Tips Makan Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Obesitas - Memiliki berat badan yang ideal adalah  dambaan setiap orang. Memiliki berat badan yang ideal selain dapat meningkatkan rasa percaya diri juga baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita, selain itu akan membuat kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan karena kegemukan. Itulah mengapa, banyak orang dengan berat badan yang berlebih memiliki keinginan yang besar untuk menurunkan berat badannya.

Obesitas merupakan kondisi kronis yang disebabkan karena tingginya tumpukan lemak pada tubuh. Obesitas terjadi disebabkan karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan aktivitas kita untuk membakar kalori. Hal ini menyebabkan penumpukan kalori yang berlebih dalam bentuk lemak. Jika dalam waktu yang lama kondisi ini terus terjadi akan dapat membuat bertambahnya berat badan sehingga mengalami masalah obesitas.

Baca Juga:

Agar terhindar dari masalah obesitas, maka sangat penting untuk memperhatikan pola makan yang anda terapkan sehari-hari. Bagaimanapun juga, pola makan kita akan dapat mempengaruhi berat badan. Dimana berat badan yang tidak terkendali dapat menyebabkan obesitas. Nah, agar terhindar dari obesitas, serta masalah kesehatan lainnya yang dapat terjadi disebabkan karena obesitas, simak beberapa tips makan sehat di bawah ini.

Tips Makan Sehat Untuk Mencegah Terjadinya Obesitas

Tips-makan-sehat-untuk-mencegah-obesitas-1.jpg

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan obesitas. Selain karena faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat, seperti malas bergerak atau malas melakukan aktivitas, kebiasaan pola makan yang tidak sehat pun dapat menyebabkan obesitas. Banyak orang yang mengalami masalah obesitas karena kebiasaan makan yang tidak sehat.

Kebiasaan makan yang diterapkan memiliki hubungan dengan berat badan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan makannya tersebut tidak sehat, namun ada juga yang menyadarinya namun mereka mengabaikan hal tersebut. Jika terus menerus menerapkan kebiasaan makan yang tidak sehat, maka berat badan tidak akan terkendali sehingga akan mengalami obesitas yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. ( Baca juga : Cara Mengurangi Nafsu Makan Untuk Menurunkan Berat Badan )

Untuk menghindari risiko berbagai penyakit yang disebabkan karena obesitas, maka sudah sebaiknya anda menerapkan pola makan yang sehat dan tepat. Nah, untuk mencegah obesitas, berikut ini beberapa tips makan sehat yang dapat anda terapkan.

Pilih Jenis Makanan Sehat

Makanan enak bukan berarti makanan sehat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Memilih makanan sehat adalah langkah yang paling dasar untuk mencegah naiknya berat badan serta masalah obesitas. Makanan sehat yang dimaksud yaitu makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak. Selain makanannya yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan cara mengolahnya supaya kandungan nutrisi pada makanan tersebut tidak hilang. Beberapa jenis makanan sehat yang dapat anda pilih yaitu buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, telur, daging sapi tanpa lemak dan daging ayam.

Cara mengolahnya harus anda perhatikan. Misalkan tidak merebus sayuran dalam waktu yang lama, memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak yang tidak terlalu banyak, memilih bahan makanan yang masih segar dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya anda menghindari beberapa makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan obesitas.

Hindari Makan dengan Berlebihan

Selain jenis makanan yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan porsi atau jumlah makanan yang anda konsumsi. Makan dalam porsi yang berlebihan akan membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh anda tidak akan terpakai dengan maksimal.

Nah, perlu anda ketahui kalori yang berlebih pada tubuh akan menyebabkan timbunan lemak, menaikan berat badan serta membuat risiko obesitas meningkat. Oleh karena itu, atur juga porsi makanan yang anda konsumsi. Hindari makan terlalu banyak jika anda tidak mengimbanginya dengan aktivitas yang sesuai.

Hindari Tidur Setelah Makan

Kebiasaan tidur setelah selesai makan masih banyak dilakukan. Padahal sebenarnya tidur setelah makan tidak baik untuk kesehatan, dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan menyebabkan berat badan naik. Hal ini disebabkan karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak digunakan dengan maksimal, sehingga akan menyebabkan lemak menumpuk dalam tubuh. Alih-alih tidur, setelah makan sebaiknya anda melakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Tidak bisa dipungkiri setelah makan biasanya kita langsung mengantuk. Hal ini disebabkan karena anda makan dalam porsi yang terlalu banyak yang membuat perut anda kenyang. Nah, untuk mencegah kantuk setelah makan, sebaiknya anda memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi.

Perhatikan Cemilan yang Anda Konsumsi

Tips-makan-sehat-untuk-mencegah-obesitas-2.jpg

Di luar jam makan, kebiasaan ngemil memang sering dilakukan. Anda boleh-boleh saja ngemil namun harus memperhatikan cemilan yang anda konsumsi.

