Sebagai negara tropis, pada dasarnya Indonesia memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim hujan. Untuk menyesuaikan diri dengan kedua musim tersebut, tentunya anda pun perlu menyesuaikan gaya berpakaian dengan musim yang sedang berlangsung. Ketika cuaca panas, cara berpakaian tentu akan menjadi tantangan. Lain halnya pada saat musim hujan dimana pakaian akan tidak terlalu sulit untuk dipikirkan. Anda cukup mengenakan pakaian yang tebal dan panjang maka anda akan terhindar dari kedinginan.

Lain halnya pada saat musim panas, pakaian yang terlalu pendek memang terasa nyaman, sayangnya untuk aktivitas di luar ruangan maka mungkin kulit tubuh anda akan berisiko terbakar dengan panas matahari. Sementara itu, menggunakan baju yang panjang dan tertutup akan pula membuat rasa panas semakin berat dirasakan. Untuknya, menyesuaikan pakaian pada saat musim panas menjadi hal penting untuk diperhatikan dengan baik.

Baca Juga:

Lantas seperti apa memilih outfit yang tetap terlihat menarik dan terasa nyaman pada saat musim panas? Di bawah ini adalah informasi yang akan dapat anda simak dengan baik.

tips-berpakaian-di-musim-panas.jpg

Tips Memilih Outfit Saat Musim Panas Agar Tetap Merasa Nyaman

Mengenakan pakaian yang cocok pada saat musim panas tentu dapat mempengaruhi mood atau suasana hari dan kelancaran dalam menjalani aktivitas pada hari yang bersangkutan. Sebaliknya, ketika anda salah dalam memiliki kostum atau outfit anda akan justru merasakan ketidak nyamanan dan membuat anda terganggu. Aktivitas yang dijalani menjadi tidak nyaman sebab keringat dari tubuh anda terus menerus bercucuran. Hal ini pun akan tentu membuat penampilan anda menjadi berantakan karena anda nampak lusuh dengan cucuran keringat.

Sebuah pakar kesehatan terkemuka di Australia menjelaskan bahwa pemilihan pakaian yang cocok untuk cuaca panas menjadi hal penting untuk diperhatikan dengan baik. Sebab selain menjadi pelengkap estetika, pakaian punya fungsi untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Lebih dari itu, pakaian akan mempengaruhi seberapa baik udara di kulit yang dapat bersirkulasi dengan baik serta memungkinkan panas dan  keringat yang menguap.

Lalu seperti apa tips memilih outfit saat musim panas? Informasinya akan dapat anda simak di bawah ini.

Perhatikan Bahan Pakaian

Ada banyak model dan jenis pakaian yang dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari wol, katun. Nilon, linen, sutra, polyster dan lain sebagainya. Pada saat musim panas, pemilihan jenis bahan pada pakaian yang anda kenakan menjadi hal penting untuk senantiasa diperhatikan dengan baik. Jangan karena model dari sebuah pakaian nampak menarik dan mewah untuk dikenakan lantas anda tergoda untuk menggunakannya menemani aktivitas anda di musim panas.

Percayalah kesalahan dalam memilih jenis pakaian yang anda kenakan di waktu musim panas akan membuat anda menyesal memilih jenis bahan pakaian tersebut. Cucuran keringat yang tidak mampu diserap dengan baik oleh kain pakaian yang anda kenakan akan mungkin membuat baju anda nampak basah dan ini akan tentu mengurangi rasa percaya diri anda.

Selain itu, jenis pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik akan rentan membuat anda terkena dengan bau badan yang mana oranglain mungkin menciumnya. Percayalah, ini akan sangat merepotkan dan mengurangi rasa percaya diri anda. Untuknya perhatikan dengan baik pemilihan kain untuk pakaian yang anda kenakan.

Adapun rekomendasi jenis kain yang aman digunakan pada saat musim panas diantaranya adalah pakaian dari bahan katun dan linen. Jenis bahan ini punya sifat yang mampu membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik. Selain itu, bahan kain ini pun  mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Sebaliknya, anda perlu menghindari beberapa pakaian dari jenis polyster, sutra atau wol. Sebab bahan ini rentan membuat anda kepanasan dan tidak punya daya serap yang baik.

Perhatikan Ketebalan Pakaian

Selain jenisnya, ketebalan dari pakaian pun perlu menjadi perhatian yang baik untuk anda pertimbangkan.  Apalagi pada saat musim panas dimana suhu udara sangat tinggi akan membuat sensasi panas semakin terasa. Bila anda menggunakan pakaian yang tebal dan berbulu maka hal ini akan semakin membuat anda merasa tidak nyaman.

Ketebalan yang terlalu besar pada pakaian yang dikenakan akan merangsang rasa panas dalam tubuh anda. Ketika hal ini bereaksi dengan suhu dari matahari di musim panas maka produksi keringat dalam tubuh anda akan semakin banyak. Selain itu, pakaian tebal dengan aksen bulu malah akan membuat keringat yang ada dalam tubuh anda terasa tidak nyaman.

