Tips Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa

Bibir kering saat puasa adalah permasalahan umum yang sering terjadi. Bibir kering akan membuat kulit pecah-pecah dan tidak nyaman. Bahkan rasa percaya diri dalam berpenampilan akan menurun.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bibir tetap lembab saat puasa. Tips ini mudah dan akan  memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini tips agar bibir tetap lembab saat puasa. ( Baca juga : Mencegah Bau Mulut Saat Puasa )

Tips-agar-bibir-tetap-lembab-selama-puasa.jpg

Tips Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa

Ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan untuk mengembalikan kelembaban bibir.  Mari lakukan beberapa tips ini dengan rutin. Adapun tips agar bibir tetap lembab saat puasa adalah seperti berikut ini.

Hindari Makanan Pedas

Penting untuk menghindari makanan pedas saat puasa agar bibir tetap lembab dan sehat. Makanan pedas bisa menimbulkan masalah bibir kering atau bahkan memperparah keadaan bibir kering.

Makanan pedas dapat menimbulkan masalah pada pencernaan anda. Saat pencernaan terganggu, maka bibir bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa anda rasakan. Karena seperti itu, kurangi konsumsi makanan pedas selama bulan puasa.

Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Selain makanan pedas, penting juga untuk mengurangi makanan asin. Mengkonsumsi makanan asin selama bulan puasa dapat menyerap pasokan mineral dalam tubuh. Sehingga anda akan lebih rentang mengalami dehidrasi.

Masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat menjadi kondisi lanjutan dalam masalah dehidrasi. Oleh karena itu, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin saat berbuka maupun sahur.

Aplikasikan Scrub Bibir

Bibir kering menjadi masalah yang umum terjadi saat bulan puasa. Selain membuat rasa percaya diri menurun, keadaan bibir kering dapat membuat anda merasa tidak nyaman. Bahkan bibir akan mengelupas dan terasa perih.

Untuk mengatasi bibir kering dan kulit bibir mengelupas, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan scrub bibir. Anda bisa memanfaatkan scrub dari bahan alami. Bahan alami yang efektif dijadikan sebagai scrub yaitu gula pasir. Lakukan perawatan ini setelah berbuka puasa.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu hal yang menjadi penyebab bibir kering  yaitu karena kurangnya asupan cairan. Saat tubuh kekurangan asupan cairan maka kulit akan kehilangan kelembabannya, termasuk bibir.

Agar bibir anda tetap dalam keadaan lembab saat puasa, penting untuk memperhatikan asupan cairan. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas perhari. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan saat buka puasa maupun sahur.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi penyebab adanya masalah pada pencernaan. Masalah pencernaan saat bulan puasa umum terjadi.  Anda bisa mengatasi masalah pencernaan dengan memenuhi asupan nutrisi.

Sayuran dan buah-buahan menjadi bisa menjadi menu sehat. Buah dan sayur mengandung serat yang cukup banyak. Zat ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan baik. Saat bulan puasa sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Gunakan Masker Timun

Timun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, termasuk kulit bibir. Timun mengandung zat alami yang dapat memberikan perasaan lebih tenang. Zat air yang terkandung dalam timun dapat membantu anda melembabkan bibir dengan alami.

Cara menggunakan masker timun untuk melembabkan bibir cukup mudah. Silahkan siapkan timun, lalu potong tipis dan aplikasikan pada bibir. Setelah itu tunggu beberapa saat. Lakukan perawatan ini setelah berbuka puasa ataupun sahur. ( Artikel lainnya : Rahasia Tetap Sehat Selama Puasa )

Demikian beberapa tips agar bibir tetap lembab saat puasa. Lakukan tips di atas dengan sepenuh hati untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...