Tips Makan Lebih Sedikit Namun Perut Tetap Kenyang

Siapa yang tidak kesal ketika sudah berusaha dengan keras untuk mengurangi asupan makanan dan mulai menjalankan diet namun ternyata semuanya berakhir dengan kegagalan. Menurut para ahli, ada alasan psikologis mengapa kegagalan diet seringkali terjadi. Hal ini dikarenakan kita cenderung mengandalkan atau bergantung pada keinginan.

Ketika keinginan untuk diet hilang maka yang terjadi adalah kita akan dengan mudah mengatakan "dietnya besok saja" Dan tanpa disadari hal ini akan terus menerus terjadi seperti demikian. Lantas mau sampai kapan kita menunda dan kapan ada aksinya?

Nah, daripada terus menerus memaksakan haru diet. Ternyata ada juga lho trik psikologis yang bisa memanipulasi otak kita akan kita makan dengan jumlah yang sedikit dan memilih makanan yang lebih sehat. Seperti apa saja sih? Mari simak dibawah ini informasinya.

tips-makan-sedikit-namun-perut-tetap-kenyang.jpg

Tips Makan Lebih Sedikit Namun Perut Tetap Kenyang

Perasaan lapar pada dasarnya datang dari otak yang kemudian dirasakan oleh perut dan memerintahkan tubuh untuk segera mengisinya dengan makanan dan minuman. Nah, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan guna mengelabui otak agar kita dapat menjaga porsi makan namun perut tidak tersiksa.

Tempatkan Makanan Sehat Paling Depan

Tanpa diketahui, sebenarnya kesadaran kita akan cenderung meminta untuk mengambil makanan yang langsung ada didepan mata kita dan mudah untuk diambil. Hal ini sering terjadi karena seringkali keputusan makanan merupakan bentuk dari reaksi lingkungan yang ada didepan mata. Termasuk godaan untuk menyantap jenis makanan tertentu pada saat kita melihat orang lain menyantap makanan yang terlihat oleh mata kita sendiri.

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan semacam ini maka penting sekali untuk mulai memperhatikan penempatan makanan. Kita biasanya menyimpan makanan dalam lemari es atau kulkas. Persediaan makanan yang diletakkan didalam lemari es sebaiknya mulai ditata dengan baik.

Tempatkan makanan sehat pada barisan paling depan dan pastikan bila kamu senantiasa menyimpan makanan yang sehat pada tempat yang mudah dijangkau. Dengan begini maka kamu pun akan cenderung memilih makanan sehat yang kamu atur dibarisan paling depan. Tentunya konsumsi makanan sehat adalah pilihan yang baik untuk menghindarkan kenaikan berat badan yang terlalu besar.

Gunakan Peralatan Makan yang Kecil

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk anda yang sedang menjalani diet agar beban diet anda tidak terlalu berat maka trik mensiasati tubuh untuk makan dalam jumlah yang lebih sedikit adalah hal penting yang perlu dipahami. Salah satunya adalah makan dengan menggunakan peralatan yang kecil. Khususnya untuk piring alas makan anda.

Ketika ukuran piring kecil maka hal ini akan mencegah kita untuk mengambil makanan dalam jumlah yang banyak karena keterbatasan space yang ada pada piring. Maka dari itu, tidak ada salahnya merombak tempat makan kamu dan alas makan kamu demi kebaikan kamu sendiri.

Jika kamu terbiasa dengan alas makan ukuran besar maka beralihkan pada model dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan begini maka kamu pun akan bisa mengontrol sejumlah makanan yang kamu asup kedalam tubuh kamu. Karena luas pada piring akan tentu membuat kamu secara otomatis mengambil makanan dengan porsi yang lebih sedikit.

Gunakan Piring yang Lebih Ringan

Menggunakan piring atau alas makan dengan massa yang terlalu berat akan sulit untuk kamu mengontrol seberapa banyak dan seberapa besar asupan makanan yang kamu masukkan kedalam tubuh. Hal inilah yang seringkali membuat kegagalan diet terjadi sebab kamu sendiri tidak menyadari porsi dan takaran makanan yang kamu santap.

Nah, untuk mengatasi permasalahan semacam ini maka kamu bisa beralih dengan menggunakan piring yang lebih ringan. Sehingga demikian, akan lebih mudah untuk kamu menyadarkan diri kamu tentang seberapa banyak makanan yang sudah kamu ambil. Piring yang ringan akan tentu mudah membuat kamu merasakan berat sehingga kamu pun akan cenderung makan dengan jumlah yang lebih sedikit.

Beberapa piring dengan berat yang ringan biasanya dibuat dari material plastik atau material melamin. Hanya saja, tetap perhatikan keamanan dari material yang digunakan. Agar kamu pun tetap bisa menjaga keamanan dari peralatan makan yang kamu gunakan. Apalagi bila alas makan tersebut digunakan secara berulang.

Potong Makanan dalam Beberapa Bagian

Terkadang kita sering menyepelekan makanan hanya karena dari ukuran atau porsinya yang kecil. Sehingga demikian, mudah sekali untuk kita menambah porsi dari makanan tersebut tanpa memperhitungkan kandungan didalam makanan yang kita konsumsi.

