Strategi Menghadapi Pertemuan Orang Tua Pacar Untuk Pertama Kalinya

Jalinan asmara yang sudah begitu lama bersama dengan pasangan, membuat pertemuan dengan orangtua pacar penting masuk kedalam list penting kamu saat ini. Pasalnya, selain demi menghargai perasaan pasangan anda. Hal ini pun akan menjadi bentuk dari keseriusan anda yang lebih besar terhadap pasangan anda.

Akan tetapi, pertemuan orangtua pacar untuk pertama kalinya bisa mungki menjadi momen yang menegangkan untuk siapapun. Baik untuk laki-laki maupun perempuan yang dirasa momen ini sebagai hal yang terkadang menakutkan.

Terlebih lagi ketika kamu dan pacarmu sudah berada dalam hubungan yang lebih serius. Tentunya, sudah sewajarnya kamu berusaha untuk terlihat baik didepan calon mertuamu. Meskipun tegangnya terasa begitu menyiksa, namun mau nggak mau pertemuan pertama ini memang perlu dilakukan demi menjaga kelancaran hubunganmu di masa depan.

Nah, untuk itu kamu pasti butuh strategi penting agar kamu bisa mengatasi perasaan tegangmu dengan baik. Selain itu, beberapa strategi ini penting kamu lakukan untuk bisa mengambil hati orangtua pacarmu denga baik. 

strategi-menghadapi-pertemuan-orangtua-pacar-untuk-pertama-kalinya.jpg

Sempatkan Waktu Untuk Mewawancarai Pacarmu Mengenai Orangtuanya

Bertemu untuk pertama kali tanpa perbekalan ilmu pengetahuan seputar apa yang disukai dan apa yang tidak disukai oleh orangtua pacarmu bisa menjadi hal yang paling mendebarkan sekaligus menakutkan. Bisa jadi bukannya bisa mengatasi rasa gugupmu, yang ada kamu mungkin blank dan terlihat seperti orang bodoh dihadapan orangtua pacarmu.

Jadi demikian, sebelum mengadapi hari H untuk bertemu dengan orangtua pacar. Maka sempatkan beberapa saat atau beberapa waktu untuk mewawancarai dengan baik hal mengenai orangtuanya dengan baik. Tanyakan, berapa usia orangtuanya, seperti apa karakter ayah dan ibunya. Apa kesukaan mereka dan masih banyak lagi.

Pertanyaan basic semacam ini akan menjadi panduan untuk kamu mempersiapkan pembicaraanmu nanti dengan orangtuanya. Tanyakan pula pada pacarmu bagaimana seharusnya kamu bertingkah.

Meski demikian, sebagian pasangan mengharapkan kamu menjadi diri kamu sendiri. Akan tetapi demi mendapatkan hati orangtua pacarmu pelajaran seperti ini akan sangat penting untuk dilakukan.

Pilihlah Waktu yang Tepat

Supaya kunjungan pertamamu sukses, maka penting sekali untuk kamu bisa mempertimbangakn waktu berkunjung yang tepat. Sesuyaikan waktu kunjunganmu dengan kesibukan orangtua pacarmu. Pada intinya, temukan waktu yang tepat dan kondusif agar kamu bisa melakukan pembicaran yang bersabahat, akrab dan santan bersama dengan mereka.

Jangan berkunjung pada saat orangtua pacarmu tengah dalam keadaan letih, saat hendak berpergian atau mungkin pada saat di rumah tengah merencanakan sebuah event yang besar. Dijamin hal semacam ini bukan malah membuat kamu memberikan kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan mereka.

Namun sebaliknya, hal ini malah membuat kamu terabaikan. Karena mungkin orangtua pacarmu sedang sibuk merencanakan segala sesuatunya mengenai acara di rumah dengan baik.

Selain itu, tentunya pacarmu pun harus terlebih dahulu memberitahukan kabar kedatanganmu pada kedua orangtuanya. Hal ini dikarenakan pada kebanyakan kasus ada orangtua yang tidak sedang dengan kunjungan pacar anaknya dengan tiba-tiba. Karena sama saja dengan kamu, oranguta pacarmu pun akan butuh persiapan hari untuk bermu dengan orang yang telah mengambil hati putri atau putranya.