Ketika anda merasa lapar padahal belum waktunya jam makan, anda dapat ngemil. Perlu anda ketahui, untuk mencegah masalah obesitas anda harus makan sesuai pada waktunya, bukan saat anda benar-benar sedang lapar atau perut masih dalam keadaan kenyang.

Dengan ngemil dapat menunda lapar yang anda rasakan, serta energi tubuh akan kembali terisi. Meskipun anda boleh ngemil, anda harus memperhatikan jumlah cemilan yang anda konsumsi. Jangan makan cemilan dalam jumlah yang banyak, terutama cemilan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi.

Anda harus memilih cemilan dengan tepat. Jangan sampai karena anda ngemil kalori yang masuk ke dalam tubuh anda melebihi batas yang disarankan. Banyak cemilan sehat yang dapat anda pilih. Salah satu cemilan sehat yang akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama yaitu snack kedelai.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan dengan mengonsumsi kedelai sebagai cemilan akan dapat mengontrol nafsu makan. Selain itu, makan kedelai sebagai cemilan juga akan membantu membuat suasana hati, serta fungsi kognitif otak meningkat.

Jangan Makan Terburu-Buru

Tips makan sehat lainnya untuk mencegah masalah kegemukan yaitu bagaimana cara anda makan. Ketika makan anda harus lebih fokus dan tenang menyantap makanan yang telah disajikan. Ini dilakukan supaya anda dapat mengunyah makanan lebih baik, serta mengetahui kapan waktu yang tepat untuk anda menyudahi makan.

Anda harus menghindari berbagai hal dan kegiatan yang akan mengganggu konsentrasi anda ketika makan. Beberapa kegiatan yang dimaksud di antaranya yaitu mengobrol, main hp atau menonton televisi.

Makan Tepat Pada Waktunya

Anda akan makan lebih banyak dibandingkan biasanya karena nafsu makannya yang tinggi. Hal ini akan terjadi apabila anda  tidak makan tepat pada waktunya seperti melewatkan waktu sarapan atau menunda makan ketika waktunya sudah tiba.

Anda harus makan sesuai dengan waktunya jika tidak ingin makan dengan berlebihan dan menyebabkan kenaikan berat badan. Pada waktunya sarapan, anda harus menyempatkan sarapan untuk mengisi perut anda yang kosong. Ketika waktunya jam makan siang, maka makanlah. Sebaiknya tunda terlebih dahulu aktivitas atau kegiatan di saat jam makan siang.

Kelola Stres dengan Baik

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Stres tentunya tidak baik untuk kesehatan, maka untuk menghindari dampak buruknya kita harus dapat mengelola stres dengan baik. Nah, salah satu dampak buruk stres yaitu meningkatnya hormon kortisol. Dimana hormon kortisol itu sendiri merupakan hormon yang akan dapat membuat nafsu makan meningkat.

Oleh karena itu, seseorang yang stres biasanya lebih mudah merasa lapar dan tidak bisa menghindari ngemil. Anda dapat mengelola stres dengan baik dengan beribadah, melakukan aktivitas di luar ruangan, rekreasi dan melakukan kegiatan yang anda senangi.

Batasi Asupan Gula

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula akan memicu masalah kesehatan  seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker. Untuk memperbaiki pola makan, anda harus meminimalkan asupan gula. Tidak hanya itu, anda juga harus menghindari mengonsumsi kalori cair yang didapatkan dari aneka minuman seperti jus buah dalam kemasan, soda, serta minuman berenergi karena akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan serta risiko mengalami obesitas akan meningkat.

Selain memperhatikan pola makan sehat, untuk terhindar dari obesitas anda juga dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan mencukupi waktu tidur dan melakukan beberapa jenis kardio. Berikut ini penjelasannya.

  • Mencukupi waktu tidur. Tidur dalam waktu yang cukup sangat penting untuk membuat berat badan stabil. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa seseorang yang tidak tidur dalam waktu yang cukup lebih mungkin mengalami kegemukan dibandingkan dengan mereka yang selalu mencukupi waktu tidurnya. Tidak hanya waktu tidur saja, asupan air putih dapat mempengaruhi kenaikan berat badan. Oleh karena itu, disarankan anda untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya.
  • Melakukan kardio. Olahraga kardio seperti misalkan bersepeda, joging atau jalan kaki akan dapat membantu membakar kalori dan membuat mental, serta fisik lebih sehat. Selain itu, melakukan olahraga kardio juga sudah terbukti dapat membuat risiko penyakit jantung berkurang, serta berat badan berkurang. ( Lihat juga : Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan )

Dampak Buruk Obesitas

Tips-makan-sehat-untuk-mencegah-obesitas-3.jpg

Sangat penting menerapkan pola makan yang sehat untuk menghindari masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Pasalnya, obesitas akan dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang lainnya. Penasaran apa saja dampak buruk yang terjadi akibat obesitas? Berikut ini beberapa bahaya dari obesitas atau kelebihan berat badan apabila tidak segera diturunkan yang dapat mengintai anda.

