Seringkali seseorang selalu ingin tampil sempurna dihadapan oranglain dan tidak ingin menunjukan sisi lemah dari dirinya.

Tampil kuat dan tegar memang membuat seseorang terlihat independen dan percaya diri dihadapan orang lain. Memang tidak semua orang dapat dengan mduah menampilkan semua sisi dalam kehidupannya.

Baca Juga:

Ada beberapa orang yang hanya memilih beberapa kepribadian untuk ditunjukan dihadapan oranglain. Sementara sisanya, mereka sembunyikan dalam-dalam dan hanya dirinya bersama dengan orang-orang terdekatnya yang mengetahui dengan seutuhnya sosok orang tersebut.

Ya, pada beberapa orang menunjukan kesedihan atau kelemahan dihadapan oranglain seringkali dianggap sebagai tindakan yang tak berdaya. Sehingga mereka umumnya hanya menampakan emosi yang ingin ditunjukanya pada oranglain.

Kesedihan dan kelaraan yang dirasakan oleh seseorang memang seringkali membuat hati terasa sakit dan batin seperti menjerit. Akibatnya, ketika mulut tak lagi bisa berkata-kata dan menjelaskan kesakitannya, maka air mata menjadi kata terakhir untuk mencurahkan segala emosi yang dirasakan.

Tidak mudah memang menyembunyikan kesedihan saat hati ini terlanjur sakit dan kecewa. Hanya saja, pada beberapa orang, mereka memang dituntut untuk dapat menyembunyikan semua ini dengan baik sehingga oranglain tidak melihat sisi lemahnya.

Menangis merupakan emosi paling umum yang dijumpai ketika seseorang merasa sedih dan bahagia. Hanya saja, untuk tangisan bahagia biasanya mereka cukup menampakan air mata yang membasahi pipinya dan berlalu dengan suka cita yang mengikutinya. Hanya saja, untuk tangisan dari kesedihan yang mendalam biasanya akan berlangsung lama dengan cucuran air mata yang terus mengalir tiada henti.

Pada saat menangis, batin terasa nelangsa dan hati terasa sakit sehingga sulit rasanya untuk dapat menahan air mata agar tidak lagi menetes. Banyak alasan melatar belakangi kesedihan orang lain, entah itu kehilangan, dikecewakan, dikhianati dan lain sebagainya. Sebagian orang yang merasa sudah tidak mampu berkata-kata maka air mata menjadi emosi paling dalam untuk meluapkan kekesalan dan kesakitan yang dialami.

Pada saat menangis dengan kesakitan seperti ini biasanya mata akan terlihat sembab dan bengkak. Hidungpun menjadi memerah dan bahkan pada beberapa orang, telinga akan terlihat berubah warnanya menjadi lebih sembab dan hidung terus berair. Memang tidak mudah menyembunyikan tangisan setelah kesakitan yang begitu dalam. Selalu nampak bekas tangisan yangterlihat dari raut wajah dan mata yang begitu sembab.

Hanya saja ketika menangis sebenarnya bukan bagian mata anda yang membengkak melainkan bagian kantung mata. Kantung mata manusia memang menjadi bagian kulit yang paling sensitif. Belum lagi bagian kulit ini amat tipis dan rentan sekali terjadinya pembengkakan. Seringkali seseorang mengalami mata bengkak pada area kandung mata baik itu terjadi secara sengaja atau diakibatkan oleh sesuatu yang tidak sengata. Hanya saja, pada saat bagian kantung mata membengkak tentu saja siapapun yang mengalami kondisi ini akan merasakan tidak nyaman.

Selain dari menangis, biasanya hal yang paling sering terjadi akibat membengkaknya kantung mata adalah seseorang yang terjaga dari tidurnya terlalu lama. Atau dalam artian lain adalah orang-orang yang kurang mendapatka waktu tidur yang cukup pada malam hari. Akibatnya kondisi seperti ini membuat matanya terlihat sembab.

Tentunya, kondisi mata bengkak seperti ini akan pula menimbulkan rasa kurang percaya diri pada seseorang. Betapa tidak, mata yang sembab umumnya akan membuat penampilan seseorang terlihat mengkhawatirkan. Penampilannya pun terlihat lebih pucat dan tidak segar. Sehingga tak heran bila orang dengan mata sembab akibat menangis dalam waktu yang lama akan merasa enggan untuk pergi keluar rumah.

Lantas sebenarnya mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi? Mengapa orang yang menangis bisa mengalami mata yang sembab? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis

Banyak orang masih dibuat kebingungan mengapa orang yang sudah menangis bisa sampai mengalami mata sembab dan bengkak. Hal ini dikarenakan pada saat seseorang menangis maka akan terjadi peningkatakn aliran darah ke bagian area wajah.

atasi-mata-bengkak-setelah-menangis.jpg

Dimana kondisi seperti ini akan dapat memicu adanya pembengkakan pada bagian kulit dibawah mata atau kantung mata itu tadi. Atau bisa juga hal ini dipicu sebab cairan pada mata mengandung garam yang dapat membuat mata menjadi merah dan pembuluh darah dibawah kulit mata yang tipis berubah membengkak dan membesar.

Lalu bagaimana mengatasi mata bengkak akibat tangisan dengan cara yang cepat? Untuk membantu anda meredakan kondisi ini maka mari simak beberapa hal dibawah ini.

Tips Atasi Mata Sembab dan Bengkak Setelah Menangis dengan Cepat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi mata yang sembab dan merah akibat menangis dalam waktu yang lama. Tips dibawah ini diharapkan dapat menjadi solusi anda untuk bisa menghapus air mata dan membuat tampilan anda kembali segar.

Kompres Mata dengan Menggunakan Kantung Teh

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kompresan pada bagian mata anda. Manfaatkan bahan alami dari daun tanaman teh yang bisa diaplikasikan pada bagian mata anda. Tanaman daun teh selain baik untuk meredakan, juga baik karena memiliki kandungan yang bernama dengan tanin. Tanin ini akan dapat bermanfaat untuk membentuk kelenturan dan kepadatan pada bagian mata yang membengkak.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan bahan alami inipun cukup mudah, yakni dengan menggunakan kantung teh celup bekas dan hangatkan kembali. Lalu setelah itu, silahkan kompres pada bagian mata dengan ditekan perlahan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan rasakan efek menenangkan dari penggunaan bahan ini.

Kompres Mata dengan Menggunakan Kentang

Selain teh, bahan lain yang juga dapat digunakan untuk meredakan mata bengkak setelah menangis adalah kentang. Kentang memiliki kandungan yang dinamakan dengan asam sifat dan asam fosfat. Kandungan inilah yang aka bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga secara medis hal ini akan dapat mengurangi mata yang bengkak. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan menumbuk kentang sampai halus dan bungkus dengan menggunakan kain tipis. Lalu setelah itu, silahkan aplikasikan pada mata dengan perlahan.

Kompres dengan Air Es

Air dingin akan sangat bermanfaat untuk meredakan sembab atau bengkak pada kulit. Cara ini sudah sejak dulu dianggap sebagai alternaif baik meredakan pembengkakan. Nah, untuk anda yang ingin meredakan mata sembab akibat kondisi ini maka silahkan gunakan air es dan celupkan pada kain untuk selanjutnya kompres pada bagian mata secara berulang-ulang dan diamkan beberapa saat.

Itulah dia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan bengkak mata akibat menangis. Semoga dengan mempraktikan cara diatas dapat menjadi solusi yang baik untuk anda. 

Loading...

Loading...