Tips Herbal Untuk Sehatkan Mulut Dari Bakteri Kesehatan mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik akan memudahkan bakteri serta kuman untuk berkembang biak didalam mulut dan dapat merusak gigi serta mencemari lidah. Ketika gigi telah rusak dan berlubang, sisa makanan atau partikel kecil pada makanan yang anda konsumsi akan dengan mudah terjebak pada sela gigi dan gigi yang berlubang. Interaksi bakteri dan sisa makananlah yang akan menyebabkan timbulnya senyawa yang dapat membuat mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Selain itu, kondisi mulut yang tidak terjaga dengan baik, seperti sisa makanan yang dibiarkan tanpa dibersihkan akan menumpuk menjadi lapisan putih pada permukaan lidah yang juga dapat memberikan efek bau mulut. Untuk itu penting sekali menjaga dan membersihkan mulut dari segala bakteri dan kotoran yang dapat membuat mulut menjadi tercemar.

 

Baca Juga:

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan mulut salah satunya yakni dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Gosok gigi adalah cara paling sederhana yang mungkin telah menjadi rutinitas yang selalu anda lakukan setiap hari. Nah, berikut ini ada beberapa tips herbal yang dapat memberishkan mulut dari kuman dan bakteri yang dapat menyehatkan mulut. Apa sajakah, cara tersebut? Simak berikut ini.

1. Gunakan Obat Kumur dengan Garam

Bukan saja mengatasi pendarahan gusi, radang gusi dan gusi bernanah. Bumbu utama pada masakan ini juga ternyata dapat dijadikan sebagai bahan herbal untu menyehatkan mulut dari bakteri dan kuman. Sebab garam memiliki kemampuan untuk menetralkan tingkat keasaman di dalam mulut sehingga bakteri dilenyapkan dengan baik. Cara menggunakan garam untuk obat herbal bisa anda lakukan dengan cara campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1/2 sendok teh soda kue dalam setengah cangkir air hangat. Kemudian aduk-aduk hingga merata dan gunakan untuk berkumur.

2. Jeruk Nipis

Selain dijadikan penyedap rasa dalam beberapa hidangan nusantara, jeruk nipis juga bisa membantu mengembalikan kesegaran nafas di mulut. Hal ini dikarenakan kandungan minyak limonidis pada jeruk nipis memiliki sifat aromatik yang dapat mengharumkan serta menyegarkan nafas. Untuk cara pemakaiannya bisa anda lakukan dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit madu kemudian dikonsumsi secara rutin.

3. Gunakan Obat Kumur Daun Sirih

Daun sirih memang telah sejak dulu dipercaya dapat menjadi obat yang baik untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan termasuk dengan kesehatan gigi. Kandungan minyak atsiri yang terkandung pada daun sirih memiliki sifat antiseptik yang dapat mengusir bakteri secara efektif dari dalam mulut. Caranya, cuci beberapa lembar daun siri, remas-remas sedikit kemudian rebus. Nah, setelah dingin baru gunakan untuk berkumur.

Itulah dia beberapa tips herbal untuk menyehatkan mulut dari bakteri dan kuman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...