Tidak sedikit orang yang masih menganggap sepele masalah sistem pencernaan. Padahal sistem pencernaan memainkan peran yang amat penting mengingat kegiatan makan dan minum dilakukan setiap hari bahkan setiap saat selama manusia hidup. Itulah mengapa menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat adalah hal yang penting, termasuk dengan menjaga organ-organ luar yang terlibat dalam proses pencernaan dan pembuangan zat sisa.

Kebiasaan buruk yang dilakukan secara berulang akan tentu berdampak kurang baik terhadap kesehatan, termasuk kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan yang membuat masalah seperti wasir atau ambeien dapat terjadi. Ya, pada kondisinya banyak orang yang enggan menangani wasir sampai tuntas dengan baik karena alasan malu dan canggung.

Baca Juga:

Padahal apapun jenis penyakitnya, kondisi keluhan di dalam tubuh perlu ditangani dengan segera agar masalah ini tidak menyebar dan berubah menjadi lebih buruk. Karena pada kondisi yang lebih parah, wasir akan tentu menghambat aktivitas dan produktivitas anda sehari-hari. Mari kita kenali apa itu wasir, seperti apa gejalanya dan apa penyebabnya. Penasaran? Simak di bawah ini.

ambeien.jpg

Apa Itu Wasir (Ambeien)?

Wasir adalah sebuah kondisi dimana bagian pembuluh darah vena sekitaran anus mengalami peradanagn atau pembengkakan. Kondisi ini sering pula disebut dengan hemorrhoid atau yang lebih umum disebut dengan ambeien.

Wasir dapat muncul pada bagian rektum yakni saluran yang menghubungkan antara bagian usus besar bersama dengan anus. Biasanya wasir dapat terjadi sebab seseorang sering dan kelamaan sewaktu mengejan ketika buang air besar. Dalam kondisinya, wasir dibagi ke dalam dua bagian yakni:

Internal hemorrhoid. Kondisi ini adalah wasir yang muncul pada bagian saluran rekstum anda. Biasanya kondisi ini tidak menyebabkan rasa nyeri namun pada saat si penderita buang air besar biasanya akan disertai dengan munculnya darah.

External hemorrhoid. Kondisi ini adalah wasir yang menyerang bagian luar anus anda. Ketika kondisi ini terjadi bagian anus mungkin akan terasa gatal atau nyeri dan bisa juga robek yang disertai dengan munculnya darah.

Penting diketahui bahwa wasir bukanlah sebuah kondisi yang menular dan tidak pula berbahaya. Kondisi ini biasanya akan dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat disembuhkan melalui pengobatan wasir. Hanya saja, biasanya jika didiamkan terlalu lama maka akan timbul perasaan yang tidak nyaman.

Gejala Ambeien

Sebelum berkembang menjadi kondisi yang kentara, biasanya ambeien muncul dengan beberapa gejala yang umum. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah:

Perasaan Nyeri dan Tidak Nyaman Sekitaran Anus

Kondisi pertama yang bisa menandakan adanya ambeien yang terjadi adalah perasaan nyeri yang dialami sekitaran dubur atau anus. Nyeri ini dapat muncul pada kasus ambeien internal maupun yang eksternal. Biasanya perasaan nyeri bisa dialami sebelum, selama atau bahkan setelah selesai buang air besar.

Adapun rasa nyeri yang dirasakan si penderita bisa muncul akibat ambeien internal yang kemungkinan besar disebabkan oleh prolaps. Prolaps dapat terjadi ketika ambeien internal membengkak dan keluar dari bagian anus sehingga nampak ada benjolan pada bagian anus. Benjolan inilah yang kemudian akan menyebabkan bagian otot sfincter sekitaran hemorrhoid menjadi tenang dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman.

Sementara itu, perasaan nyeri yang timbul pada wasir eksternal isa datang akibat pembentukan thrombosis. Thrombosis adalah gumpalan darah di bagian vena di area hemorrhoid. Gumpalan inilah yang akan membuat aliran darah menjadi terganggu. Akibatnya kulit sekitaran hemorrhoid eksternal menjadi tegang dan timbul perasaan nyeri.

Pembangkakan Anus

Gejala selanjutnya yang mungkin dialami oleh mereka yang mengalami ambeien adalah pembengkakan pada bagian anus. Kondisi ini biasanya terjadi sebab adanya tekanan yang besar pada saat mengejan ketika buang air besar.

Perlu diketahui bahwa ngeden terlalu keras dan lama akan dapat menekan bagian saluran di anus sehingga mendorong benjolan ambeien ke otot sphincter. Kondisi inilah yang nantinya akan menyebabkan jaringan ikat yang menahan dan mendukung ambeien pada tempatnya menjadi lemah dan akhirnya terjadi pembengkakan.

Kondisi ini tentu bisa menyebabkan perasaan yang tidak nyaman dan siapa saja akan mengeluhkan rasa sakit. Meskipun ambeien akan dapat sembuh dengan sendirinya namun demikian perasaan sakit yang sedang meradang biasanya akan dapat menghambat aktivitas.

Adanya Benjolan yang Keluar dari Lubang Anus

Salah satu gejala ambeien yang harus diwaspadai adalah ketika muncul atau keluarnya benjolan dari lubang anus. Benjolan tersebut adalah pembuluh darah di anus yang mengalami pembengkakan dan mengalami prolaps. Adapun penyebab dari kondisi ini biasanya dipicu akibat mengeden yang terlalu keras sehingga mendorong benjolan tersebut keluar dengan tekanan yang besar.

 Risiko penderita yang mengalami prolaps wasir akan lebih tinggi ketika sembelit. Sebab dalam kondisi ini anda akan terpaksa harus mengejan dengan lebih kuat atau pada saat mengangkat benda yang berat. Selain beberapa hal tersebut, anda pun akan lebih besar meningkatkan risiko terkena wasir apabila anda adalah seorang lansia.

Hal ini dikarenakan pertambahan usia dapat membuat otot sekitaran hemorrhoid menjadi longgar. Otot yang melonggar tersebut akan dapat membuat ambeien di dalam anus menjadi merosot seiring dengan gravitasi tubuh. Hasilnya, benjolan akan nampak turun dari bagian anus.

Anus Terasa Gatal

Gejala lain yang juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami ambeien adalah anus yang terasa gatal. Proses mengeden yang terlalu keras akan dapat mendorong amebeien internal menonjol di lubang anus atau prolaps.

Kondisi inilah yang akan dapat membuat lendir keluar pada jaringan sekitaran lubang tersebut. Di dalam lendir tersebut terkandung feses mikroskopik yang dapat mengakibatkan iritasi pada bagian kulit sekitaran anus. Hal tersebutlah yang membuat anda merasakan gatal pada kulit anus dimana ini adalah tanda ambeien terjadi.

Apa Penyebab Ambeien?

Dari sekian banyak penyebab, usia memang dikaitkan terhadap pemicu dari ambeien yang lebih rentan terjadi. Namun selain hal tersebut kebiasaan sering mengangkat beban yang terlalu berat dari kapasitas diri sendiri pun menjadi salah satu pemicu dari kondisi ini.

Ibu hamil dan menyusui pun akan cenderung rentan mengalami ambeien akibat dari konstipasi atau pengerasan feses. Kondisi ini sering terjadi sebab kurangnya cairan di dalam tubuh. Terutama pada ibu menyusui yang mana sebagian besar cairannya diserap oleh bayi. Maka dari itu, penting sekali mencukupi kebutuhan cairan dengan baik ke dalam tubuh. Terutama selama hamil dan menyusui agar anda terhindar dari risiko yang satu ini.

Loading...

Loading...