Selain mengasup kebutuhan gizi dan nutrisi, untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Tubuh pun memerlukan olahraga untuk tetap menjaga kebugaran dan fitalitas dengan baik. Maka dari itu, ketika tubuh kita jarang sekali berolahraga maka beberapa sinyal tubuh butuh olahraga ini penting untuk anda pahami. Karena kurang olahraga akan tentu memberikan kondisi yang kurang baik untuk tubuh.

Olahraga adalah sebuah kebutuhan untuk tubuh guna menjaga kebugaran tubuh tetap terjaga. Tak heran bila anda kurang olahraga maka dengan sendirinya tubuh akan meminta sendiri kebutuhan yang satu ini agar cepat dipenuhi. Selain itu. tubuh pun biasanya memberikan berbagai macam tanda agar anda bisa segera bergerak.

Baca Juga:

Maka dari itu, mengenali sinyal ketika tubuh butuh olahraga adalah hal penting yang perlu anda pahami. Sebab sinyal tersebut biasanya berupa kondisi fisik yang dirasakan dan hal ini bisa mungkin mengundang ketidak nyamanan untuk tubuh.

Signal Ketika Tubuh Butuh Olahraga

Tubuh yang kekurangan olahraga akan mungkin menunjukan beberapa gejala atau tanda berupa perubahan yang biasanya seringkali dirasakan. Hanya saja, pada kebanyakan orang yang tidak memahami perubahan tersebut maka umumnya mereka cenderung mengabaikan hal ini. Untuk itulah, mari simak sinyal ketika tubuh butuh olahraga.

Terlalu Cepat Lelah

Bila anda merasakan kelelahan yang mudah bahkan kondisi ini terasa seperti sepanjang waktu, bahkan meski anda sudah makan dan tidur yang cukup. Kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa tubuh anda kekurangan olahraga dan meminta jatah untuk bergerak secara aktif.

Mendengar hal ini mungkin anda agak kebingungan dan berpikir merasa mudah lelah kok malah butuh olahraga? Apa tidak salah? Tenang jangan terlalu cepat berprasangka buruk. Sebuah penelitian dari University of Georgia menjabarkan bahwa berjalan selama 20 menit dan latihan aerobik yang dilakukan secara intens sebanyak 3 kali dalam satu minggu dapat menunjukan hasil yang baik. Dimana hal ini mampu meningkatkan energi sampai dengan ukuran 20%.

Para ilmuan menemukan bahwa penelitian ini menunjukan jika olahraga yang dilakukan secara teratur memang dapat berpengaaruh terhadap sistem saraf pusat yang ada didalam tubuh. Salah satu fungsinya adalah memerangi kelelahan yang seringkali dirasakan bahwa persentasenya sampai dengan 65%.

Olahraga yang dilakukan secara teratur akan dapat bermanfaat baik kesehatan didalam tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan fusngi untuk sistem kardiovaskular. Sehingga anda akan dapat terhindar dari resiko penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

Bukan hanya itu, olahraga yang dilakukan secara rutin pun akan dapat memungkinkan anda untuk bisa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan lebih kuat sepanjang hari. Itulah mengapa, mereka yang seringkali rajin berolahraga cenderung lebih jarang terserang penyakit.

Selain itu rupanya, dengan semakin sering seseorang berolahraga maka bagian yang memproduksi sel didalam tubuhnya yang dinamakan dengan mitokondria semakin banyak. Ini berarti tubuh memiliki cadangan energi yang kian banyak dan juga menghindari kondisi mudah lelah terjadi.

Badan yang Terasa Pegal-Pegal

Sinyal lain yang juga bisa mengindikasikan tubuh yang kekurangan olahraga adalah perasaan pegal-pegal yang seringkali dirasakan. Misalkan ketika bangun di pagi hari dan tiba-tiba bagian punggung, bahu atau mungkin bagian lutut yang terasa seperti ditusuk-tusuk meski anda tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat sebelumnya. Bisa jadi ini adalah indikasi dari tubuh yang kekurangan olahraga.