Diabetes Melitus

Banyak penderita diabetes memiliki kelebihan berat berat badan atau obesitas. Salah satu dampak buruk dari obesitas yaitu dapat merubah sifat sel sampai menyebabkan rusaknya hormon insulin, serta tidak dapat mendeteksi gula pada darah. Apabila kondisi ini terus menerus terjadi maka tidak akan menutup kemungkinan anda mengalami masalah diabetes melitus tipe 2.

Tekanan Darah Tinggi

Dambak buruk obesitas selanjutnya yaitu akan mempengaruhi tekanan darah. Pada saat ukuran tubuh semakin membesar, maka akan meningkatkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena jantung akan dengan lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh. Jika bahaya obesitas yang satu ini tidak dicegah dengan segera, maka akan dapat menyebabkan komplikasi serta masalah kesehatan lainnya yang lebih serius seperti penyakit stroke dan jantung.

Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan karena sel abnormal pertumbuhannya tidak terkendali pada tubuh. Dimana pertumbuhan sel abnormal akan dapat menyebabkan rusaknya sel normal yang terdapat di sekitar serta bagian tubuh yang lainnya. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian, sebab pada awal perkembangan tidak menimbulkan gejala, dan biasanya akan terdeteksi ketika penyakit kanker mencapai stadium lanjut.

Nah, salah satu dampak buruk obesitas yaitu dapat menyebabkan penyakit kanker. Menurut para ahli menduga, bahwa terlalu banyaknya sel-sel lemak dalam tubuh akan melepaskan hormon yang dapat membuat pertumbuhan sel kanker terpengaruh dalam tubuh. Terutama sel kanker payudara, endometrium, kolon, ginjal dan kandung kemih.

Penyakit Jantung

Mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak kelebihan berat badan. Pasalnya masalah obesitas akan dapat menyebabkan tingginya tekanan darah, kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Dimana kondisi-kondisi ini akan membuat kerja jantung bebannya semakin bertambah. Sehingga dengan begitu jantung harus bekerja lebih keras. Lama kelamaan kondisi ini akan dapat membuat kegagalan terhadap fungsi jantung.

Penyakit Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana berhentinya aliran darah ke otak sehingga menyebabkan matinya sel-sel otak. Obesitas akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Kondisi tekanan darah tinggi ini lama kelamaan akan dapat memicu pembuluh darah pecah.

Dimana ketika pembuluh darah pecah maka akan dapat menyebabkan terbentuknya gumpalan darah sehingga pembuluh darah untuk membawa darah ke otak akan terhalang.

Osteoarthritis

Dambak buruk obesitas yang lainnya yaitu akan dapat menyebabkan Osteoarthritis. Osteoarthritis itu sendiri merupakan masalah yang terjadi pada persendian yang akan menyebabkan rasa kaku dan sakit. Obesitas dan kelebihan berat badan akan banyak memberikan tekanan pada sendi, serta tulang rawan.

Kondisi ini lama kelamaan akan dapat menyebabkan melemahnya sendi serta tulang rawan, akibatnya persendian akan mengalami osteoarthritis. Selain itu, orang dengan masalah obesitas juga lebih rentan mengalami masalah peradangan. Begitupun dengan peradangan yang terjadi pada sendi yang akan membuat osteoarthritis lebih mudah dialami.

Sleep Apnea

Orang yang mengalami obesitas di bagian lehernya akan menyimpan lebih banyak lemak. Jika lemak semakin banyak, maka akan membuat saluran udara semakin menyempit sehingga akan menyebabkan orang yang mengalami obesitas kesulitan bernapas, serta menjadi lebih mudah mendengkur atau menyebabkan berhentinya napas dalam waktu singkat atau dikenal dengan sebutan sleep apnea. Sleep apnea itu sendiri merupakan gangguan tidur serius, dimana sering berhentinya pernapasan selama tidur.

Menstruasi Menjadi Tidak Teratur

Menstruasi yang tidak teratur disebabkan karena hormon yang tidak seimbang. Dimana hormon yang tidak seimbang dapat dipicu karena masalah obesitas. Lemak yang berlebih pada tubuh akan mempengaruhi kinerja hormon sehingga fungsinya tidak normal.

Selain beberapa masalah kesehatan tersebut, kelebihan berat badan juga akan dapat menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Remaja dengan berat badan yang berlebih cenderung mengalami masalah sosial dan psikologis sehingga menyebabkan mereka tumbuh menjadi seseorang yang tidak percaya diri.

Mengetahui dampak buruk yang disebabkan karena obesitas, sangat penting untuk menjaga supaya berat badan anda tetap normal. Anda dapat memulainya dengan menerapkan pola makan yang sehat seperti beberapa tips yang kami berikan untuk anda seperti di atas, serta menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, anda dapat berkonsultasi pada dokter mengenai masalah obesitas dan pencegahannya.

Demikian beberapa tips makan sehat untuk mencegah obesitas serta beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat obesitas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...