Memiliki badan yang ideal dan indah adalah dambaan untuk setiap wanita. Namun, tidak sedikit wanita yang merasa kesulitan mempertahankan berat badannya saat bulan Ramadhan. Biasanya saat bulan Ramadhan selalu terjadi lonjakan berat badan yang tidak bisa diperkirakan.

Namun, menjaga pola makan yang baik dan benar saat bulan puasa nyatanya bisa membantu mendapatkan badan yang ideal dan kurus. Untuk mendapatkan badan yang ideal saat puasa, beberapa tips diet sehat selama bulan Ramadhan berikut ini bisa anda ikuti. ( Baca juga : Rahasia Tetap Semangat Kerja Selama Puasa )

Baca Juga:

Tips-diet-sehat-saat-puasa.jpg

Tips Diet Sehat dan Tepat Selama Bulan Ramadhan

Tips diet sehat yang bisa anda lakukan selama bulan Ramadhan agar keinginan mendapatkan badan yang ideal terwujud. Adapun tips diet sehat selama bulan Ramadhan adalah  seperti berikut ini.

Sahur dan Buka Puasa dengan Tepat

Jika anda ingin menjaga berat badan agar  tetap ideal selama bulan Ramadhan, sangat penting untuk tidak melewatkan waktu sahur dan berbuka puasa. Saat sahur dan buka puasa anda mungkin tergoda oleh beberapa makanan yang menggiurkan dan menggugah selera. Namun, jika makanan tersebut adalah makanan yang tidak sehat seperti junk food, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya. Akan lebih baik jika anda memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran baik saat buka puasa atau sahur. Penting pula untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi lainnya.

Lakukan Olahraga

Siapa bilang saat bulan Ramadhan anda tidak bisa melakukan olahraga? Puasa bukan menjadi alasan bagi anda untuk tidak melakukan olahraga. Seperti yang kita ketahui, olahraga sangat penting untuk kesehatan. Saat puasa cobalah untuk tetap melakukan olahraga. Olahraga yang sebaiknya dilakukan saat puasa yaitu olahraga ringan. Olahraga dapat membantu membakar kalori lebih cepat dan banyak.

Perhatikan Menu Sahur

Jika anda ingin melakukan diet sehat agar tubuh tetap ideal, saat sahur anda harus mengkonsumsi beberapa makanan sehat. Beberapa makanan sehat yang dimaksud di antaranya yaitu telur, sayuran, buah-buahan, susu dan karbohidrat kompleks seperti misalkan gandum. Jangan lupa pula untuk minum banyak air putih.

Perhatikan Menu Buka Puasa

Buka puasa menjadi momen yang sangat dinantikan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Namun, banyak orang yang menjadikan momen buka puasa sebagai ajang untuk balas dendam karena seharian tidak makan dan minuman. Aneka makanan dan minuman yang tersaji biasanya langsung dikonsumsi sekaligus. Namun sebenarnya hal itu tidak baik dilakukan, karena selain tidak sehat juga akan membuat berat badan anda meningkat, apalagi jika dilakukan terus menerus.  Saat buka puasa anda tidak perlu makan berlebihan. Cobalah untuk makan dengan rapi dan pelan-pelan. Menikmati gorengan sata berbuka puasa memang menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika disantap bersama dengan sambal. Tapi jika anda ingin program diet yang dilakukan berjalan lancar, sebaiknya hindari makanan tersebut. Untuk menu yang dianggap ideal saat berbuka puasa diantaranya yaitu nasi, kurma, sayuran dan lauk berprotein untuk membantu menurunkan berat badan.

Minum Air Putih yang Cukup

Kita dianjurkan untuk minum air sebanyak 8 gelas dalam setiap harinya. Karena sedang puasa, bukan berati anda langsung minum air putih sebanyak 8 gelas saat berbuka atau sahur. Anda dapat membagi 8 gelas untuk sehari dengan metode 2-4-2, yakni minum 2 gelas air saat buka puasa, minum 4 gelas air saat malam hari dan minum 2 gelas air saat sahur. ( Artikel lainnya : Tips Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa )

Itulah tips diet sehat yang bisa anda lakukan saat bulan Ramadhan agar terhindar dari peningkatan berat badan. Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...