Tips Bakar Lemak dan Bentuk Otot dalam Satu Waktu

Membentuk badan yang ideal merupakan sebuah perjalanan panjang yang tak semudah dan tak seinstan yang kita pikirkan. Ada usaha penting yang harus senantiasa diperhatikan. Disatu sisi ada diet ketat yang perlu dijalani dengan sangat baik dan disisi lain pergerakan secara aktif dan olahraga menjadi kunci sukses mendapatkan badan seperti yang didambakan.

Kehadiran lemak didalam tubuh pada dasarnya adalah hal yang wajar dan normaL. Akan tetapi, apabila massa lemak yang ada didalam tubuh jumlahnya sudah berlebihan maka tentu hal ini akan mendatangkan masalah. Salah satunya adalah permasalahan mengenai bentuk tubuh yang kurang proporsional.

Untuknyalah, bagi anda yang mendambakan tubuh yang ideal seperti yang didambakan maka menjaga diet yang ketat dan memperhatikan olahraga secara rutin adalah hal penting yang harus senantiasa diperhatikan dengan baik. Namun tidak pula melakukan kedua hal ini akan menjadi menghadirkan otot dengan cepat pada tubuh kita.

tips-bakar-lemak-dan-bentuk-otot.jpg

Tips Bakar Lemak dan Bentuk Otot dalam Satu Waktu

Adapun para pelaku body builder lebih banyak mensiasati hal ini dengan banyak mengkonsumsi makanan dan menghindari terlalu banyak aktivitas fisik diluar jadwal olahraga. Lantas bagaimana mensiasati kedua hal yang bertolak belakangan ini agar bisa dilakukan secara bersamaan? Simak tipsnya dibawah ini.

Berfokus Pada Latihan Kekuatan

Salah satu cara utama yang penting diperhatikan untuk anda yang mendambakan membakar lemak didalam tubuh dan membangunnya menjadi otot adalah dengan memfokuskan olahraga pada latihan kekuatan.

Angkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang ideal untuk bisa membentuk massa otot didalam tubuh dan membesarkannya dengan lebih cepat. Hanya saja, hasil pembentukan otot ini akan bisa lebih efektif ketika anda baru saja memulai angkat beban sebagai planning olahraga anda untuk pertama kalinya.

Atau bagi anda yang terbiasa berolahraga di gym dan setelah sekian lama tidak berolahraga kemudian kembali ke gym dan memutuskan memilih angkat beban sebagai olahraga yang anda prioritaskan setelah sekian lama rehat berolahraga.

Hal ini terjadi dikarenakan tubuh anda belum terbiasa dengan yang namanya proses pembentukan otot yang didapatkan dari latihan angkat beban. Sehingga otot-otot yang masihy baru akan lebih mudah dibentuk dan lebih cepat menghasilkan pembentukan otot yang maksimal.

Lain lagi ceritanya apabila anda sudah terbiasa dan terlatih dengan olahraga latihan kekuatan. Misalkan anda yang sering menghabiskan banyak waktu di latihan angkat beban contohnya 6 sampai dengan 8 bulan tanpa ada jeda istirahat. Maka biasanya, pada kondisi semacam ini anda akan cenderung lebih sulit mengembangkahn dua latihan ini sekaligus. Sebab pada sat ini otot anda sudah mulai terbentuk. Sehingga akan sulit untuk dirubah atau dibentuk kembali.

Bukan hanya angkat beban yang akan dapat menjadi fokus olahraga yang direkomendasikan. Namun beberapa pergerakan yang melibatkan otot pun seperti push up, pull up, sit up dan squat pun bisa menjadi cara yang terbaik untuk membentuk otot dan membakar lemak didalam tubuh secara sekaligus.

Maka dari itu, pastikan bila anda mengerakan semua kelompok otot didalam tubuh anda terutama pada saat latiyan. minimal lakukan 4 sampai dengan 7 kali pengulangan olahraga yang sama setiap kali anda latihan.