Nah, untuk menghindari masalah semacam ini maka sebaiknya potong-potong makanan menjadi beberapa bagian. Karena dengan begini maka makanan akan nampak terlihat lebih banyak.

Ketika melihat takaran makanan dalam porsi dengan banyak potongan maka kamu pun akan cenderung berpikir ulang untuk menambah makanan atau mungkin menghabiskan makanan yang sudah kamu pisahkan. Karena mata kamu sendiri melihat jumlah tersebut sudah begitu banyak. Hal ini akan tentu membantu kamu untuk makan dalam jumlah yang sedikit namun tetap merasa kenyang.

Maka dari itu, siapkan media pemotong yang bisa dibawa kemana-mana sehingga memudahkan kamu untuk bisa memotong makanan kamu kapanpun kamu inginkan. Agar demikian, beban diet kamu pun terasa lebih ringan saat kamu mampu menyadari dan mengontrol porsi makan kamu dengan lebih baik.

Hindari Makan Sambil Menonton

Menyiapkan makanan untuk menonton sesuatu tayangan memang telah menjadi kebiasaan yang banyak dipraktikan banyak orang. Saking seringnya, banyak orang akan merasa ketidak lengkapan saat mereka tidak menyiapkan makanan atau cemilan ketika akan menonton sebuah tayangan. Baik itu tayangan layar lebar maupun hanya sekedar menonton televisi di rumah.

Namun tanpa disadari kebiasaan semacam inilah yang mampu memicu kenaikan berat badan yang besar. Karena makan sambil menonton membuat kita sulit mengontrol sejumlah makanan yang kita konsumsi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ketika terdapat distraksi maka otak akan kesulitan mencerna rasa kenyang. Sebab tayangan membuat otak mengasosiasikan antara makan dengan tayangan. Alhasil kita pun akan sulit merasa kenyang karena tidak fokus pada makanan sendiri.

Nah, untuk itulah hindari menyantap makanan pada saat akan menonton. Atau habiskan makanan anda sebelum menonton tayangan baru kemudian setelah selesai makan maka anda bisa mulai duduk didepan layar dan saksikan apa yang ingin anda tonton.

Dengan begini tidak ada alasan untuk anda bisa memicu kenaikan berat badan yang besar. Selain itu, hal ini pun akan tentu baik untuk anda mengontrol berat badan anda agar tidak melambung tinggi dan terus menerus stress karenanya.

Hindari Menonton Film dengan Genre Horror

Genre dari sebuah tayangan pun biasanya akan dapat mempengaruhi kenaikan berat badan seseorang. Apalagi untuk kamu yang punya kebiasaan ngemil selagi nonton. Genre film yang harus dihindari agar kamu tidak memberikan sumbangan kenaikan berat badan yang besar adalah film horror. Hal ini dikarenakan film bergenre horror atau action akan cenderung membuat penonton makan dalam jumlah yang lebih banyak.

Kondisi ini bisa terjadi karena ketegangan yang terjadi selama menyaksikan film dengan dua genre ini atau rasa penasaran yang dimiliki tentang alur cerita seringkali membuat tubuh kita secara tidak sadar ingin melakukan sesuatu selagi 'menunggu' hal-hal yang tidak terduga terjadi dalam film tersebut.

Atau bisa jadi, kebiasaan ngemil lebih banyak disebabkan karena ketegangan yang kita miliki pada saat menyaksikan tayangan tersebut. Sehingga untuk mengurasi rasa tegang tersebut maka tubuh butuh suatu ‘kegiatan’ untuk mengurasi perasaan tersebut.

Maka dari itu, ngemil dalam jumlah yang lebih banyak biasanya cenderung lebih sering dilakukan pada saat nonton film horror atau action dibandingkan dengan menonton acara yang lebih santai seperti talkshow dan lain sebagainya. Inilah pula yang menjadi jawaban pop corn di bioskop cenderung lebih laku ketika tontonan yang ditayangkan adalah sesuatu yang menegangkan.

Hindari Belanja Saat Perut Lapar

Cara lain yang akan dapat dilakukan untuk mengurangi porsi makan adalah menghindari berbelanja dalam keadaan perut kosong. Hal ini dikarenakan berbelanja tergolong kedalam kegiatan yang penuh dengan tantangan untuk mereka yang sedang menjalankan diet. Pasalnya, ketika belanja ada banyak hal yang menggoda untuk dinikmati. Semarak makanan dengan tampilan yang menggoda selera seringkali menggoyah iman.

Oleh karenanya, untuk menghindari agar tidak tergoda dengan aneka hal sewaktu berbelanja maka penting sekali untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum anda berbelanja. Apapun bentuknya, baik itu berbelanja ke pasar ataupun ke supermarket.

Karena perut yang kososng saat berbelanja akan cenderung membuat kita ingin makan makanan dengan kandungan gula dan kalori yang lebih banyak. Apalagi setelah seharian penuh berbelanja makanan makanan apa saja yang ada di foodcourt akan tentu menggoda kamu untuk datang ke sana dan menikmati makanan yang seharusnya kamu hindari.

