Banyak wanita yang mengidam-idamkan memiliki kulit tubuh yang putih dan mulus.

Kondisi kulit yang seperti ini dianggap sebagai hal yang akan membuat mereka merasa lebih percaya diri. Sejumlah cara pun ditempuh, mulai dari melakukan perawatan kecantikan dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana sampai dengan mencoba berbagai produk pemutih kulit.

Baca Juga:

Seperti tak ingin kalah, produsen kosmetik pun ikut berlomba-loma menciptakan berbagai produk pemutih kulit dan wajah, baik berupa krim maupun lotion dengan berbagai merk. Dilihat dari harganya pun anda yang tengah mencari produk pemutih kulit akan cukup beragam. Mulai dari dari harga yang murah, sedang sampai dengan produk yang menawarkan harga fantastis untuk setiap botol kecil produk yang dijualnya. Semuanya bisa didapat dengan mudah karena banyak dijual dengan bebas di pasaran.

Meski pun penjual produk kosmetik pemutih kulit ini berada jauh dengan pelanggan. Namun rasanya kini, anda tak lagi pusing atau khawatir tidak kebagian produk tersebut sebab saat ini sudah anda sistem jualan online. Hanya dengan mentrasfer sejumlah uang yang tertera pada harga produk yang dijual dan menyertakan ongkos kirim. Barang yang anda butuhkan bisa segera anda dapatkan dalam beberapa hari. Kemudahan dalam bertransaksi ini dimanfaatkan oleh sejumlah produsen untuk dapat menyebarkan produknya hingga ke luar daerah. Dengan demikian anda dapat memilih salah satunya yang anda inginkan.

tips-aman-gunakan-produk-pemutih-kulit.png

Namun sayangnya, menurut sejumlah riset tidak semua produk pemutih kulit yang banyak beredar di pasaran saat ini terbuat dari bahan-bahan yang aman digunakan. Banyak produk pemutih kulit yang justru terbuat dari bahan-bahan berbahaya, termasuk dengan menyertakan bahan kimia yang tidak seharusnya digunakan, seperti merkuri, hidroqinon dan masih banyak lagi.

Beragam produk pemutih kulit dengan kandungan bahan-bahan berbahaya tersebut umumnya memang dapat menjanjikan kulit putih dengan cepat atau instan. Cukup banyak orang yang terbuai dengan janji-janji tersebut. Sayangnya, dampak dari penggunaan kosmetika jenis ini malah memberikan efek yang berbahaya untu kesehatan. Adapun dampak paling buruk dari menggunakan pemutih kulit dengan kandungan zat kimia  berbahaya adalah timbulnya penyakit kanker.

Pemakain produk pemutih yang terbuat dari bahan yang tidak aman tentu saja bukan solusi yang baik. Meskipun dampak atau hasil kerjanya dapat berjalan lebih cepat atau instan. Namun bila efek sampingnya dapat merusak kesehatan dan menimbulkan gangguan kulit? Apakah hal ini cukup bijak?

Pada saat menggunakan krim tersebut kulit anda mungkin menjadi lebih cerah bercahaya dalam waktu yang singkat. Akan tetapi ketika anda menghentikan pemakaian produk tersebut maka efek sampingnya akan anda rasakan, yakni kembalinya tekstur dan warna kulit dalam kondisi yang sebelumnya, atau bahkan bisa lebih parah. Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan?

Untuk menyelamatkan kulit dari kerusakan akibat pemakaian produk pemutih kulit yang salah, maka perhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum anda memutuskan untuk menggunakan produk pemutih kulit dan wajah.

Tips Aman Sewaktu Menggunakan Produk Pemutih Kulit

Konsultasikan Terlebih Dahulu Ke Dokter

Adalah hal yang penting sebelum anda terburu memutuskan sebuah produk untuk anda kenakan dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kulit anda, jenis kulit dan sensitivitas terhadap produk pemutih kulit yang anda gunakan.

