Tips Diet Sehat Saat Puasa - Untuk sebagian orang, puasa dijadikan waktu untuk melakukan diet. Diet saat puasa sebenarnya sama seperti diet yang dilakukan di luar bulan puasa. Anda harus menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang serta porsinya tepat. Mengabaikan pola makan yang baik justru akan membuat kenaikan beran badan. Yuk simak tips diet saat puasa di bawah ini.

Tips-Diet-Sehat-Saat-Puasa.jpg

Baca Juga:

Tips Diet Saat Puasa yang Sehat

Saat puasa beberapa orang mengeluh berat badannya malah naik. Nah, agar itu tidak terjadi pada anda, yuk simak tips diet sehat saat puasa seperti berikut ini.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Tips pertama yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi saat puasa. Ketika sahur atau berbuka puasa, nutrisi pada makanan pastikan sudah lengkap, serta mengandung komponen zat gizi esensial seperti karbohidrat, serat, protein dan lemak sehat.

Untuk anda yang sedang berdiet, anda bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti oat, nasi merah, kentang atau gandum utuh. Anda juga bisa menambahkan makanan yang tinggi akan protein seperti keju, telur, biji-bijian dan kacang. Selain itu, pilihan terbaik lainnya yaitu daging yang rendah akan kandungan lemak.

Tambahkan juga serat pada porsi makanan anda. Serat bisa didapatkan dari sayuran seperti sayuran hijau, wortel, pisang, apel dan lain sebagainya. Hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu lemak. Anda bisa memilih lemak sehat dari ikan-ikanan, alpukat, daging sapi rendah lemak hingga minyak zaitun.

Makan dengan Perlahan

Ketika berbuka puasa, kita biasanya semangat untuk makan dan terlalu lahap saat makan. Bahkan tanpa disadari kita makan dalam porsi yang banyak. Padahal demi program diet yang dijalankan, anda harus dapat mengendalikan porsi makan, baik itu ketika berbuka puasa ataupun ketika sahur. Oleh karena itu, saat makan pastikan anda makan sedikit demi sedikit dan mengunyah dengan perlahan. Dengan makan perlahan maka anda akan merasa cepat kenyang.

Hindari Mengonsumsi Produk Olahan

Agar diet anda sukses, maka sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan olahan, serta junk food. Selain itu, jika memungkinkan anda bisa menghindari konsumsi gorengan atau makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh dan lemak trans.

Daripada membelinya, alangkah lebih baik jika anda membuat makanan sendiri di rumah sehingga asupan nutrisinya tetap terjamin. Supaya kandungan nutrisi makanan tetap terjaga, anda bisa memasak dengan metode rebus, tumis, kukus atau panggang.

Perhatikan Asupan Cairan

Saat puasa, tubuh rentan mengalami masalah dehidrasi atau kekeringan. Oleh karena itu, pastikan anda mencukupi kebutuhan cairan harian anda saat berbuka puasa ataupun sahur. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung air banyak.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Makanan dengan kandungan garam tinggi akan membuat anda haus saat berpuasa. Tidak hanya itu, sebaiknya anda juga menghindari asupan makanan yan rasanya terlalu pedas.

Anda dapat mengonsumsi minuman dan makanan seperti air kelapa, ketimun, semangka, jeruk, selada dan lain sebagainya karena mengandung air yang banyak.

Baca juga :

Kurangi Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Berbuka dengan yang manis mungkin sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Namun, perlu anda ketahui mengonsumsi makanan ataupun minuman manis dalam jumlah banyak akan menyebabkan perut anda kembung, serta membuat terhambatnya proses pencernaan. Selain itu, makanan yang mengandung tinggi gula juga tinggi akan kalori yang akan membuat diet anda gagal karena mengonsumsi makanan manis.

Sebagai alternatif jika ingin makan makanan manis saat berbuka puasa, anda bisa mengonsumsi buah kurma. Kurma menjadi sumber gula baik dan kaya akan kandungan nutrisi.

Itulah beberapa tips diet sehat saat puasa. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...