Tidak Ingin Tubuh Gemuk? Batasi Makanan Berkalori IniIstilah kalori seringkali kita kait-kaitankan dengan diet. Pasalnya kalori merupakan penyebab utama tubuh menjadi gemuk. Namun anda juga perlu tahu, sebenarnya bukan kalorilah yang menjadi penyebab utama terjadinya kegemukan. Justru kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena kalori dapat menghasilkan energi sehingga kita dapat melakukan aktifitas dalam keseharian. Bayangkan saja jika tubuh kita tidak dapat asupan kalori sedikitpun, maka kita akan merasa lemas karena tidak memiliki energi untuk bergerak. Untuk itu meskipun anda diet anda masih perlu asupan kalori dalam jumlah yang wajar, karena kalori yang melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuhlah yang merupakan penyebab terjadinya kegemukan.

Nah,  anda perlu mengontrol makanan yang anda konsumsi serta pastikan kadar kalori yang terkandung,  agar kalori yang masuk kedalam tubuh melalui makanan bisa anda kontrol dengan baik, sehingga  anda akan terhindar dari masalah kegemukan. Untuk itu anda harus tahu daftar makanan apa saja yang mengandung kalori tinggi. Berikut beberapa makanan dengan kandungan kalori yang tinggi.

Baca Juga:

1.Biji-bijian dan kacang-kacangan

Makanan yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan pada kenyataannya memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti, vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat. Tetapi dibalik itu semua makanan ini juga memiliki kandungan kalori yang tinggi, yaitu dalam 100 gram memiliki 719 kalori.

2.Keripik

Keripik merupakan makanan yang pas untuk dijadikan cemilan dan menemani anda saat santai maupun bekerja. Namun ternyata berdasarkan penelitian, keripik memiliki kandungan garam dan minyak yang tinggi. Dalam setiap 15 potong keripik mengandung kalori sebanyak 160 kalori. Dan bayangkan jika anda mengkonsumsi keripik lebih dari 15 potong, maka asupan kalori pada tubuh andapun akan semakin banyak, sehingga tidak diherankan apabila hal ini membuat tubuh anda menjadi gemuk. Untuk itu anda bisa mengganti keripik dengan cemilan yang sehat.

3.Salad dressing

Salad merupakan makanan yang banyak digemari. Salad yaitu makanan yang terbuat dari potongan sayur dan buah tertentu dan disajikan dengan dressing atau saus. Tentunya salad akan semakin nikmat apabila ditambahkan dengan gula dan minyak, namun hal ini akan membuat diet yang anda jalankan gagal. Karena dengan ditambahkannya minyak dan gula akan memperbanyak kalori hingga 631 kalori didalam 100 gramnya. Untuk itu alangkah baiknya anda mengganti gula dan minyak menggunakan minyak zaitun.

4.Minyak hewani

Makanan seperti daging kambing, daging sapi, minyak ikan dan kulit ayam merupakan makanan yang mengandung minyak hewani dan memiliki kandungan kalori yang tinggi. Didalam 100 gram makanan tersebut mengandung 902 kalori.

5.Minyak sayur

Minyak sayur atau minyak nabati ini memiliki kandungan kalori yang tidak jauh berbeda dengan minyak hewani yakni memiliki kandungan kalori sebanyak 884 kalori. Untuk  itu sebaiknya anda mengganti minyak sayur ini menggunakan minyak zaitun, karena minyak ini tidak memiliki lemak yang berbahaya.

6.Kue dan Pai

Pai ataupun keraknya merupakan makanan yaang tinggi akan lemak dan kalori. Sebaiknya jika anda membeli pai anda tidak usah membeli dengan keraknya. Atau ketika anda membuat pai atau kue-kue yang dipanggang, anda bisa mengurangi lemak dan kalorinya. Misalkan dengan mengurangi, margarin, mentega, gula dan susu. Anda bisa mengganti peran susu dengan menggunakan susu full cream. Selain itu anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain yang mengandung serat, seperti buah-buahan untuk menambahkan citra rasa manis.

Itulah daftar makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...