Hal ini penting dilakukan guna menentukan apakah kulit anda termasuk jenis kuit yang sensitif terhadap bahan yang terkandung dalam produk pemutih kulit tersebut atau tidak. Selain itu, dengan berkonsultasi ke dokter, anda akan dapat mengetahui lebih lanjut mana bahan pemutih yang aman dan mana yang berbahaya yang sebaiknya tidak anda gunakan.

Perhatikan Seberapa Cepat Kerja Produk Tersebut

Ketika anda sudah memutuskan untuk menggunakan satu jenis produk pemutih kulit tertentu. Ada baiknya jika anda mulai memperhatikan seberapa cepat kinerja dari produk tersebut pada kulit anda. Bila dalam waktu singkat, seperti misalkan baru satu minggu pemakaian kulit anda sudah terlebih lebih putih, maka hal ini patu anda waspadai betul.

Biasanya produk pemutih kulit yang memberikan hasil secara instan seperti ini memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang tidak aman dan tidak memenuhi standar kesehatan, seperti misalnya merkuri. Untuk itu, sebaiknya teliti terlebih dahulu sebab kandungan merkuri akan yang terus-terusan masuk kedalam tubuh akan dapat memicu timbulnya kanker berbahaya.

Perhatikan Reaksi Produk Pada Kulit

Setelah menggunakan produk pemutih kulit, ada baiknya anda terus memperhatikan bagaimana reaksinya terhadap kulit anda. Bila setelah penggunaan kulit wajah anda menjadi gatal-gatal, bengkak,  merah, kasar atau bahkan berjerawat kemungkinan hal ini adalah bentuk dari reaksi alergi atau iritasi kulit terhadap bahan kimia yang ada didalamnya.

Untuk itu, sebaiknya produk tersebut tidak lagi anda gunakan. Meski ada beberapa produk pemutih kulit yang menimbulkan efek samping seperti pengelupasan atau kulit kering adalah bagian dari proses detoksifikasi. Namun bila kondisinya sudah bengkak, memerah atau timbul jerawat. Hal ini bisa mungkin merupakan reaksi kulit anda karena tidak cocok dengan penggunaan produk yang saat ini anda kenakan.

Pilih Produk Pemutih yang Aman

Pastikan bila anda menggunakan produk pemutih kulit yang aman dan memenuhi standar kesehatan yang benar. Untuk memastikan apakah produk yang anda gunakan adalah produk yang aman, maka berikut ini ada beberapa hal yang penting anda perhatikan.

Cek terlebih dahulu apakah produk pemutih yang anda pilih terdaftar di BPOM. Guna memeriksanya anda bisa mengecek langsung melalui website resminya BPOM yakni www.pom.go.id. Hal ini penting sekali karena saat ini banyak produk yang mengklaim telah mendaftarkan produknya di BPOM namun nyatanya produk yang bersangkutan tidak ada didalam daftar.

Yang selanjutnya adalah dengan mengecek label kandungan bahan yang tertera pada kemasan produk pemutih. Hindari produk pemutih yang memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya seperti merkuri, rodhamin B, asam retinoat dan hidroqinon. Beberapa bahan kimia jenis ini akan dapat merusak dan berdampak buruk untuk kulit anda. Selain itu, dampak yang lebih parah bukan hanya terjadi dengan kulit namun juga dapat mengenai bagian hati, ginjal dan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti halnya kanker.

Yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan apakah produk pemutih tersebut memberikan janji yang muluk-muluk, seperti mampu memutihkan kulit wajah dalam waktu yang singkat atau instan dan bekerja dengan cepat. Produk pemutih yang seperti ini sebaiknya dihindari sebab mengandung bahan aktif yang berbahaya untuk kulit dan kesehatan anda.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih produk pemutih kulit yang aman. Dengan memperhatikan beberapa hal ini maka kulit yang cantik, putih dan mulus bisa anda dapatkan tanpa harus merusak atau membahayakan kesehatan tubuh anda. Yang terpenting adalah dengan memperhatikan kandungan yang ada pada produk tersebut dan mengkonsultasikannya dengan dokter sebelum anda memutuskan untuk menggunakan produk tersebut. 

Loading...

Loading...