Di bulan Ramadhan, selama satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Di bulan puasa ini pola makan dan pola tidur mengalami perubahan yang membuat kulit, serta tubuh juga mengalami perubahan.

Menjaga kesehatan kulit sangat penting dilakukan saat bulan puasa, karena biasanya kulit cenderung kering. Anda dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit dengan mengaplikasikan produk perawatan yang tepat. Nah, berikut ini beberapa produk skincare yang dibutuhkan ketika puasa supaya kulit tetap sehat.

Baca Juga:

Skincare-saat-puasa.jpgSkincare yang Dibutuhkan Saat Puasa Agar Kulit Tetap Sehat

Ketika bulan puasa anda tetap harus menjaga kulit agar tetap sehat, lembab dan cantik. Nutrisi yang anda dapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari serta air menjadi kebaikan untuk kulit. Namun, walaupun begitu anda juga jangan melupakan produk skincare untuk menjaga kulit, terlebih lagi saat bulan puasa. Nah, berikut ini beberapa produk skincare yang dibutuhkan saat puasa agar kulit tetap sehat.

Baca juga : 

Pembersih Wajah

Salah satu skincare yang penting yaitu pembersih wajah atau facial wash. Sama seperti hari-hari biasanya, facial wash menjadi produk perawatan kulit yang sangat dibutuhkan saat bulan puasa untuk membersihkan wajah anda dari berbagai kotoran atau sisa make up yang menempel pada wajah.

Pilihlah produk pembersih wajah yang tepat saat bulan puasa. Agar kulit tidak semakin kering, anda dapat memilih produk pembersih wajah lembut dan dapat menjaga kelembaban wajah anda. Selain itu, pastikan anda juga memilih sabun wajah dengan pH normal. Serta kandungan busanya sedikit untuk mencegah kulit wajah semakin kering.

Biasanya pembersih wajah yang tidak memiliki busa banyak bentuknya lotion atau krim. Pembersih wajah jenis ini menyimpan lebih banyak pelembab, serta antioksidan yang memiliki manfaat baik untuk kulit.

Sebelum anda membersihkan wajah dengan facial wash, jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan menggunakan micellar water ataupun milk cleanser untuk menjaga kelembaban wajah anda.

Toner

Selain facial wash, toner juga menjadi produk skincare penting untuk wajah. Setelah mencuci wajah atau membersihkan wajah, anda bisa mengoleskan toner yang berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah dan mempersiapkan kulit untuk menerima skincare lainnya yang anda gunakan. Selain untuk menyegarkan kulit, toner juga bermanfaat untuk menambah kadar air di kulit anda.

Anda bisa mengaplikasikan toner saat kulit anda masih lembab setelah anda selesai membersihkan wajah saat pagi ataupun malam hari. Untuk toner yang dibutuhkan saat bulan puasa yaitu hydrating toner.

Serum Wajah

Produk skincare yang satu ini juga diperlukan di bulan puasa. Serum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit anda. Pada serum wajah terkandung bahan aktif, dan konsistensinya bisa menyerap hingga ke lapisan paling dalam kulit.

Selain bermanfaat untuk melembabkan kulit, beberapa manfaat serum lainnya di antaranya yaitu :

  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengatasi noda hitam pada wajah
  • Mengatasi hiperpigmentasi
  • Meregenerasi sel kulit mati

Anda bisa mengaplikasikan serum yang sesuai dengan jenis kulit anda agar mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kulit.

Pelembab Wajah

Setelah menggunakan serum, skincare selanjutnya yang dapat anda gunakan yaitu pelembab. Pelembab juga menjadi salah satu skincare penting di bulan puasa. Mengaplikasikan pelembab menjadi salah satu langkah penting untuk perawatan kulit wajah. Pelembab memiliki manfaat untuk menambah kelembaban alami kulit wajah, serta mengunci produk skincare yang anda gunakan sebelum mengaplikasikan pelembab. Pastikan anda memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit anda, baik itu untuk jenis kulit kering, berminyak, normal dan lain sebagainya.

Masker Wajah

Untuk menjaga kelembaban kulit saat bulan puasa, anda juga bisa menggunakan masker wajah ketika malam hari atau setelah selesai sholat tarawih. Masker wajah akan memberikan nutrisi pada wajah yang bermanfaat untuk melembabkan, mengenyalkan dan mengencangkan kulit wajah anda. Selain itu, juga dapat membantu memperbaiki masalah pada wajah. Anda dapat memilih sleeping mask atau sheet mask.

Facial Mist

Di siang hari biasanya kulit akan terlihat lebih kusam dan terasa lebih kering dari biasanya, terlebih lagi ketika bulan puasa. Untuk mengatasi masalah ini salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengaplikasikan face mist. Face mist dapat menjadi salah satu rangkaian skincare saat bulan puasa.

Produk skincare yang satu ini akan memberikan nutrisi untuk kulit wajah anda. Selain itu, juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit, melembabkan kulit dan menenangkan kulit wajah.

Lip Balm

Masalah lainnya yang bisa dialami ketika bulan puasa yaitu bibir kering hingga pecah-pecah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini anda tentu memerlukan lip balm. Anda dapat memilih lip balm dengan kandungan almond oil, shea butter, madu atau petroleum jelly. Anda bisa menggunakannya ketika pagi, siang, sore atau jika bibir anda terasa kering. Namun, pastikan anda memilih produk lip balm yang cepat meresap dan tidak berperisa.

Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa Agar Wajah Tetap Sehat

Selain dengan mengaplikasikan skincare untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit saat puasa, beberapa langkah di bawah ini juga bisa anda lakukan untuk mencegah kulit kering.

Minum Air Putih

Apabila tubuh tidak mendapatkan asupan air atau nutrisi yang cukup, maka kulit akan terlihat kering, kusam dan dehidrasi. Untuk menghidrasi kulit anda harus mencukupi kebutuhan cairan selama bulan puasa. Disarankan untuk minum sebanyak 8 hingga 10 gelas air saat buka puasa hingga sahur.

Melakukan Perawatan Kulit

Melakukan perawatan kulit sangat penting dilakukan. Anda bisa merawat kulit dengan menggunakan beberapa produk skincare yang dibutuhkan saat bulan puasa seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Konsumsi Makanan Sehat

Ketika bulan puasa anda dapat memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran.Pada buah-buahan dan sayuran terkandung air sekitar 90 persen yang dapat membuat anda terhidrasi. Selain itu, kandungan lainnya pada buah dan sayur seperti mineral, vitamin dan antioksidan akan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Olahraga

Olahraga yang dilakukan ketika bulan puasa tentunya olahraga ringan, yang bisa anda lakukan dengan waktu singkat. Anda bisa melakukan olahraga menjelang buka puasa, setelah buka puasa atau setelah makan sahur. Olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Istirahat yang Cukup

Di bulan Ramadhan anda akan mengalami perubahan waktu tidur, dimana anda harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Usahakan untuk tidak tidur larut malam agar kebutuhan istirahat anda tercukupi. Kurang tidur memiliki dampak buruk, baik untuk kesehatan tubuh ataupun kulit.

Kulit yang sehat tentu akan terlihat lebih cantik. Agar terhindar dari masalah kulit kering, serta menjaga agar kulit tetap sehat saat bulan puasa, beberapa produk skincare seperti di atas dapat membantu anda. Selain itu, anda juga dapat melakukan perawatan alami agar kulit tetap sehat  dengan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...