Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang  harus dijalankan oleh setiap umat muslim. Puasa berarti kita tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman apapun dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Demi kelancaran puasa yang dijalankan selama seharian kita dianjurkan untuk menjalankan sahur terlebih dahulu.

Sahur dilakukan ketika dini hari sebelum matahari terbit. Ketika bulan Ramadhan kita harus menyesuaikan dengan pola hidup yang baru, pola makan termasuk pola tidur. Ketika bulan Ramadhan kita dituntut untuk bangun dini hari untuk menjalankan sahur. Karena belum terbiasa, biasanya malas sering kali datang. Berbagai macam alasan datang ketika hendak menjalankan sahur. Bangun kesiangan karena masih mengantuk biasanya keadaan yang sering dialami oleh banyak orang.

Baca Juga:

Nah, agar tidak kesiangan ketika bangun sahur  dan tetap semangat ketika menjalankannya, maka ada beberapa tips yang perlu anda terapkan. Lantas apa saja tipsnya? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya di bawah ini.

TIPS-AGAR-TIDAK-KESIANGAN-SAAT-SAHUR.jpg

Tips Agar Tidak Kesiangan Bangun Sahur

Hindari Tidur Larut Malam

Di bulan Ramadhan disarankan untuk tidak tidur terlalu larut malam. Jika biasanya anda tidur lebih dari jam 10 malam, maka sekarang ini usahakan untuk tidur lebih awal atau sebelum jam 10 malam. Apabila anda bisa tidur lebih awal, maka waktu tidur anda aka tercukupi sehingga ketika sahur anda bisa bangun dan tetap semangat.

Tidur Berkualitas

Tidur yang tidak berkualitas akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan menghambat aktivitas lainnya. Oleh sebab itu, ketika bulan Ramadhan usahakan buat tidur anda lebih berkualitas. Agar tidur lebih berkualitas disarankan untuk meredupkan lampu kamar tidur anda, matikan segala peralatan elektronik di kamar anda baik itu televisi, laptop atau komputer, gadget dan lain sebagainya, buat  kamar tidur anda senyaman mungkin dan tidurlah dengan posisi tidur yang nyaman. Jika anda bisa tidur berkualitas saat Ramadhan, maka waktu sahur anda akan lebih berkualitas pula. Ketika sahur anda akan bangun lebih awal dan tubuh akan lebih segar.

Niat

Niat merupakan kunci utama agar anda tidak kesiangan saat bangun sahur. Tanamkan niat dalam diri anda untuk bangun saat sahur. Jika niat dalam diri anda kuat, maka semalas dan sengantuk apapun anda maka anda bisa terbangun untuk menjalankan sahur. Tanamkan niat ini setiap hari. Bukan hanya niat bangun sahur saja, melainkan niat untuk menjalankan kebaikan-kebaikan lainnya.

Hindari Makan Banyak Saat Berbuka Puasa

Buka puasa merupakan waktu yang dinanti nanti oleh setiap orang setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Waktu buka puasa biasanya sering dijadikan sebagai ajang balas dendam dan tidak sedikit orang yang kalap ketika makan pada waktu buka puasa. Makan banyak saat buka puasa akan menyebabkan banyak masalah untuk kesehatan. Selain itu, dengan makan banyak juga akan membuat tubuh anda menjadi semakin lemas dan mengantuk. Tidak hanya itu, karena kekenyangan maka makan sahur akan terabaikan dan akibatnya anda sulit atau malas untuk bangun.

Selalu Ingat Bahwa Makan Sahur Memiliki Banyak Manfaat

Sahur yang kita jalankan selama bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat. Dengan menjalankan sahur maka tubuh kita akan menjadi kebal, energi akan  bertambah  ketika siang hari, metabolisme tubuh menjadi semakin bertambah dan pahala pun akan anda dapatkan. Tidak hanya itu, bangun untuk makan sahur juga akan memberikan kesempatan pada anda untuk menghirup segarnya udara pagi hari.

Nah, itulah beberapa tips agar anda tidak bangun kesiangan saat sahur. Usahakan untuk memasang alarm agar anda bisa bangun tepat waktu. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...