Sayangnya, biasanya kebanyakan orang yang merasakan pegal-pegal pada tubuhnya seringkali menjadikan hal ini sebagai alasan untuk menunda olahraga mereka. Dengan alasan tidak kuat akan kondisi yang sedang dirasakan. Padahal sebaliknya, ketika ini terjadi maka tubuh memberikan sinyal untuk segera bergerak dan dapatkan olahraga yang baik.

Dengan bergerak secara aktif maka hal ini akan pula menggerakan bagian persendian dan juga otot-otot didalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan peredaran darah pun dapat berjalan dengan baik ke seluruh tubuh. Sehingga dapat mengurangi perasaan sakit yang dirasakan.

Bahkan kabarnya orang yang memiliki rasa pegal dan sakit yang berkepanjangan seperti halnya penderita  rheumatoid arthritis pun, olahraga adalah solusi yang terbaik untuk mengurangi dan meringankan gejala yang dirasakan. Asalkan olahraga yang ditekuni dilakukan secara teratur.

Mudah Stress dan Moody

Apakah belakangan ini anda sulit fokus dengan satu hal dan seringkali dilanda stress yang terasa seperti bertubi-tubi? Mimikirkan banyak hal, cemas, ketakutan dan sering gelisah pada banyak hal yang ada dalam hidup anda? Hati-hati bisa jadi ini pertanda bahwa anda kurang bergerak secara aktif sehingga kejenuhan yang anda alami dari rutinitas yang itu-itu saja membuat stress mudah muncul.

Stress atau mood yang seringkali meledak-ledak yang terjadi pada diri seseorang bisa jadi merupakan indikasi bahwa tubuh kekurangan olahraga. Meski olahraga melelahkan, namun hal ini akan menjadi rilelksasi yang baik untuk tubuh dan meredakan stress yang dialami.

Perasaan stress yang mudah terjadi dan bertubi-tubi akan tentu mengurangi produktivitas seseorang dan membuat anda kesulitan untuk bisa fokus. Akibatnya hal ini pun bisa mungkin menimbulkan kemunduran. Nah, untuknyalah penting sekali bagi anda untuk segera mengatasi permasalahan ini.

Terutama untuk anda yang aktif berkerja atau berkarir. Karena tentunya, atasan anda tidak mau tahu apa yang sedang anda rasakan dan apa yang sedang anda hadapi saat ini. Mereka hanya ingin tugas dan pekerjaan yang diberikan bisa diselesaikan dengan baik.

Nah, berolahraga bisa menjadi salah satu solusi yang baik untuk bisa membuat anda merasa lebih tenang dan merasa lebih senang. Hal ini dikarenakan olahraga akan baik dalam meningkatkan kadan endorfin fifalamk tubuh. Endorfin adalah hormon alami yang dapat memberikan efek bahagia dan rasa senang. Oleh karenanya, setelah berolahraga anda akan dapat merasa senang.

Sulit Merasa Kenyang

Selama ini banyak orang berpikiran bahwa dengan tidak berolahraga maka energi didalam tubuh akan lebih hemat sehingga menjaga kita untuk tidak mudah merasa lapar. Padahal, pemikiran semacam ini adalah kekeliruan yang besar dan justru yang akan terjadi selanjutnya adalah kebalikannya. Dimana ketika tubuh anda kekurangan olahraga maka anda akan mudah untuk merasa lapar.

Mengapa demikian? Masalah tubuh yang kekurangan olahraga diasosiasikan dengan kondisi tubuh yang mudah lelah atau cepat lelah. Sehingga demikian, meski tidak berolahraga yang banyak menguras tenaga. Namun tetap saja, tubuh yang mudah lelah akan membuat kita cenderung cepat merasa lapar dan sulit merasa kenyang.

Akibatnya, hal ini akan cenderung membuat seseorang makan dalam jumlah yang tidak terkontrol dan mengasup segala jenis makanan yang mereka inginkan. Mirisnya, ketika kurang berolahraga biasanya seseorang seringkali mendambakan makan makanan yang tidak sehat. Seperti junkfood, fastfood dan makanan lainnya yang memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi.

