Musim panas telah tiba! Saatnya pergi berwisata dan menikmati indahnya hari dengan terik matahari yang hangat bersama dengan keluarga.

Ya, musim panas yang ditunggu-tunggu akhirnya bisa dirasakan juga. Setelah menanti sekian lama agar hari ini kunjung tiba, akhirnya anda bisa bernafas lega karena kini liburan anda tidak akan hancur atau dirusak dengan guyuran hujan yang seringkali memberikan harapan palsu. Datangnya musim panas tentu akan membuat anda dapat menjalankan liburan atau menghabiskan waktu ini dengan mengunjungi tempat-tempat yang ingin anda kunjungi.

Baca Juga:

Nah, berbicara mengenai tempat wisata yang asyik dikunjungi pada saat musim panas, pantai seringkali menjadi pilihan yang banyak digemari. Betapa tidak, pemandangan yang menakjubkan dengan pantai yang landai dan barisan pohon kelapa yang elok, seringkali memanjakan mata dan membuat kita tak dapat beranjak dari tempat tersebut.

Apalagi dengan berbaring dibawah pohon kelapa dan menikmati semilir angin yang memanjakan tubuh akan tentu saja membuat kita semakin menikmati kuasa Tuhan yang begitu menakjubkan. Itulah mengapa banyak orang akan senang menghabiskan waktu liburan pada saat musim panas dengan memilih pantai sebagai destinasi wisatanya.

menghindarkan-kulit-terbakar-saat-ke-pantai.jpg

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak pilihan pantai yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Beberapa pilihan pantai ini tentu memiliki keunikan dan keelokannya masing-masing. Jadi demikian, dengan banyaknya pilihan pantai yang beragam akan cukup leluasa untuk anda bisa mengeksplor satu demi satunya tanpa takut merasa bosan dengan pantai yang itu-itu saja.

Untuk dapat berpiknik atau menghabiskan waktu di pantai umumnya seseorang akan mempersiapkan segala halnya dengan baik. Mulai dari menyiapkan perbekalan makan, memilih tempat tinggal selama menghabiskan liburan, memilih baju untuk digunakan berenang sampai dengan memperhatikan segala macam detail kecilnya, termasuk dengan memilih krim tabir surya untuk menghindarkan kulit terbakar.

Ya, meski senang mengunjungi pantai akan tetapi tetap saja kesehtan dan kecantikan kulit kita harus tetap dijaga dengan baik. Jangan sampai teriknya matahari musim panas membuat kulit terbakar pada saat anda tengah bermain di pantai.

Untuk itulah, penting sekali memperhatikan segala halnya dengan baik agar kesehatan kulit anda tetap dapat terjaga dengan baik. Kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari yang berlebihan sewaktu berjemur dipantai akan cukup fatal akibatnya. Selain menimbulkan kulit yang berwarna lebih gelap. Hal ini pun umumnya akan dapat menyakiti kulit anda.

Dengan demikian penting sekali untuk anda mengupayakan segala cara agar anda tetap dapat menikmati riangnya main dipantai tanpa harus dibayang-bayangi ketakutan kulit terbakar sinar ultraviolet yang tengah begitu terik.

Nah, beberapa hal dibawah ini akan membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan kulit agar tidak terbakar sewaktu berlibur ke pantai.

Tips Hindarkan Kulit Terbakar Sewaktu Berlibur Ke Pantai

1. Kenakan Pelindung Kepala yang Menutupi Wajah

Kulit wajah adalah kulit yang umumnya lebih mudah sensitif terhadap paparan sinar matahari siang hari yang begitu terik. Hal ini jauh lebih sensitif dibandingkan dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk itu, sebaiknya upayakan agar bagian ini tidak terpapar dengan sinar matahari yang berlebihan. Selain memberikan pelembab kulit dibagian wajah secara merata. Sebaiknya saat anda berada dibawah paparan sinar matahari kenakan pelindung kepala yang akan dapat melindungi bagian kulit wajah dengan baik.