Buatlah Kesan Pertama yang Sopan, Bersahabat dan Berkesan

Kesan pertama menjadi hal penting yang akan menentukan penilaianmu dihadapan orangtua pacarmu. Selai itu, kesan pertama tidak akan datang untuk kedua kalinya. Jadi demikian, pastikanlah kamu meninggalkan kesan yang baik  diawal pertemuanmu dengan orangtua pacarmu.

Kesan pertama yang dimaksud bukan hanya terbatas dari bagaimana cara berpakaian. Namun hal lain seperti memberi sapaan untuk pertama kali pada saat bertemu, berturu kata yang baik dan masih banyak lagi.

Selain itu, bila membahas mengenai cara berpakaian sebaiknya ambil cara berpakaian yang sopan namun tidak berlebihan. Oleh karenanya, penting sekali mendapatkan informasi dari pacarmu tentang kedua orangtuanya dengan baik. Selain itu, sesuaikan cara berpakaian kamu dengan acara pertemuan yang akan kamu hadapi.

Apakah makan malam di restoran atau mungkin makan malam keluarga di rumah. Nah dari sini maka kamu akan bisa menentukan dress code seperti apa yang akan kamu gunakan nantinya.

Hindari menggunakan pakaian dengan belajan yang rendah atau mungkin yang terlihat kurang pas di badanmu. Akan lebih baik menggunakan setelan pakaian yang umum seperti bisa untuk makan malam keluarga kamu bisa menggunakan kemeja dengan bawahan celana jeans yang santai. Atau mungkin untuk para perempuan adalah dengan menggunakan baju semi formal yang nyaman.

Upayakan Untuk Tidak Kaku Saat Memberikan Sapaan Pertama

Meski ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa jangan pernah menilai buku dari sampulnya. Namun pada saat pertemuan dengan keluarga atau orangtua pacarmu maka kesan pertama akan sangat menentukan. Dan hal ini akan menjadi penentu bagaimana penilaian orangtua pacarmu terhadap dirimu.

Jadi demikian, penting sekali untuk menjadi seseorang yang tidak kaku pada saat memberikan salam pertama pada orangtua pacarmua.

Tunjukan minat dan keinginanmu untuk bisa mengenal mereka lebih dekat melalui salam pertama yang bersahabat. Slam atau bahasa tubuh yang kaku akan mungkin membuat kamu terlihat sombong yang kurang asik dihadapan kedua orangtua pacarmu.

Untuk itulah, tunjukan sikap ramah tamahmu dengan baik pada mereka. Selain itu, segera perkenalkan dirimu dengan jelas dan jangan terlalu bertele-tele.

Selain itu jangan juga terlalu mendominasi pembicaraan tersebut. Berikan jeda dan waktu untuk kedua orangtua pacarmu bisa mengajukan pertanyaan. Tambahan penting yang perlu selalu kamu perhatikan adalah jangan lupa untuk selalu tersenyum. Hanya saja, jangan jadikan hal ini terlalu berlebihan. Karena mungkin jatuhnya kamu malah terlihat kurang serius.

Bawa Hadiah yang Manis

Membawa oleh-oleh ketika untuk pertama kalinya berkunjung memang selalu menjadi hal yang manis untuk dilakukan. Hal ini pun akan dapat menambah penialian pun dalam tahapan awal pertemuanmu dengan kedua orangtua pacarmu.

Selain itu, membawa oleh-oleh ketika pertama kali berkunjung ke rumah seseorang dipandang sebagai suatu wujud kesopanan yang sudah menjadi budaya penting masyarakat Indonesia saat ini. Nah, tidak ada salahnya kamu mengikuti budaya penting yang satu ini.

Ketika kamu hendak berkunjung ke rumah orangtuamu maka jangan pilih oleh-oleh atau hadiah yang sembarang. Semua jenis oleh-oleh yang kamu pilih perlu melalui pertimbangan yang penting. Pada intinya, bawalah oleh-oleh yang memang akan berkesan untuk mereka.

Jadi demikian, tanyakan pada pacarmu tentang apa kesukaan kedua orangtua. Apakah itu buku, atau kudapan seperti kue atau lainnya. Akan tetapi juga jangan membawa hadiah yang terlalu mahal atau berlebihan. Yang terpenting adalah mereka paham dan mengerti niat dan pemikiranmu dari buah tangan yang kamu berikan.