Selain itu, perasaan lelah karena kurang olahraga pun akan cenderung membuat tubuh lebih banyak menghasilkan hormon yang mengatur sensor makan yang dinamakan dengan hormon ghrelin. Banyaknya produksi hormon ini didalam tubuh akan membuat kita cenderung lapar sepanjang hari. Untuk itulah, olahraga adalah peneka nafsu makan yang baik yang dianjurkan.

Mudah Mengalami Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana seseorang mengalami kelainan pada bagian sistem pencernaannya berupa pengerasan feses yang sulit dikeluarkan. Hal ini akan mungkin menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa untuk para penderitanya. Sembelit pun bisa menjadi indikasi atua sinyal dari tubuh yang kekurangan olahraga.

Olahraga akan dapat membantu melancarkan gerakan pada bagian sistem pencernaan dengan lebih baik. Ketika seseorang tidak pernah atau jarang berolahraga maka hal ini akan pula berpengaruh terhadap melambatnya proses pada sistem pencernaan. Jadi demikian, selain disebabkan karenanya kurangnya asupan serat. Konstipasi atau sembelit pun bisa terjadi sebab kurangnya bergerak atau olahraga.

Apalagi untuk mereka yang memiliki lebih banyak lemak viseral yakni lebak pada bagian perut maka bukan tidak mungkin mereka akan cenderung mengalami buang air besar yang tidak teratur. Selain itu, resiko terkena dengan kanker kolorektal pun akan semakin meningkat.

Oleh karenanya hindarkan kondisi menyakitkan ini terjadi dengan mulai rajin berolahraga. Olahraga yang dimaksud tidak selalu harus dilakukan di sarana olahraga kebugaran seperti gym. Anda bisa mulai berolahraga secara rutin di rumah dengan lari keliling komplek atau mungkin jogging ke taman-taman kota.

Berat Badan yang Semakin Naik

Didalam tubuh orang yang sering berolahraga, asupan lemak dan gula yang didapatkan dari makanan akan diolah menjadi energi. Sehingga tubuh terasa lebih segar dan bugar dan berat badan akan senantiasa tetap terjaga dengan baik.

Sebaliknya, mereka yang jarang berolahraga atau anti sekali dengan yang namanya olahraga maka asupan lemak dan kalori yang masuk kedalam tubuh akan menumpuk dan tertimbun. Akibatnya, timbunan lemak ini akan mempengaruhi kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

Jadi demikian, tidak heran bila ketika anda menimbang berat badan maka anda akan mendapati jarum jam pada timbangan terus bergerak ke kanan. Bahkan sekelas atlet pfosesipnal saja yang berhenti berolahraga selama 5 minggu bisa mengalami peningkatan persentase lemak didaam tubuhnya mencapai 12 persen.

Akibatnya, peningkatan lemak ini bisa mempengaruhi ukuran lingkar pinggang mereka dengan cepat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dari sebuah penelitian dalam Journal of Strength and Conditioning yang dilakukan pada tahun 2012.

Nah, melihat perubahan yang signifikan saja bisa terjadi pada seorang atlet maka tentu saja pengaruh yang sama bisa mungkin terjadi pada kita yang jarang berolahraga. Maka dari itu, jangan pernah tinggalkan olahraga dan lakukan olahraga secara teratur 3 kali dalam satu minggu. Tak perlu olahraga yang berat seperti angkat beban, anda hanya perlu menjaga olahraga sebagai kegiatan rutin anda yang tidak dilewatkan.

Gangguan Tidur

Apakah belakangan ini anda mengalami gangguan tidur atau mungkin kesulitan tidur sama sekali? Tidur tidak nyenyak dan seringkali terbangun pada malam hari kemudian sulit kembali untuk larut pada malam hari? Hati-hati, sebab mungkin kondisi ini mengindikasikan bahwa tubuh anda kurang berolahraga dan membutuhkan pergerakan yang aktif.

