Tak Usah Takut! Ini Tips Travelling Sendiri Untuk Wanita

Traveling adalah salah satu kegiatan yang paling banyak disukai. Betapa tidak, setelah keseharian dihadapkan pada rutinitas yang itu-itu saja dan beban pekerjaan yang berat. Maka traveling diibaratkan seperti escape healing yang wajib untuk dilakukan.

Meninggalkan sejenak rutinitas sehari-hari dan membebaskan pikiran pada kegiatan perjalanan yang anda sukai tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa travelling membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi bila kamu membawa serta keluarga dan sahabat untuk menemani kamu menjalankan hobimu.

Nah, dalam rangka mengirit biaya atau budget ketika kamu ingin travelling namun tidak ada teman yang menemanimu. Maka tidak ada salahnya pergi sendiri. Kamu tidak harus selalu berkompromi dengan siapa saja yang hendak pergi. Travelling solo pun akan tentu membuat kamu bebas menentukan kemana kamu ingin melangkah tanpa perlu menyelaraskan jadwal kamu dengan orang lain.

Sementara itu, demi menjaga keamanan untuk kamu para travelling solo, khususnya perempuan. Maka dibawah ini ada beberapa panduan travelling sendiri untuk para wanita. Penasaran seperti apa? Simak dibawah ini informasinya.

tips-travelling-sendiri.jpg

Tentukan Desitinasi Liburan yang Aman

Hal penting pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan persiapan berlibur adalah menentukan kemana destinasi yang akan anda kunjungi. Hal ini akan menjadi patokan agar persiapan bisa dilakukan sesuai dengan tempat dan kondisi tempat liburan kamu. Untuk itu, sebelum memutuskan mengambil cuti ke kantor dan mempersiapkan barang apa saja yang akan kamu bawa. Maka putuskan terlebih dahulu kemana kamu ingin berlibur.

Hanya saja, karena perjalanan kali ini adalah travelling solo dan kamu adalah seorang perempuan. Maka sebaiknya, perhatikan untuk lebih selektif dalam memilih tempat berlibur. Jangan sampai untuk pertama kalinya tanpa pengalaman atau persiapan yang matang kamu memutuskan untuk memilih destinasi liburan dengan tingkat kejahatan yang tinggi.

Hal ini akan tentu beresiko besar. Belum lagi, destinasi wisata yang baru untuk pertama kali dikunjungi membuat kamu akan cenderung sulit memahami tempat dan jalan dengan baik. Hal inilah yang akan sangat membingungkan. Jadi demikian, perhatikan pemilihan tempat liburan. Bila memungkinkan, untuk perjalanan solo pertama kali ini sebaiknya pilihlah desitinasi liburan yang tidak terlalu jauh.

Misalkan didalam negeri seperti beberapa tempat liburan di tanah air yang tak kalah menarik seperti di luar negeri. Ketika jangkauannya masih didalam negeri maka keluarga dan kerabat pun akan dapat dengan mudah melacak keberadaanmu jaga-jaga bila sesuatu terjadi padamu.

Lakukan Banyak Riset

Sebelum terburu mengunjungi tempat liburan seorang diri, penting sekali untuk kamu banyak melakukan riset dengan baik. Lakukan beberapa riset penting dibawah ini yang akan kamu butuhkan sewaktu-waktu bila ada hal yang tidak diinginkan terjadi denganmu.

Temukan Sarana Hukum Terdekat

Keselamatan adalah hal penting yang penting untuk kamu perhatikan saat kamu berada jauh dari tempat tinggalkan. Terutama ketika kamu hendak berlibur, jangan sampai rencana liburan manis yang sudah kamu rencanakan sebelumnya malah berakhir dengan peristiwa tidak menyenangkan karena kamu tidak mempersiapkan dengan baik keselamatan dan keamananmu sebelum melakukan perjalanan liburan kali ini.

Nah, untuk berjaga-jaga bila kamu mengalami tindakan kejahatan selama ditempat berlibur. Maka penting sekali untuk memahami dimana tempat atau sarana hukum yang terdekat. Maka demikian, sebelum terburu pergi ke tempat liburan ketahui terlebih dahulu dimana kantor polisi terdekat dari tempat kamu berlibur.