Menerapkan Sistem Defisit Kalori

Asupan kalori didalam tubuh mengambil peranan yang paling besar terhadap penumpukan lemak dan kenaikan berat badan. Maka dari itu, ketika anda berencana membakar lemak dan membangun otot sekaligus dalam waktu yang bersamaan maka cara semacam ini adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Menerapkan sistem defisit kalori adalah memperhatikan pengurangan jumlah kalori sehari-hari yang masuk kedalam tubuh. Tujuannya adalah untuk menjaga agar tidak terjadi kenaikan berat badan yang besar. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah kalori dalam makanan, lebih seirng berolahraga atau mengkombinasikan keduanya dengan baik.

Dengan memperhatikan sistem defisit kalori maka tubuh akan terbantu untuk mempercepat proses metabolisme dan menghilangkan lemak didalam tubuh dengan lebih baik. Selain itu, defisit kalori pun akan pula memperlambat proses pemecahan protein. Pengaruhnya untuk tubuh adalah proses ini akan dapat berdampak terhadap kemampuan tubuh untuk membangun otot secara aktif.

Maka dari itu, guna mempercepat proses pembakaran lemak dan pembentukan otot maka menerapkan sistem defisit kalori adalah langkah yang penting. Cobalah untuk menerapkan defisit kalori dimana anda bisa memulainya dengan latihan yang sedang, yakni dengan mengurangi sekitar 20 sampai dengan 25 persen kebutuhan kalori harian yang masuk kedalam tubuh. Diet semacam ini akan berpotensi lebih besar untuk anda menghilangkan lemak ketika proses pembentukan otot.

Memilih Jenis Olahraga dengan Interval Intensitas yang Tinggi

Selain memfokuskan diri melakukan latihan kekuatan, cara lain yang akan dapat dilakukan bagi anda yang sedang berusaha membakar lemak dan membangunnya menjadi otot secara bersamaan adalah dengan mengkombinasikan latihan kekuatan yang biasa anda lakukan dengan pilihan olahraga kardio dengan interval intensitas tinggi atau yang juga dikenal dengan HIIT. Lakukan latihan ini selama 10 sampai dengan 20 menit dalam satu hari.

Kombinasi dua jenis olahraga yang berbeda ini akan dapat membantu proses pembakaran lemak berjalan lebih cepat dan efektif. Bahkan proses ini akan masih berlangsung meski anda sudah berhenti berolahraga sesaat setelahnya.

Pada sesi olahraga HIIT, jenis olahraga yang satu in bisa terdiri dari berbagai dan banyak macam latihan kardio. Dimana tentunya anda akan dapat melakukan pergerakan ini selama 3 sampai dengan 6 hari per minggunya dengan durasi olahraga yang lebih lama. Contohnya adalah dengan berjalan di mesin treadmill selama 45 menit yang kemudian pergerakan ini bisa dikombinasikan bersama dengan latihan angkat beban  sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Sementara itu, berlari atau jogging yang dilakukan secara nyata yakni berlari di alam terbuka dan bersepeda tergolong kedalam latihan kardio interval intensitas tinggi yang dapat anda lakukan diluar jadwal latihan bebas. Yakni kira-kira 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggunya.

Dengan mengkombinasikan pergerakan olahraga dan latihan semacam ini maka lemak didalam tubuh akan lebih cepat dibakar dan dibentuk menjadi otot. Pembentukan masa otot pada latihan semacam ini pun akan dapat berjalan dengan lebih cepat.

Konsumsi Makanan yang Bervariasi

Jika dalam diet reguler yang dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan maka porsi makan amat dijaga dengan begitu ketat. Lain halnya lagi ketika anda berusaha membangun otot didalam tubuh anda guna mengoptimalkan bentuk tubuh yang anda miliki. Pada kondisi ini, asupan makanan yang bervariasi menjadi hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik.

Latihan adalah salah satu cara untuk menghilangkan lemak didalam tubuh. Sementara untuk bisa mendapatkan  otot maka latihan saja tidak akan cukup menghadirkan dan membangun otot-otot tersebut. Maka dari itu, anda perlu mengoptimalkannya dengan mengkonsumsi banyak makanan kedalam tubuh.

