasukkan perawatan tubuh sederhana ke dalam rencana atau resolusi yang wajib di lakukan di tahun 2019. Karena tentunya ketika kecantikan dan kesehatan mampu di rawat dengan cara sederhana kenapa harus susah pergi ke dokter dan menghabiskan banyak biaya, bukan?

Tidur Lebih Teratur

Bagi masyarakat urban yang tinggal di perkotaan yang sibuk. Pergi bekerja dan pulang tepat waktu seringkali menjadi tantangan yang cukup besar. Macet seringkali menjadi kendala yang besar untuk bisa pulang tepat pada waktunya. Akibatnya, banyak orang seringkali terpaksa menunggu dan pulang terlambat bahkan hingga larut malam.

Akan tetapi, tidur terlalu larut bukanlah kebiasaan yang baik. Pasalnya kurang tidur akan dapat memicu resiko kegemukan dan banyak masalah kesehatan. Seperti halnya, hipertensi, menurunkan gairah seksual, memicu depresi dan masih banyak lagi. 

Mempercantik Diri Sesuai Kebutuhan

Penting sekali untuk para perempuan, selain tetap menjaga kesehatannya dengan baik. Tentunya kecantikan tubuh dan wajah perlu diperhatikan dengan baik, tujuannya tentu saja untuk membuat anda senantiasa tampil percaya diri setiap saatnya. Tidak sedikit perempuan yang terbawa trend kecantikan namun rupanya belum terlalu mampu menguasai tehnik kecantikan tersebut, salah satunya adalah mempercantik wajah lewat alis buatan. 

Nah, agar alis anda terlihat menarik maka menggambar alis perlu dilakukan senatural mungkin. Ada tehnik tertentu yang bisa dipelajari dalam cara membentuk alis, yang terpenting untuk diketahui adalah setiap orang punya bentuk yang berbeda. Jadi pada intinya usaha mempercantik diri perlu disesuaikan dengan kebutuhan. 

 

Loading...

Loading...