Anda mungkin rentan merasakan gatal ketika keringat anda membasahi tubuh dan mengenai bulu-bulu pada pakaian anda. Untuknya, perhatikan dengan baik permasalahan yang satu ini agar jangan sampai kesalahan memilih pakaian pada saat musim panas membuat anda tidak nyaman sewaktu melakukan aktivitas harian. Apalagi jika aktivitas tersebut bersifat penting.

Pertimbangkan Warna Pakaian

Siapa mengira jika warna pakaian akan pula mempengaruhi kenyamanan seseorang sewaktu berpakaian terutama pada saat musim panas. Selama ini kita mungkin hanya memilih warna pakaian berdasarkan dengan suasana hati kita. Akan tetapi, pada saat musim panas sebaiknya perhatikan pemilihan warna pakaian yang anda kenakan.

Sebaiknya kenakan warna-warna pakaian yang terang ketika anda menghadapi musim panas agar tetap merasa nyaman dengan pakaian yang anda kenakan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pakaian dengan warna-warna yang terang akan dapat memantulkan cahaya sementara pakaian dengan warna yang gelap akan dapat menyerap cahaya. Itulah mengapa berpakaian terang akan terasa lebih nyaman dan menghindarkan anda dari kegerahan.

Adapun beberapa warna yang bisa anda kenakan di musim panas diantaranya adalah warna putih, dusty pink, light blue dan masih banyak lagi. Sementara itu, hindari menggunakan pakaian dengan warna hitam, coklat dan warna-warna gelap lainnya agar anda tetap merasa nyaman.

Hindari Penggunaan Pakaian Ketat

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik untuk anda yang ingin tetap merasa nyaman berpakaian pada saat musim panas adalah dengan memperhatikan ukuran pakaian. Bila anda terbiasa dengan pakaian yang pas dibadan atau mungkin pakaian yang ketat. Sebaiknya selama musim panas hindari penggunaan pakaian semacam ini. Pakaian yang ketat akan membuat sirkulasi di dalam kulit anda sulit berjalan dengan baik karena ukuran pakaian yang terlalu mengekang.

Selain itu, pakaian ketat umumnya menimbulkan gesekan pada kulit antara kulit bersama dengan  pakaian. Ketika hal ini terjadi dan anda berkeringat yang dikhawatirkan anda kulit anda mengalami lecet dan ruam yang akan terasa tidak nyaman. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah pakaian yang nyaman dari bahan yang sejuk dan juga membuat anda terasa bebas mengenakannya.

Dampak lain dari mengenakan pakaian yang terlalu ketat adalah ketika ada banyak produksi keringat dalam tubuh dan diserap oleh pakaian anda. Nantinya akan timbul noda bekas keringat dimana untuk perempuan hal ini akan cukup memalukan. Maka dari itu, perhatikan dengan baik permasalahan yang satu ini.

Perhatikan Model Pakaian

Tak hanya jenis kain yang penting untuk diperhatikan dengan baik akan tetapi permasalahan mengenai model pakaian pun menjadi faktor penting yang harus anda perhatikan. Hal ini dikarenakan model pakaian yang tepat akan pula memberikan kenyamanan untuk anda pada saat mengenakannya.

Jadi alih-alih menggunakan sweater akan lebih baik jika anda memilih menggunakan kaus yang nyaman yang akan membuat anda merasa lebih adem berada di dalamnya. Hindari pula mengenakan pakaian dengan lengan yang terlalu panjang dan menutup hampir seluruh bagian tubuh. 

Sebaliknya, anda bisa memilih menggunakan pakaian dengan lengan yang lebih pendek. Atau bila memang anda harus menggunakan pakaian berlengan panjang maka sebaiknya ketebalan dan jenis pakaian diperhatikan agar demikian penggunaan pakaian ini akan dapat menunjang kegiatan dan aktivitas harian anda dengan baik.

Pertimbangkan Penambahan Aksesoris

Selain baju dan celana penggunaan aksesoris memang seringkali dilibatkan untuk menjaga penampilan agar tetap stylish dan menarik. Nah, saat musim panas penggunaan aksesoris sebaiknya dipilih dari barang-barang yang punya manfaat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Karena pakaian terbuka yang digunakan akan tentu berisiko membuat kulit terbakar apabila anda tidak mampu memperhatikan masalah ini dengan baik.

Beberapa pemilihan aksesoris yang bisa anda gunakan untuk dipadukan bersama dengan outfit pada saat  musim panas diantaranya adalah topi yang menutup sebagian besar wajah dan melindungi bagian pundak. Kemudian kacamata yang akan dapat melindungi penglihatan anda. Hanya saja tentunya semua ini dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Sebagai tambahan aksesoris yang bisa anda kenakan adalah outer atau jaket yang akan melindungi kulit anda dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pilih jaket yang nyaman dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Saat ini apalagi ada banyak outer dari bahan yang nyaman yang bisa digunakan untuk melindungi kulit anda dengan baik.

