Memiliki kulit yang sehat, kenyal dan kencang tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun, terkadang beberapa hal yang kita lakukan dapat mengganggu kesehatan kulit, termasuk menyebabkan kulit keriput. Tanpa disadari kita sering melakukan kebiasaan yang dapat membuat kulit keriput seperti berikut ini.

Penyebab-Kulit-Keriput.jpg

Penyebab Kulit Keriput Tanpa Disangka

Gaya hidup, pola makan dan kebiasaan anda sehari-hari yang terlihat spele ternyata akan dapat menyebabkan munculnya keriput pada kulit. Tidak hanya pertambahan usia, beberapa hal ini juga akan menyebabkan kulit keriput.

Baca Juga:

Terkena Sinar Matahari Terlalu Sering

Kerutan atau keriput pada kulit bisa disebabkan karena terkena sinar matahari yang terlalu sering tanpa ada perlindungan. Sinar ultraviolet seiring waktu akan dapat merangsang terbentuknya radikal bebas yang akan menyebabkan rusaknya serat elastin. Jika serat elastin rusak, struktur kulit tidak bisa dipertahankan. Akibatnya jaringan penyokong kulit melemah dan menyebabkan kulit kendur atau keriput.

Kontraksi Otot Wajah

Ketika anda senyum, murung, menyipitkan mata dan lain sebagainya, maka otot wajah akan berkontraksi. Dimana dengan seiringnya waktu kontraksi tersebut bisa menyebabkan keriput di wajah, khususnya pada ujung mata antara alis.

Selain ekspresi wajah, kebiasaan lainnya yang dilakukan dengan berulang akan dapat menyebabkan kerutan, serta garis halus saat anda paruh baya.

Jarang Konsumsi Lemak Sehat

Perlu anda ketahui, pola makan akan mempengaruhi kesehatan kulit. Kulit yang rusak bisa disebabkan karena kelebihan zat tertentu, misalkan gula. Selain itu, keriput juga bisa muncul disebabkan karena kekurangan asupan gizi, contohnya lemak sehat. Lemak sehat seperti omega-3, serta omega-6 akan membantu menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan lemak sehat tersebut akan membantu untuk membentuk lapisan pelindung kulit agar kulit tetap dalam keadaan lembab serta awet muda.

Baca juga : 17 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Merokok

Kebiasaan merokok tidak baik untuk kesehatan, termasuk akan mengganggu kesehatan kulit. Akibat merokok maka penuaan kulit akan menjadi lebih cepat. Aneka bahan kimia yang terkandung pada rokok akan mempengaruhi kulit.

Posisi Tidur Menyamping

Posisi anda tidur juga akan dapat mempengaruhi kondisi kulit anda. Tekanan pada bantal saat anda tidur akan dapat menyebabkan munculnya lipatan pada kulit anda sehingga keriput vertikal akan muncul.

Jika kebiasaan ini berlangsung terus menerus tanpa adanya perbaikan, garis halus pada wajah bisa saja muncul di pipi, dagu dan kening.

Berlebihan Mengonsumsi Minuman Manis dan Alkohol

Tanpa disadari, kebiasaan minum minuman manis akan dapat menyebabkan kulit keriput. Kandungan gula yang tinggi akan menyebabkan kolagen rusak. Apabila kolagen rusak, efeknya kelenturan kulit akan hilang.

Tidak hanya minuman manis, alkohol juga tidak baik bagi kulit sebab akan menyebabkan kulit dehidrasi, serta aliran darah pada kulit akan terganggu. Dimana kondisi ini akan menyebabkan kulit nampak kendur dan kerutan pada kulit akan nampak jelas.

Diet yang Tidak Tepat

Melakukan diet yang tidak konsisten dalam waktu yang lama akan dapat membuat kulit rusak dan keriput akan timbul. Kulit akan melebar, kemudian mengerut seiring dengan berat badan yang naik turun. Struktur kulit yang berubah dari waktu ke waktu dapat menyebabkan serat kulit rusak. Karena hal ini maka kulit akan keriput, kendur dan nampak lebih tua.

Itulah beberapa hal yang tanpa disangka-sangka akan menyebabkan kulit keriput. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...