Tips Memilih Obat Kumur yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting dilakukan setiap harinya. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit dan keluhan yang dapat merusak gigi dan mulut. Namun untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut maka tidak cukup hanya dengan menyikat gigi saja, obat kumur jadi bahan pendukung untuk menyempurnakan perawatan sehari-hari. Beberapa kondisi yang disarankan untuk menggunakan obat kumur yakni saat gigi ber-plak, adanya radang dan sariawan.

 Obat kumur pada dasarnya adalah cairan yang digunakan untuk berkumur-kumur setelah selesai menyikat gigi. Obat kumur digunakan untuk menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut. Tidak hanya itu, penggunaan obat kumur juga berfungsi untuk mencegah gigi berlubang, membersihkan sisa makanan dari sela gigi, merontokan plak dan karang gigi. Dengan begitu, mulut akan terasa lebih segar sehingga bisa menyembunyikan bau mulut dan rasa tidak enak yang merupakan pertanda gigi berlubang, radang gusi, gigi berlubang, sakit gigi dan lain-lain.

Baca Juga:

Hanya saja, dalam memilih obat kumur yang akan digunakan sebaiknya anda tidak sembarang memilih atau memilih produk dengan rasa favorit anda. Harus ada pengujian terlebih dahulu sebelum anda memutuskan akan menggunakan obat kumur tersebut dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, jika anda tidak mengalami gangguan mulut tertentu pada rongga mulut, sebaiknya pilihlah obat kumur dengan kandungan berikut ini yang tertera dalam label obat obat kumur.

1. Kandungan Astringents

Bahan seperti zinc chloride dan citric acid dapat memberikan rasa yang nyaman, enak dan mengerutkan jaringan dalam rongga mulut sehingga akan memuculkan rasa yang nyaman sewaktu anda menggunakannya.

2. Fluoride

Kandungan fluoride yang ada pada obat kumur akan mampu melawan kerusakan pada gigi dengan cara meningkatkan lapisan enamel atau mahkota gigi sehingga pengikisan gigi bisa anda hindari.

3. Tanpa Alkohol

Beberapa obat kumur yang banyak dijual bebas dipasaran sebagian besar memiliki kandungan alkohol. Namun, untuk anda yang tidak mengalami gangguan berarti pada rongga mulut serta giginya, sebaiknya pilihlah obat kumur dengan kandungan tanpa alkohol agar tidak menimbulkan sensasi tertentu, seperti misalkan rasa panas seperti terbakan dalam rongga mulut.

4. Antiplaque

Kandungan Antiplaque atau anti-plak akan membantu melepaskan plak dari gigi dan permukaan gigi bahkan yang terdapat dibagian sela-sela gigi. Garis gusi merupakan suatu daerah pertemuan antara gusi dan bagian terbawah dari mahkota gigi.

Demikian beberapa tips memilih obat kumur yang baik. Dengan demikian pastikan jika anda memilih obat kumur dengan kandungan seperti diatas yang terdapat pada label kandungan pada obat kumur.

Loading...

Loading...