Pakaian Untuk Dua Musim

Membagi pakaian untuk dua musim mungkin akan sedikit menguras kantong anda. Belum lagi, keterbatasan lemari pakaian untuk menampung pakaian berdasarkan musim akan mungkin membuat anda merasa sedikit terbebani dengan hal yang satu ini. Untuk itu, daripada anda kebingungan salah satu trik yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih pakaian untuk dua musim.

Misalkan jaket yang anda beli sebaiknya dipilih dari bahan yang tidak terlalu tebal sehingga anda  bisa menggunakannya untuk musim panas dan juga dibutuhkan pada saat musim hujan. Jenis jaket yang harus anda hindari pada saat anda membeli item yang satu ini adalah jaket dari bahan bulu yang tebal atau dari bahan rajut sebab pakaian ini ketika digunakan di musim panas akan membuat anda kepanasan.

Sementara itu, jenis jaket yang bisa dipilih adalah jaket kulit, jaket dari bahan kaos, katun dan lain sebagainya. Memperhatikan pemilihan jenis pakaian ini akan tentu memudahkan anda untuk memilih pakaian sehingga bisa digunakan di musim apa saja.

Tips Menghindari Keringat Berlebihan di Musim Panas

Selain memperhatikan pemilihan pakaian di atas, tidak dapat dipungkiri kalau pada saat musim panas dan suhu meningkat. Tubuh kita akan melepaskan keringat dengan tujuan untuk menurunkan temperatur internal dari dalam tubuh. Namun demikian, kondisi keringat yang diproduksi secara berlebihan akan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman. Belum lagi noda bekas keringat yang tertinggal pada pakaian akan mungkin membuat anda merasa tidak percaya diri sebab hal ini menimbulkan bau tidak sedap.

Nah, dari kondisi ini sebuah layanan kesehatan di Inggris NHS mempublikasikan beberapa tips untuk menghindari produksi keringat berlebihan pada saat gelombang panas melanda. Seperti apa saja tips tersebut? Mari kita simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Perhatikan Pola Makan

NHS menyarankan untuk menghindari produksi keringat secara berlebihan terutama pada saat musim panas adalah dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Penerapan pola makan menjadi hal penting untuk diperhatikan dengan baik untuk mencegah produksi keringat secara berlebihan. Diantaranya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan jenis makanan lainnya.

Selain alkohol makanan berasa pedas pun menjadi hal penting untuk diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan bereaksi meningkatkan suhu tubuh dimana hal ini akan tentu membuat anda kegerahan terjadi. Anda selama ini mungkin pernah mendapati keringat bercucuran saat menikmati makanan yang pedas.

Oleh karenanya, perhatikan dengan baik hal yang satu ini agar anda senantiasa memperhatikan pola makan yang anda asup ke dalam tubuh. Hindari jenis makanan di atas untuk menghindari produksi keringat secara berlebihan pada bagian tubuh anda.

Bantu dengan Pendingin Ruangan

Selain memperhatikan asupan makanan ke dalam tubuh membantu mendinginkan suhu badan dengan pendingin ruangan akan menjadi hal penting yang bisa anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan kipas angin atau AC untuk membuat suhu di ruangan menjadi lebih nyaman.

Dengan begini, produksi keringat akan menjadi berkurang sebab suhu di dalam ruangan yang rendah membuat otak memberikan sinyal pada tubuh untuk tidak memproduksi sejumlah keringat dalam jumlah yang berlebihan.

Selain kipas angin dan AC memperhatikan ventilasi ruangan yang cukup pun menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan ventilasi udara yang terjaga dengan baik akan menghindarkan ruangan yang terlalu pengap dan terasa tidak nyaman.

Ganti Alas Kaki

Hal lain yang juga mempengaruhi kenyamanan pada saat musim panas adalah penggunaan alas kaki. Hindari menggunakan alas kaki seperti sepatu bot pada saat musim panas. Karena jenis sepatu8u semacam ini membuat sirkulasi di bagian kaki berjalan tidak baik dan membuat bagian kaki menjadi lebih banyak memproduksi keringat. Akibatnya anda akan merasakan ketidak nyamanan pada saat anda melangkah.

Selain itu, produksi keringat yang berlebihan pada bagian kaki akan mungkin  menimbulkan aroma yang tidak sedap. Dan ini akan tentu mengurangi rasa percaya diri kita. Maka dari itu, perhatikan dengan baik agar jangan sampai permasalahan ini anda alami.

Sering-sering juga mengganti kaus kaki minimal 2 kali sehari atau sesuaikan dengan kebutuhan  anda. Bila anda adalah tipikal orang yang seringkali berkeringat maka anda bisa mengganti kaus kaki setiap hari.

Loading...

Loading...