Sebagaimana dilansir dari sebauh penelitian menunjuukan bahwa orang yang melakukan olahraga secara teratur selama 30 sampai dengan 40 menit dalam satu minggu menunjukan kondisi peningkatan kualitas tidur yang lebih baik. Rasa kantuk pada siang hari menjadi berkurang dan merasa lebih nyaman pada saat malam hari. Sehingga ketika esok paginya, tubuh menjadi lebih segar dan lebih bugar.

Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress dengan lebih baik. Maka demikian, ini pun akan pula mempengaruhi ritme sirkadian dalam tubuh. Ritme Sirkadian adalah proses biologis didalam tubuh yang dapat menentukan siklus tidur seseorang. Olahraga menjadi media yang baik yang akan dapat membawa kantuk pada malam hari hadir dengan lebih mudah. Sehingga anda pun akan tidur tepat pada waktunya dan bangun lebih segar esok harinya.

Mudah Sakit

Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa olahraga adalah kegiatan yang baik untuk kesehatan anda. Karena olahraga akan dapat meningkatkan kualitas daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih baik. Sebaliknya, tubuh yang kekurangan olahraga biasanya menunjukan sinyal atau tanda dimana seseorang mudah lemas dan mudah mengembangkan beberapa penyakit. Seperti flu, batuk, demam dan penyakit yang terkait dengan daya tahan tubuh lainnya.

Maka dari itu, penting sekali untuk mulai bergerak dengan aktif dan pastikan bahwa anda tidak pernah melewatkan atau mengabaikan pentingnya berolahraga. Bila anda adalah seseorang yang sibuk dan tidak bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga maka anda bisa memanfaatkan waktu senggang ketika bekerja.

Semisal seperti ketika istirahat jam makan siang anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan peregangan di meja kerja anda. Atau mungkin memanfaatkan tangga di tempat kerja untuk media olahraga yang lebih bermanfaat. Pada intinya, manfaatkan waktu senggang anda untuk bergerak secara aktif.

Mudah Lesu

Selain kelelahan yang seringkali dirasakan, seseorang yang jarang berolahraga akan cenderung menunjukan tanda lesu dan tidak bergairah pada banyak aktivitas yang mereka kerjakan. Hal ini biasanya terlihat signifikan ketika oranglain begitu bersemangat dengan pekerjaan atau suatu kegiatan. Meski sebelumnya tubuh tidak mendapatkan beban yang terlalu berarti namun perasaan mudah lesu ini sering dirasakan.

Maka dari itu, upayakan untuk mendapatkan olahraga yang cukup untuk tubuh anda. Olahraga yang cukup akan dapat menghasilkan hormone yang dapat memerangi perasaan lesu. Dan sebaliknya, anda akan lebih merasa siap dan bugar untuk aktivitas yang anda lakukan. Pastikan bahwa olahraga dilakukan secara rutin dan berkala agar demikian, permasalahan lesu yang sering dirasakan bisa dihilangkan.

Selain itu, penting pula memperhatikabn pola olahraga yang dilakukan. Hindari melakukan olahraga yang bertubi-tubi dalam satu waktu, apalagi untuk anda yang baru saja memulai olahraga setelah sekian lama. Ditambah lagi tidak adanya pemanasan maka hal ini akan dapat menyebabkan masalah sakit persedian pada tubuh anda.

Mulailah dengan peregangan dan pilih olahraga yang ringan untuk pertama kalinya. Baru setelah itu, secara bertahap anda akan dapat menambah porsi olahraga dan jenis olahraga yang anda lakukan. Agar demikian tubuh anda bisa beradaptasi dengan bertaghap.

Nah, itulah dia beberapa sinyal tubuh butuh olahraga. Pada dasarnya, olahraga adalah sebuah kebutuhan dimana tubuh akan dapat menjalankan fungsinya ketika mendapatkan olahraga yang cukup. Sebaliknya, kurangnya berolahraga akan mungkin membawa dampak yang cukup merepotkan untuk tubuh dan perlahan menurunkan fungsinya.

Semoga dengan memahami beberapa sinyal tubuh kekurangan olahraga diatas membuat kita mampu memenuhi kebutuhan tubuh dengan pergerakan yang baik.

Loading...

Loading...