Mengetahui sarana hukum atau kantor polisi terdekat bukan hanya akan membantu ketika kamu mengalami tindak kejahatan saja. Hal ini pun akan membantu kamu bila kamu tersesat dan sulit menemukan jalan pulang ke penginapan. Maka demikian, mereka akan membantu kamu mengantarnya dengan selamat.

Pelajari Jalan-Jalan Penting Disekitar Tempat Kamu Berlibur

Riset lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik pada saat kamu hendak berlibur adalah dengan memahami beberapa jalan yang ada disekitar tempat berlibur kamu. Jadi demikian, sebelum pergi setidaknya akses terlebih dahulu peta dan lakukan riset kecil-kecilan untuk menghafal jalan yang ada disekitar tempat kamu akan berlibur.

Hal ini akan membantu kamu untuk terhindar dari tersesat dan juga kamu akan tentu bisa mengeksplor lebih banyak tempat saat kamu hafal sendiri jalan-jalan yang ada disekitar tempat kamu berlibur. Dengan demikian, kegiatan berlibur akan tentu jauh terasa lebih menyenangkan meski kamu datang seorang diri kesana.

Lakukan Riset Budaya

Meski selintas, melakukan riset budaya di tempat kamu berlibur adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Sebab mungkin ada beberapa tempat yang mengharuskan penduduk local atau turis menjalankan budaya dan tradisi yang sudah mereka lakukan secara turun temurun. Ketika seseorang melanggarnya mungkin saja ada sanksi atau hukuman. Nah, jangan sampai ketidak tahuanmu ini memberikan petaka untuk kamu sendiri.

Maka dari itu, penting sekali melakukan riset seperti apa budaya yang dijunjung tinggi di tempat liburanmu. Bila rupanya tidak ada hal yang terlalu khusus yang perlu kamu lakukan. Setidaknya ketika kamu mampu memahami sedikit kebiasaan dan budaya mereka. Maka hal ini akan membuat kamu mudah bergaul bersama dengan lingkunganmu ketika berlibur. Hal ini pun biasanya memberikan kelebihan lain sehingga kamu seperti menemukan teman disana.

Persiapkan Dokumen Penting Bila Kamu Berlibur ke Luar Negeri

Mempersiapkan dokumen penting untuk kamu yang hendak travelling solo ke luar negeri adalah hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Sebab dokumen bak seperti kunci yang akan membawa kamu masuk ke tempat orang dan membawa kamu keluar dari tempat tersebut dan kembali ke tempat asalmu. Tanpa adanya dokumen penting tersebut maka tentu kamu tidak akan bisa masuk ke negeri orang dengan sembarangan. Dan begitupun saat kamu ingin pulang.

Maka dari itu, sebelum terburu untuk mengemas perlengkapan berlibur maka pahami terlebih dahulu dokumen seperti apa saja yang perlu kamu persiapkan agar perjalanan solomu kali ini berjalan dengan lancar.

Jangan sampai kurangnya dokumen membuat perjalanan yang sudah kamu rencanakan dan tiket pesawat yang sudah kamu beli akhirnya terbuang sia-sia sebab kamu tak memahami dengan baik dokumen keberangkatan luar negeri seperti apa saja yang perlu kamu persiapkan.

Adapun beberapa dokumen yang penting untuk disiapkan diantaranya adalah:

  • Passpor dan visa (bila dibutuhkan)
  • Fiskal (surat keterangan membayar pajak)
  • Exit atay Re-entry dokumen
  • Health Certificate

Beberapa dokumen diatas biasanya akan dibutuhkan. Maka dari itu, persiapkan dengan baik dan bila perlu buat copy ganda pada dokumen ini untuk berjaga-jaga bila kamu kehilangan dokumen tersebut selama melakukan perjalanan luar negeri.