Makan dengan Perlahan dan Kunyah dengan Baik

Terkadang seseorang yang terus menerus merasa lapar seringkali dengan mudah terus menerus mengisi perut mereka dengan aneka makanan yang ada. Padahal otak butuh sekitar 10 sampai dengan 20 menit untuk menyadari bahwa perut kita sudah kenyang. Jadi demikian, tak peduli apapun yang kamu makan maka makanlah dengan perlahan.

Selain itu, kunyah pula dengan perlahan sampai benar-benar halus. Sebab mengunyah dengan waktu yang lama akan juga membantu perut merasa kenyang dengan lebih cepat. Sebaliknya, makan terlalu cepat hanya akan membuat kamu mengembangkan perut yang buncit. Sistem pencernaan kamu pun akan terganggu ketika kamu makan dalam waktu yang amat singkat.

Hal ini dikarenakan sistem pencernaan kita dalam tubuh bekerja dengan cukup lambat. Sehingga memaksakan makanan ketika makan dalam waktu yang cepat akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan dua kali lebih keras. Maka dari itu, hal ini akan mungkin menyebabkan begah dan perasaan sakit pada perut meski tidak ingin buang air.

Maka dari itu, cobalah makan dengan perlahan dan nikmati betul apa yang kamu konsumsi. Dengan begini kamu akan terhindar dari resiko makan apa saja dalam waktu bersamaan. Yang mana hal ini tentu akan dapat berpotensi menaikan berat badan kamu dengan cepat.

Minum 1-2 Gelas Air Sebelum Makan

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindari makan dalam jumlah yang banyak adalah dengan minum air putih sebelum makan. Asupan air putih yang banyak akan cukup memberikan perut perasaan yang kenyang. Sehingga kamu pun akan cenderung makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Sebab air putih yang kamu konsumsi sudah mengisi sebagian ruang dalam perut kamu.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan untuk menghindarkan kamu dari makan berlebihan yang mana hal ini akan  tentu dapat memicu kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Untuknyalah, siapkan sebuah gelas dengan ukuran yang sedang dan isikan dengan air putih kedalamnya. Lalu minumlah air sebelum kamu makan sebanyak 1 sampai dengan dua gelas.

Kemudian tunggu sesaat dan dijamin kamu sendiri akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Namun demikian, perut kamu tidak akan tersiksa dengan rasa lapar yang besar. Namun sebaliknya, karena sebagian ruang didalam perut kamu sudah terisi dengan air putih maka kamu akan cepat merasa kenyang.

Makan Sepiring Salad 10 Menit Sebelum Makan

Sama halnya dengan air putih, cara lain yang akan membantu kamu untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit pada saat makan namun tetap membuat kamu merasa kenyang adalah dengan konsumsi salad minimal 10 menit sebelum makan utama. Asupan makanan sehat seperti sayur dan buah dari salad adalah asupan yang baik meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Hal ini  tentunya berbeda dari mengkonsumsi makanan biasanya yang kandungan didalamnya belum tentu sehat. Asupan salad yang memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang cukup akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Maka dari itu, tidak ada salahnya sisakan waktu dan isi terlebih dahulu perut kamu dengan makanan sehat seperti salad.

Yang dimaksud salad disini tidak perlu melulu hidangan sayur, kamu pun bisa mengkonsumsi salad buah yang lebih segar dengan rasa yang lebih enak. Hanya saja, perhatikan pula kandungan yang kamu tambahkan kedalam salad jangan sampai bahan-bahan tambahannya adalah bahan-bahan yang kurang sehat yang tentu saja memicu kenaikan berat badan.

Jangan Melewatkan Waktu Makan

Tidak sedikit para pelaku diet berasumsi bahwa dengan melewatkan waktu makan maka penurunan berat badan akan terjadi dengan lebih cepat. Namun persepsi semacam ini adalah kekeliruan yang besar yang sebaiknya tidak dijadikan mindset yang sehat untuk diet yang kamu jalani saat ini.

Melewatkan makan memang membuat kamu mengurangi asupan makanan dalam jumlah tertentu. Namun rasa lapar yang kamu tahan malah akan menjadi boomerang yang membuat kamu semakin ingin melampiaskan hasrat makan di jam makan berikutnya.

Akibatnya, alih-alih mengurangi sejumlah asupan makan tertentu hal ini malah membuat kamu tidak bisa mengendalikan diri kamu sebab rasa lapar yang sudah tidak tertahankan akibat melewatkan jam makan. Salah satu contohnya adalah waktu sarapan yang dianggap sebagai hal yang sepele sehingga tidak sedikit orang yang diet melewatkan waktu ini.

Meski melewatkan sarapan membuat kamu mengurangi sejumlah asupan makanan kedalam tubuh. Namun hal ini akan cenderung membuat kamu balas dendam dan melampiaskan hasrat lapar kamu pada saat makan siang. Akibatnya, sejumlah makanan dengan kandungan yang tidak jelas akan memicu kenaikan berat badan yang besar.

Demikianlah beberapa tips mensiasati makan dalam porsi yang berlebihan untuk membantu beban diet yang tidak terlalu besar. 

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)