Makeup telah menjadi kebutuhan para wanita dewasa ini. Tak saja orang dewasa, remaja dan anak-anak pun mulai senang berias dan mengoleksi aneka produk kecantikan guna menunjang penampilannya. Dari semikian banyak produk makeup, makeup waterproof atau yang tahan air menjadi pilihan banyak orang sebab dianggap lebih awet dan tahan lama.

Apalagi, beraktivitas di tempat dengan iklim tropis seperti Indonesia ini membuat keringat sering muncul atau mungkin tantangan seperti hujan deras akan menjadi hal yang cukup menantang bagi penggunaan makeup yang dikenakan. Menggunakan riasan waterproof akan tentu lebih hemat waktu dan tenaga. Sebab makeup jenis ini akan cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah luntur meski berinteraksi dengan air.

Baca Juga:

Namun demikian, tak serta merta penggunaan makeup waterproof menjadi hal yang aman untuk di kenakan. Sebab pada faktanya kita perlu tetap waspada dengan apa yang kita kenakan dalam tubuh kita. Jangan sampai produk makeup yang seharusnya mempercantik diri malah berubah membawa masalah dan penyakit. Maka dari itu, di bawah ini kita simak tips gunakan makeup waterproof yang aman bagi kulit.

Jangan Gunakan Produk dengan Kandungan Silikon

Hal penting pertama yang penting menjadi perhatian bagi anda yang sering menggunakan makeup adalah memilih dengan teliti dan hati-hati jenis makeup yang anda kenakan. Jangan sampai penggunaan makeup yang seharusnya membuat diri anda cantik lantas berubah mengundang masalah yang mengurangi estetika keindahan wajah anda.

Untuknya, pilihlah makeup waterproof dengan bahan yang aman. Hindari menggunakan makeup dengan kandungan silikon dimana biasanya bahan ini terdapat dalam foundation jenis krim. Adapun di dalam produk tersebut, silikon berguna untuk menjaga riasan agar tidak mudah pecah atau mungkin meleleh dan luntur ketika bagian wajah terkena dengan air atau keringat.

Para ahli mengatakan bahwa kandungan silikon di dalam produk makeup akan sangat berbahaya. Dampaknya bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit dan mampu menyebabkan jerawat bahkan reaksi alergi muncul pada bagian kulit. Maka dari itu, perhatikan dengan baik agar permasalahan ini tidak sampai dialami.

Pilih Produk dengan Kandungan Polimer

Tips lain yang perlu diperhatikan sewaktu menggunakan makeup waterproof adalah sebaiknya pilih produk dengan kandungan polimer di dalamnya. Bahan ini disebut-sebut adalah bahan yang paling umum di temukan dalam produk kosmetik tanah air. Polimer berfungsi untuk membuat riasan yang di aplikasikan menjadi lebih tahan lama dan menempel dengan baik di kulit.

Penggunaan bahan ini dalam produk kecantikan dianggap lebih aman di bandingkan dengan silikon. Jadi demikian, bahan polimer dianggap lebih aman di gunakan pada bagian kulit dengan merata. Sementara itu, kandungan dari polimer pun beragam. Untuk lebih aman anda di sarankan untuk menggunakan bahan dengan kandungan polimer jenis  acrylates copolymer dan isododecan.

Jangan Gunakan Terlalu Lama

Hanya karena formula dari makeup waterproof akan cenderung lebih awet dan tahan lama ketika di gunakan. Namun hal ini tidak berarti membuat anda boleh menggunakan produk ini selama berhari-hari. Sebab bagaimanapun penggunaan makeup dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa di bersihkan akan dapat menyebabkan banyak masalah terjadi pada wajah anda.

Cukup gunakan minimal 6 sampai dengan 8 jam dan selebihnya silahkan bersihkan makeup dan jangan biasakan tidur dengan menggunakan makeup sebab hal ini akan tentu berbahaya. Permasalahan seperti sumbatan komedo, jerawat dan masalah lainnya akan muncul pada wajah anda. Dan tentu hal ini akan merugikan kesehatan dan kecantikan anda.