Jangan Cemas Berlebihan dan Hadapi Ketakutanmu

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan solo travelling baiknya jangan terlalu cemas dan hadapi ketakutanmu. Karena sekali mencoba dan berhasil dijamin kegiatan berlibur seorang diri akan sangat mengasyikan dan memberikan arti yang jauh lebih dalam. Kamu yang melakukan travelling seorang diri bukan berarti kamu adalah orang yang kesepian. Justru dengan perjalanan solo ini kamu akan lebih memaknai perjalanan yang kamu lakukan.

Banyak pengalaman dan pelajaran yang akan kamu serap dari berjalan-jalan ke tempat-tempat baru seorang diri. Banyak hal baru yang kamu temukan seorang diri yang tentu akan menyenangkan untuk dibagi bersama dengan orang lain. Maka dari itu, ketika kamu sudah punya niatan yang satu ini maka jangan cemas dengan rencana kamu.

Rasa cemas akan menimbulkan kepanikan yang besar yang mana hal ini akan mungkin sulit membuat kamu berpikir secara jernih. Akibatnya, bukan menikmati liburan yang kamu lakukan. Kamu akan mungkin takut dengan banyak hal dan sulit menikmati momen-momen berharga tersebut.

Biarkan naluri yang membawamu ke tempat-tempat indah dengan perasaan bahagia. Lupakan sejenak beban pikiran dan pekerjaan yang menumpuk. Manfaatkan waktu ini untuk mengukir kenangan yang mungkin tak selalu mudah kamu dapatkan. Pahami bahwa tidak semua kekhawatiran yang kamu takutkan selalu terjadi.

Bicarakan dengan Orangtua dan Dapatkan Izin dari Mereka

Dipungkiri atau tidak, izin dari kedua orangtua adalah bekal yang penting yang harus kamu dapatkan sebelum kamu berpergian kemanapun itu, bahkan pada saat bukan hendak berlibur. Ketika sudah mengantongi izin dari kedua orangtua maka tentu kamu akan merasa lega dan hal ini pun akan melancarkan perjalananmu.

Maka dari itu, sebelum terburu membeli tiket pesawat dan merencanakan segalanya. Akan lebih baik bila terlebih dahulu kamu membicaranakan masalah ini dengan keluarga dan kedua orangtuamu. Mereka mungkin akan cenderung terkejut ketika mendengar kamu akan pergi seorang diri.

Namun sampaikan pada mereka bahwa travelling solo sudah bukan hal yang biasa dan banyak orang melakukan kegiatan ini. Disamping itu, kamu pun butuh refreshing sejenak untuk menenangkan pikiranmu. Jadi demikian, perhatikan kembali masalah ini dan sebisa mungkin kantongi terlebih dahulu resthu dari kedua orangtuamu.

Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Meskipun tujuannya untuk berlibur dan bersenang-senang. Namun ketika kamu mengunjungi tempat-tempat yang baru bukan berarti hal ini membuat kamu mengabaikan hal-hal penting, terutama rencana cadangan pada saat kamu berlibur. Apalagi untuk kamu yang berlibur ke luar negeri atau tempat yang jauh yang belum kamu pahami situasi dan kondisinya di tempat tersebut.

Kita memang harus senantiasa mengharapkan yang terbaik. Namun kemungkinan terburuk pun harus kita persiapkan dengan baik. Belum lagi, kita pun tidak bisa memprediksi apa saja yang akan terjadi dengan kita selama melakukan perjalanan di tempat orang. Maka dari itu, jangan hanya mengandalkan satu rencana saja.

Bila perlu siapkan rencana cadangan dari A sampai Z dengan bermacam kemungkinan yang bisa terjadi. Dengan semakin banyak antisipasi yang anda persiapkan maka akan semakin mudah bagi anda mengatasi kendala yang mungkin datang dengan tidak terduga.

Bawa Barang yang Hanya Dibutuhkan

Dalam rangka travelling solo atau berlibur seorang diri ada baiknya bila anda menghindari terlalu banyak membawa barang dan peralatan. Sebab hal ini akan menyulitkan anda untuk bisa menghandlenya seorang diri. Tentunya selama perjalanan anda ingin merasa nyaman dan menikmati setiap detik perjalanan yang anda lakukan bukan malah mengurusi koper-koper anda yang banyak dan peretelan peralatan yang anda bawa.