Hanya saja, jenis makanan yang dikonsumsi tentunya bukan hanya porsinya saja yang banyak dan ditambah. Akan tetapi, mengingat perlunya pengurangan kalori kedalam tubuh maka jenis makanan yang anda masukkan pun perlu diperhatikan kandungan dan gizinya. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi adalah jenis makanan ideal yang dibutuhkan untuk diubah menjadi energi dan membantu pembentukan otot didalam tubuh.

Makanan makanan yang tidak sehat bukan hanya akan mengundang sejumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Akan tetapi, kondisi ini pun bisa mungkin membuat kebutuhan gizi dan protein yang diperlukan tubuh untuk membangun massa otot menjadi terkendala. Akibatnya, proses pembentukan otot menjadi sulit terjadi dan yang ada anda malah sakit karena makanan yang salah yang anda konsumsi kedalam tubuh anda.

Rajin Bergunta-Ganti Jenis Latihan

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh anda akan mulai terbiasa dengan latihan dan gerakan dari olahraga yang itu-itu saja. Hal inilah yang akan mungkin membuat optimasi pembentukan otot menjadi lebih melambat ketika anda tidak mengganti atau menyelangi latihan anda dengan jenis latihan yang berbeda atau baru. Sementara itu, dalam hal pembentukan otot, segala jenis pengelompokan otot didalam tubuh perlu dikembangkan dan dibentuk.

Memilih olahraga yang sama secara terus menerus akan mungkin sulit untuk tubuh bisa mengembangkan bagian otot lainnya. Maka dari itu, penting sekali untuk rutin menambah variasi jenis olaharaga tujuannya tentu saja guna melatih otot yang berbeda serta untuk mendapatkan manfaat yang berbeda dari jenis olahraga yang dilakukan.

Cobalah untuk mengubah jenis olahraga dan pergerakan anda setiap 4 sampai dengan 6 minggu sekali. Adapun cara termudah yang dapat anda lakukan adalah dengan meningkatkan intensitas durasi latihan, mengubah waktu istirahat ketika latihan, mengkombinasikan beberapa jenis latihan, memperbanyak variasi latihan dan meningkatkan kecepatan gerakan.

Dengan begini maka optimasi dalam pembentukan otot lain didalam tubuh akan dapat berjalan dengan lebih baik. Selain itu, proses pembakaran lemak didalam tubuh pun akan tentu berjalan dengan lebih cepat.

Dapatkan Istirahat yang Cukup

Hanya karena agar tujuan anda untuk mendapatkan bentuk tubuh dan massa otot yang besar bisa terpenuhi. Bukan berarti hal ini membuat anda perlu memforsir diri anda dengan terus menerus berolahraga selama tujuh hari dalam satu minggu. Karena bagaimanapun, tubuh kit memerlukan jam biologis dan waktu istirahat yang baik.

Adapun cara terbaik untuk beristirahat adalah dengan memenuhi waktu tidur. Tidur adalah waktu dimana tubuh melakukan proses regenerasinya dengan baik. Selain itu, menurut para ahli mengungkapkan bahwa proses pemulihan sama pentingnya dengan pelatihan yang dilakukan. Maka dari itu, perhatikan dengan baik bila anda mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari.

Tidur adalah waktu yang amat penting guna mengistirahatkan dan memperbaiki jaringan otot didalam tubuh yang mungkin lelah atau terjadi kerusakan selama melakukan olahraga. Selain itu, tidur pun akan membantu tubuh untuk mengembalikan kekuatan dan energi kita secara penuh. Serta menghilangkan nyeri pada otot selama melakukan olahraga.

Sebaliknya, kurang tidur akan mungkin menyebabkan masalah yang serius. Kenaikan berat badan biasanya banyak disumbang sebab kurang tidur atau seringnya terjaga sampai malam hari. Hal ini dikarenakan sering bergadang biasanya membuat produksi hormone penyebab lapar menjadi lebih banyak. Akibatnya, hasrat ingin makan makanan yang tidak sehat seringkali muncul.

Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman dengan Kandungan Protein yang Banyak

Mengoptimalkan asupan makanan adalah hal yang penting sebagaimana telah dibahas diatas. Hanya saja, karena tujuannya adalah untuk membangun dan membentuk massa otot didalam tubuh. Maka kandungan nutrisi didalam makanan tersebut perlu diperhatikan dengan baik.

Hindari mengkonsumsi sembarang makanan dan minuman dengan kandungan nutrisi yang tidak jelas. Apalagi saat setelah selesai berolahraga karena bisa mungkin hal tersebut akan malah menambah asupan kalori yang baru saja anda bakar.

Nutrisi dan protein adalah kebutuhan yang penting untuk pemulihan dan pembentukan otot didalam tubuh. Tak peduli apapun jenis olahraganya dan seberapa keras seseorang berlatih. Nutrisi dan protein menjadi hal penting yang dibutuhkan.

Hindari pula mengkonsumsi sport drinks setiap kali anda lelah atau haus. Beralihlah pada susu dengan kandungan protein yang tinggi. Selain mampu menghilangkan dahaga dan mengembalikan cairan elektrolit yang hilang bersama dengan keringat pada saat anda berolahraga. Kandungan protein yang tinggi dalam susu akan pula mengoptimalkan pembentukan otot didalam tubuh.

Usahakan Mengkonsumsi Lemak yang Baik

Meski sedang berusaha untuk membakar lemak dan menghilangkannya dari dalam tubuh. Akan tetapi, bagaimanapun kebutuhan lemak didalam tubuh menjadi hal penting yang perlu diperhatikan asupannya dengan baik. Hal ini dikarenakan lemak akan dapat membantu anda merasa kenyang, menstabilkan kadar insulin dan juga tetap membuat tubuh bertenaga.

Hanya saja, asupan lemak didalam tubuh sebaiknya tidak didapatkan secara berlebihan. Lantas bagaimana agar asupan lemak didalam tubuh tetap terjaga? Jawabannya adalah dapatkan lemak dari sumber lemak yang baik. Artinya bukan lemak yang didapatkan dari junkfood atau makanan cepat saji. Namun lebih kepada lemak baik dari bahan makanan alami.

Beberapa makanan dengan kandungan lemak yang baik diantaranya adalah alpukat, kenari, minyak zaitun, selai kacang yang alami, kuning telus, biji bunga matahari dan masih banyak lagi. Pada intinya, meski sedang berusaha mengeluarkan lemak dari dalam tubuh. Bukan berarti asupan lemak dihilangkan sama sekali. Karena lemak akan membuat tubuh tetap segar dan berenergi.

Untuknyalah, guna menghindarkan permasalahan agar tidak terjadi asupan lemak yang berlebihan kedalam tubuh maka penting mengkonsumsi sejumlah lemak dengan jumlah yang cukup.

Banyak Konsumsi Air Putih

Tubuh kita sebagian besarnya terdiri dari cairan dan untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik maka kebutuhan cairan didalam tubuh perlu diperhatikan dengan baik. Air putih adalah cairan paling direkomendasikan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh. Dibandingkan dengan konsumsi minuman berasa dengan kandungan gula yang banyak. Air putih adalah jenis cairan yang lebih alami dan lebih baik.

Konsumsi air putih yang cukup adalah media yang baik untuk membersihkan tubuh dari kuman dan zat beracun yang ada didalamnya. Selain itu, asupan air putih yang cukup didalam tubuh akan membuat kita lebih bertenaga dan dapat pula membantu mengurangi berat badan.

Otot kita perlu terhidrasi untuk bisa tetap bekerja dengan baik. Oleh karenanya, penting memperhatikan masalah ini dengan baik dan pastikan anda mendapatkan sejumlah  cairan dari air putih yang cukup. Agar demikian, pembentukan massa otot didalam tubuh akan dapat bekerja dengan lebih cepat dan hasilnya bisa segera kita dapatkan. 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)