Persiapkan Mental dan Hatimu dengan Matang

Bagaimanapun pertemuan pertama kalinya dengan kedua orangtua yang sudah membesarkan dan melahirkan seseorang yang kamu sayangi seperti saat ini bisa mungkin menjadi hal yang paling mendebarkan. Apalagi saat kamu ingin hubungan yang kamu miliki menjadi satu level lebih serius. Maka mau tidak mau kamu harus mampu mengatasi segala hal ini dengan baik.

Kamu perlu mempersiapkan mental khususmu ketika bermau ke rumah pacarmu untuk pertama kalinya. Ini tidak seperti saat kamu bertamu seperti biasa ke rumah seseroang. Karena memang pada saat ini, kedua orangtua pacarmu sudah mengagendakan pertemua ini dengan baik.

Sehingga mungkin ada begitu banyak pertanyaan untuk memastikan apakah kamu sesuai dan pantas untuk anaknya atau tidak. Dalam kata lain, ini adalah ujian kelayakan yang menentukan apakah kamu kandidat yang sesaui atau tidak untuk putri atau putra mereka.

Jadi demikian, selalu bersiap dan siaga untuk tidak terintimidasi. Siapkan pula mentalmu jika rupanya kedua orangtua pacarmu tidak merasa begitu antusias atau bahkan tidak menyukaimu.

Bagaimanapun kamu harus mengingatkan dirimu untuk selalu menjaga kesopanan dan berusaha untuk tidak sekuat tenaga mengubah pikiran mereka dan penialaian mereka tentang dirimu. Bagaimanapun semuanya berjalan dengan perlahan.

Pertimbangkan Untuk Mengambil Topik Sederhana yang Akan Mencairkan Suasana

Terkadang perasaan asing dan ketakutan kamu akan sebuah pertemuan semacam ini akan membuat kamu merasa blank karena perasaan gugup yang mendalam. Hal semacam inilah yang malah akan memperburuk kondisi dan keadaan. Selain itu, penilaian kedua orangtua pacarmu terhadap dirimu pun akan semakin menakutkan.

Nah, untuk mencairkan suasana maka kamu akan butuh sesuatu yang bisa membuat kamu mengobrol dan bercakap dengan kedua orangtua pacarmu. Misalkan seperti pembicaraan mengenai cuaca atau mugkin berita pagi hari. Karena sebelum memasuki pembicaraan yang berat maka kamu butuhkan sesuatu yang lebih ringan terlebih dahulu.

Setelah semuanya menjadi lebih cair dan kamu pun sudah lebih akrab dengan kedua orangtua pacarmu. Maka tentunya kamu pun akan jauh lebih gampang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Maka dari itu pastikan jika sebelumnya kamu sudah memiliki pertanyaan sampingan yang akan cukup membantumu melalui momen-momen awkward semacam ini yang mungkin saja muncul pada saat pertama kalinya bertemu dengan kedua orangtuanya.

Selain itu, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menunggu ibu atau bapaknya menginterogasimu terlebih dahulu. Namun upayakan kamu bisa mencairkan suasana denga pembicaraan kecil tersebut. Yang nantinya dari pembicaraan ini maka akan menuntunmu pada pembicaraan yang lebih banyak dan lebih serius.

Selipkan Pujian Sebagai Tanda Hormat

Selain beberapa hal diatas, penting pula untuk memberikan pujian kecil yang kamu lakukan. Hal ini menjadi strategi penting yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengambil hati kedua orangtua pacarmu. Misalkan ada beberapa pujian kecil yang umum diberikan seperti memuji kelezatan masakannya atau mungkin memuji dekorasi rumahnya yang menarik.

Hal semacam ini akan dapat menunjukan rasa penghormatanmu terhadap kedua orangtua pacarmu. Dengan begini kamu berarti menghargai usaha yang telah mereka lakukan untuk menyambutmu sebagai tamu mereka.

Setelah pujian kecil yang kamu sampaikan tersebut, kamu pun mungkin bisa memuji cara mereka membesarkan anak-anaknya, termasuk pacarmu saat ini. Setiap orangtua akan tentu menghargari pujian tersebut dengan baik.