Belum lagi dengan semakin banyak barang yang anda bawa maka hal ini akan semakin menambah biaya sewa bagasi di pesawat yang tentunya tidak murah. Selain itu, resiko keselamatan dan keamanan barang-barang yang anda bawa akan semakin besar. Maka demikian, perhatikan untuk tidak membawa banyak peralatan dan perlengkapan ketika anda berlibur.

Seleksi beberapa barang dan peralatan dan bawa hanya yang anda butuhkan. Untuk peralatan dan perlengkapan yang tidak dibutuhkan sebaiknya tidak anda bawa. Adapun beberapa peralatan yang akan mungkin dibutuhkan untuk para wanita yang melakukan travelling solo, diantaranya adalah:

  • Pakaian yang jumlahnya disesuaikan dengan berapa lama waktu anda akan berlibur
  • Makeup dan peralatan kecantikan secukupnya
  • Dompet
  • Dokumen penting bila dibutuhkan
  • Peralatan mandi
  • Pembalut

Beberapa peralatan diatas biasanya adalah peralatan pokok yang dibutuhkan seorang wanita pada saat berlibur. Pada intinya, pilihlah beberapa peralatan yang memang akan benar-benar anda butuhkan dan hindari membawa peralatan dekorasi seperti makeup yang banyak, beberapa pasang sepatu, bantal dan lain-lainnya peralatan yang kurang dibutuhkan.

Pilih Penginapan Sebelum Berangkat

Dalam rangka menjaga agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada wanita yang melakukan solo travelling maka masalah penginapan adalah hal penting yang harus anda prioritaskan. Hindari memilih penginapan setelah kamu sampai ke tempat tujuan kamu. Karena kita tidak selalu bisa memprediksi apakah kita akan datang tepat waktu ke tempat tujuan kita sebagaimana direncanakan atau tidak.

Bagaimana bila rupanya ketika kamu sampai di tempat liburanmu ketika sudah larut malam? Tentunya kamu akan jauh lebih kesulitan menemukan penginapan. Belum lagi, suasana malam hari untuk seorang wanita akan sangat berbahaya meskipun tujuan kamu adalah untuk berlibur.

Jadi demikian, perhatikan untuk memilih penginapan sebelum kamu datang ke tempat liburan kamu. Meskipun memesan penginapan lewat sebuah website atau aplikasi cenderung akan lebih mahal dan sulit untuk kamu mendapatkan lebih banyak penginapan yang lebih ramah dengan isi kantongmu. Namun setidaknya, persiapan penginapan yang matang akan menjadi penyelamat yang penting kemu perhatikan.

Pertimbangkan pula bahwa setelah melakukan perjalanan jauh kita seringkali ingin langsung istirahat. Untuknya, memesan penginapan lebih dulu akan menjadi hal penting yang akan mendukung perjalanan kali ini terasa jauh lebih menyenangkan.

Minta Fasilitas Jemput dari Penginapan

Hal penting yang harus kamu perhatikan pada saat hendak berlibur ke tempat yang asing seorang diri adalah dengan meminta fasilitas jemput. Hal ini akan memudahkan kamu untuk bisa sampai ke penginapan dengan cepat, selamat dan terjamin. Kamupun akan terhindar dari penipuan transportasi yang membawa kamu berkeliling-keliling padahal jarak ke penginapan tidak terlalu jauh.

Siapkan Selalu Safety Tools

Sebagai perempuan kita tentu tidak berdaya dan sulit mempertahankan diri bila sesuatu terjadi dengan kita. Hal ini adalah hal yang wajar sebab naluri seorang perempuan biasanya dilindungi bukan melindungi. Namun ketika kamu mengunjungi tempat-tempat asing seorang diri maka kamu dituntut untuk bisa melindungi diri kamu sendiri.

Nah, berjaga-jaga agar hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi maka tidak ada salahnya selalu siaga dengan persiapanmu. Beberapa perlengkapan keamanan yang disarankan adalah pisau lipat atau pepper spray. Peralatan keamanan ini lebih mudah dibawa kemana-mana dan tentunya mudah untuk digunakan. 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)