Terutama saat anda sedang bermain ditengah pantai atau melakukan interaksi yang membuat kulit tubuh anda terpapar sinar matahari langsung. Kulit wajah yang terbakar akibat sinar ultraviolet yang berlebihan akan dapat menimbulkan dampak yang cukup mengganggu. Pasalnya bagian wajah anda akan berubah menjadi gelap dan mungkin timbul kemerahan yang cukup menyakitkan.

Selain itu, bila anda tidak ingin terlalu terpapar dengan mentari siang hari yang panas, sebaiknya upayakan untuk berlindung dibawah pohon atau tempat-tempat yang terlindung dari terik matahari.

2. Gunakan Krim Tabir Surya

Tips lain yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit terbakar sewaktu berjemur dipantai atau melakukan kontak dengan terik matahari secara langsung adalah dengan menggunakan krim taburi surya atau yang lebih dikenal dengan krim sunblock. Penggunaan krim ini akan memungkinkan kulit anda untuk terjaga dari paparan sinar matahari yang akan membakar kulit.

Untuk bisa mendapatkan krim yang satu ini anda bisa membelinya di supermarket atau toko kecantikan. Ada beberapa variasi yang tersedia dari krim jenis ini, mulai dari krim yang memiliki standar SPF yang cukup sampai dengan krim yang kaya akan SPF didalamnya yang memungkinkan anda untuk terhindar dari paparan sinar matahari yang akan membakar kulit anda.

3. Gunakan Pelembap Setiap 4 Jam Sekali

Biasanya karena terlalu takut kulitnya terbakar, tidak sedikit orang beranggapan bahwa dengan sering menggunakan krim pelembab akan membuat kulitnya dapat terlindung dari paparan sinar matahari. Lantas apakah cara tersebut sudah tepat?

Cara tersebut memang benar, karena secara umum krim pelembab akan dapat melindungi kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung tidak langsung terbakar. Untuk itulah, penggunaan krim pelembab memang harus dilakukan secara berulang dan diperbaharui.

Terutama setelah anda berendam dalam air. Hal ini tentu akan membuat krim luntur dan terbasuh dari kulit anda. Untuk itu, pastikan bila anda membawa sendiri krim pelembap yang anda gunakan. Agar ketika krim ini habis anda tidak usah memintanya dari orang lain.

4. Mandi Setelah Berjemur

Banyak orang yang beranggapan bahwa mandi atau berbasah-basahan di pantai sudah cukup membuat tubuh mereka basah sehingga membuat mereka tak perlu untuk mandi lagi. Padahal hal ini jelas keliru, air yang membasahi tuuh anda di pantai bukanlah air tawar atau air mineral yang biasa anda gunakan pada saat mandi melainkan itu adalah air asin dari laut.

Meskipun tubuh anda telah basah, namun bukan berarti membuat anda tak lagi harus berbilas. Air laut yang asin akan membuat kulit mudah kering dan kusam. Untuk itu, sebaiknya lekaslah mandi setelah anda selesai bermain di pantai. Pastikan bila anda membilasnya sampai bersih dan gunakan sabun untuk mengembalikan kondisi tubuh anda menjadi lebih fresh dan menyegarkan.

5. Kenakan Krim Aftersun Gel

Aftersun gel adalah krim yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit setelah anda bermain di pantai. Krim ini pun memungkinkan anda untuk terbebas dari paparan sinar matahari langsung pada bagian kulit sewaktu anda menghabiskan waktu di pantai. Penggunaan gel ini setelah main di panta akan cukup penting untuk menghindari kulit kering apalagi pecah-pecah.

Kandungan lidah buaya yang menjadi bahan dasar dari pembuatan krim ini akan memungkinkan kulit anda untuk tetap lembab dan memberikan efek segar dan sejuk. Gunakan krim ini setelah mandi untuk membersihkan anda dari air laut.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari menghindarkan kulit terbakar sewaktu berlibur ke pantai. Semoga tips ini dapat membantu anda dan mencegah masalah menghampiri anda. 

Loading...

Loading...