Hanya saja, pada dasarnya hal semacam ini akan dapat kamu sesuaikan dengan kondisimu sendiri. Jangan sampai kamu memberikan pujian yang tidak beralasan atau mungkin pujian yang tidak masuk akal. Karena bukan menyelamatkanmu dan membuat kamu mendapatkan penilaian yang baik. Salah-salah pujian yang kamu berikan malah bernada sindiran yang tidak mengenakan.

Jangan Segan Menawarkan Bantuan

Pada saat kamu berada di rumah pacarmu dan mendapati ibu/bapaknya tengah sibuk melakukan sesuatu. Maka jangan canggung untuk menawarkan bantuan, silahkan tanyakan pada mereka bila ada sesuatu yang bisa kamu bantu. Atau mungkin pada saat kamu mendapati ayah pacarmu tengah berusaha keras mengambil atau mengangkat sesuatu maka kamu bisa langsung membantunya.

Jangan hanya berdiam diri dan melihat saja apa yang mereka lakukan. Karena salah-salah hal semacam ini malah akan menjadikan momen ini semakin canggung dan tidak nyaman.

Meskipun pada akhirnya tawaran bantuanmu ditolak, paling tidak kamu sudah menunjukan niatan dan keinginanmu untuk membantu mereka. Tentunya, keinginanmu inilah yang pastinya akan lebih dihargai oleh calon mertuamu.

Selain itu, jangan pernah merasa rendah hanya karena mereka setuju menerima tawaranmu. Karena mungkin sebagian orangtua menjadikan cara ini sebagai tindakan yang baik dalam menerimamu dikeluarga mereka.

Jangan Lupa Perhatikan Pacarmu

Hanya karena kamu ingin mengambil hati kedua orangtua pacarmu. Bukan berarti membuatmu mengabaikan pasanganmu saat itu. Ingat kembali alasan awal kamu datang adalah karena hubungan kalian. Karena kamu ingin mendapatkan resthu agar hubunganmu dan pasanganmu menjadi lebih serius.

Untuknyalah, representasikan hubungan kalian dengan baik didapn kedua orangtuanya. Tunjukan kalau kamu memang serius dengan perasaan dan komitmenmu dengan pasanganmu.

Tunjukan pula bahwa kamu bisa menjadi pendamping yang baik untuk anak yang mereka besarkan selama ini. Namun jangan pula mengekspresikannya dengan cara yang berlebihan. Karena mungkin hal ini malah berimbas kurang baik dan menghadirkan penilaian yang buruk. 

Cukup tunjukan perhatianmu pada pasangan, seperti misalkan menyiapkan tempat duduknya bila kamu adalah seorang laki-laki. Atau untuk kamu para perempuan adalah dengan menyajikan makanannya atau melayani pasanganmu pada saat mereka makan. Hal ini akan memberikan kesan yang lebih hangat dibandingkan terus menempel pada pasanganmu setiap saatnya.

Hormati Aturan Didalam Keluarga

Penting sekali untuk kamu memperhatikan aturan didalam keluarga pasanganmu. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk bisa mengambil hati orangtua pasanganmu dengan baik. Misalkan ketika kamu berkunjung ke rumah orangtua pasanganmu. Sebaiknya jangan berada disana terlalu lama atau bahkan sampai dengan larut malam.

Karena mungkin beberapa orangtua memiliki jam malam dengan keluarganya. Selain itu, kamu pun penting memperhatikan adap bersama dengan tetangga. Apalagi masyarakat Indonesia yang masih menjunjung adab dan etika bertetangga maka penting sekali untuk kamu perhatikan dengan baik.

Meskipun pada saat itu kamu tengah memenuhi undangan mereka untuk makan malam. Namun kamu pun perlu menunjukan bahwa kamu benar-benar menghormati aturan didalam keluarga mereka dengan baik.

Mendekatkan Diri dengan Saudara-Saudaranya

Penilaian penting yang didapatkan oleh kedua orangtua pacarmu tidak hanya datang dari ayah dan ibunya saja. Namun saudara-saudara yang ada disatu rumah pada saat itu. Jadi demikian, tunjukan kepedulianmu untuk bisa mengenal mereka dengan lebih dekat.

Jangan batasi atau bentengi dirimu dengan hanya akrab dengan keluarga intinya saja. Karena penilaian ini pun akan datang dari orang-orang terdekatnya. Jadi demikian, penting sekali untuk bertegur sapa dengan orang lain yang ada didalam rumah.

Loading...

Loading...