Bersihkan dengan Remover Makeup Khusus

Umumnya membersihkan makeup waterproof tidak seperti menggunakan makeup dengan formula biasa dimana anda cukup hanya dengan membilasnya menggunakan air dan bersihkan dengan di lap menggunakan tissue. Kemampuan makeup dengan formula waterproof semacam inilah yang akan membuat makeup semakin sulit untuk dibersihkan.

Sehingga anda akan membutuhkan makeup remover yang khusus untuk membersihkan bahan ini dengan merata dari wajah anda. Produk dengan bahan dasar minyak biasanya memang di formulasikan khusus untuk membersihkan makeup waterproof.

Hanya saja, bila anda kesulitan menemukan produk ini maka tak perlu khawatir anda bisa menggunakan minyak zaitun alami atau minyak kelapa untuk membersihkan penggunaan makeup yang anda kenakan.

Nah, setelah makeup selesai di bersihkan dari seluruh wajah anda dengan merata. Baru setelah itu, anda akan dapat membersihkannya dengan menggunakan air dan gunakan sabun pencuci wajah untuk menghilangkan kandungan minyak bekas membersihkan makeup sebelumnya.

Jangan Gunakan Setiap Hari

Makeup dengan formula tahan air sebaiknya tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebab tekstur dari makeup sendiri yang sudah berat serta kandungan kimia yang lebih kuat di dalamnya akan tentu berbahaya untuk kulit wajah kita yang tipis. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan permasalahan ini dengan baik agar jangan sampai memaksakan kehendak malah membuat masalah lebih buruk bisa terjadi pada wajah anda.

Anda bukan dilarang untuk menggunakan makeup dengan formula waterproof. Hanya saja, cukup gunakan makeup dengan jenis ini untuk beberapa kebutuhan saja. Dan hindari penggunaan harian sebab mungkin dampaknya akan berbahaya untuk wajah anda.

Risiko Kerusakan Kulit Akibat Makeup Waterproof

Bila panduan diatas tidak diperhatikan dengan baik kemudian anda memilih untuk memaksakan kehendak menggunakan makeup tahan air dalam waktu yang lama dan untuk penggunaan sehari-hari maka ada banyak risiko yang mungkin dirasakan dari penggunaan bahan ini.

Nah, di bawah ini adalah beberapa risiko kerusakan kulit yang mungkin terjadi sebab dari penggunaan makeup waterproof yang terlalu sering.

Iritasi Kulit

Ancaman pertama yang mungkin dihadapi dari penggunaan makeup tahan air yang terlalu sering adalah risiko iritasi pada bagian kulit. Hal ini dapat terjadi sebab umumnya produk makeup dengan jenis ini memiliki kandungan yang lebih berat. Belum lagi, penggunaan bahan kimia yang lebih banyak pada makeup tahan air membuatnya semakin parah.

Bila anda memaksa menggunakan makeup jenis ini untuk penggunaan harian maka mungkin masalah akan timbul seperti iritasi kulit. Iritasi pada kulit bisa di tandai dengan perasaan perih, meradang dan kulit yang kemerahan. Ketika kondisi seperti ini terjadi mungkin untuk beberapa saat anda tidak di perkenankan menggunakan makeup sampai iritasi kembali pulih.

Kulit Kering

Penggunaan makeup tahan air biasanya menghalangi keringat dan air masuk ke dalam pori kulit. Hal inilah yang akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Tentunya kulit kering dan kusam bukanlah kondisi kulit yang menyenangkan untuk di rasakan. Maka  dari itu, sebaiknya perhatikan dengan baik agar permasalahan ini tidak terjadi dan menyerang diri anda.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips menggunakan makeup waterproof semoga bermanfaat dan memberikan banyak wawasan baru untuk kita semua. 

Loading...

Loading...