Kesehatan gigi dan mulut memang seharusnya diperhatikan sejak dini oleh tiap orang. Karena gigi dan mulut yang sehat akan pula menjadi penunjang aktivitas anda sehari-hari. Salah satu upaya sederhana yang penting dilakukan dalam merawat kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi setiap hari.

Aktivitas membersihkan gigi dan mulut ini adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dan mencegahnya dari bakteri. Pada saat menyikat gigi, penggunaan pasta gigi seringkali dilibatkan sebagai media untuk mendukung agar menyikat gigi dapat lebih bersih. Ya, penggunaan pasta gigi menjadi hal yang lumrah belakangan ini.

Baca Juga:

Anda dan kita semua pasti punya pasta gigi pilihan masing-masing untuk membersihkan gigi kita. Baik itu, merek yang umum atau bahkan pasta gigi khusus yang dirancang untuk kondisi keluhan gigi yang dialami. Memilih pasta gigi memang tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Apalagi anda yang seringkali bergunta-ganti pasta gigi hanya karena ingin mencicipi rasa dari setiap pasta gigi berbeda atau dengan alasan adanya diskon besar-besaran terhadap pasta gigi yang anda pilih.

cara-memilih-pasta-gigi-yang-tepat.jpg

Fungsi Pasta Gigi

Memilih pasta gigi yang diformulasikan untuk keluhan gigi yang anda alami adalah hal penting yang perlu menjadi pertimbangan untuk anda. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari pasta gigi itu sendiri ada beragam manfaat yakni diantaranya adalah membasmi bakteri pada mulut dan gigi, menghilangkan plak gigi, menghilangkan aroma bau mulut sampai dengan reminalisasi gigi.

Pada dasarnya pasta gigi dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi gigi daritiap orang. hal ini dapat dilihat dengan adanya produk pasta gigi khusus seperti untuk gigi sensitif, pasta gigi khusus perokok sampai dengan pasta gigi yang tanpa kandungan deterjen. Nah, karena fungsi dan manfaatnya yang berbeda maka anda perlu memperhatikan hal tersebut dengan baik.

Tips Memilih Pasta Gigi yang Sesuai dengan Keluhan Gigi

Memilih pasta gigi yang baik sesuai dengan kebutuhan dan keluhan kondisi gigi kita menjadi hal penting untuk anda perhatikan dengan baik. Pasalnya jangan sampai kesalahan memilih jenis pasta gigi akan berdampak cukup signifikan terhadap kesehatan gigi anda. Untuknya, di bawah ini adalah beberapa tips memilih pasta gigi yang baik yang perlu anda perhatikan.

Pahami Sejumlah Kandungan Bahan Aktif Pada Pasta Gigi

Pasta gigi yang dijual di pasaran pada dasarnya mengandung sejumlah bahan aktif yang mungkin bagi kita orang yang awam akan sedikit sulit memahami apa saja makna atau fungsi dari kandungan bahan tersebut. Sementara itu, disisi lain memilih pasta gigi sesuai dengan kebutuhan menjadi hal penting untuk diperhatikan dengan baik. Oleh karenanya, penjelasan mengenai bahan aktif yang terdapat dalam pasta gigi tersebut dapat anda simak di bawah ini.

  • Bahan Abrasif

Bahan aktif pertama yang mungkin anda jumpai dalam kemasan pasta gigi yang sering anda beli di supermaket adalah pasta gigi berbahan abrasif. Jangan asal membeli jenis pasta gigi tatkala anda belum memahami betul apa sih sebetulnya fungsi dari bahan tersebut untuk gigi kita.

Nah, untuk bahan abrasif sendiri adalah pasta gigi yang punya kemampuan untuk menghilangkan plak dan noda yang ada pada gigi. Selain itu, bahan abrasif yang terdapat pada jenis pasta gigi ini bermanfaat untuk menghilangkan sisa bakteri dan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dan celah gigi. Adapun bahan komposisi pasta gigi yang bersifat abrasif diantaranya adalah silikat dan juga kalsium karbonat.

Anda yang punya keluhan dengan kehadiran plak atau noda pada gigi maka memilih pasta gigi dengan jenis ini bisa anda gunakan. Karena kehadiran plak dan noda pada gigi yang tidak segera di atasi akan bisa berdampak masalah terhadap kesehatan gigi dan mulut kita.

  • Fluoride

Dalam membeli sikat gigi anda tentu tidak asing mendengar istilah fluoride. Bahan ini adalah bahan yang punya fungsi untuk mencegah gigi berlubang. Meski hampir sebagian besar pasta gigi punya kandungan fluoride yang dapat bermanfaat mengatasi gigi berlubang namun sebaiknya jenis pasta gigi ini tidak diberikan pada anak-anak. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan gigi anak menjadi rapuh dan mudah keropos.

Anak-anak cukup diberikan pasta gigi yang memang dikhususkan untuk gigi anak-anak. Dimana biasanya kandungan bahan dan zat aktif yang disertakan di dalam pasta gigi ini sudah dirancang sehingga lebih aman digunakan oleh buah hati anda.

Namun demikian untuk anda yang memang bermasalah dengan gigi berlubang maka pilihan pasta gigi jenis ini akan menjadi pilihan yang baik dan pastikan temukan jenis sikat gigi dengan kandungan tambahan lainnya yang mampu mendukung penanganan terhadap gigi berlubang menjadi lebih baik.

  • Humektan

Bahan aktif lain yang ada pada pasta gigi yang mungkin sering anda gunakan adalah bahan humektan. Senyawa ini punya fungsi untuk menjaga tekstur gigi agar tidak cepat kering. Pada beberapa merk pasta gigi ternama bahan ini seringkali disertakan karena kondisi gigi yang kering biasanya menyebabkan perasaan yang tidak nyaman.

  • Perasa Buatan

Bahan lainnya yang seringkali dijumpai pada pasta gigi adalah bahan perasa buatan. Tujuannya adalah untuk memberikan aroma dan rasa pada pasta gigi. Biasanya perasa buatan ini akan lebih sering ditemui pada pasta gigi untuk anak dimana ada rasa anggur, jeruk, stroberi dan lain sebagainya.

Sementara itu, untuk pasta gigi khusus dewasa biasanya perasa buatan yang ditambahkan adalah perasa mint yang khas. Tak heran bila anda selalu mendapati pasta gigi orang dewasa beraroma mint yang sangat khas. Selain menyegarkan pemberian perasa ini pun sekaligus memberikan manfaat untuk menghilangkan aroma bau mulut yang tidak sedap.

  • Deterjen

Bahan lain yang bisa dijumpai pada pasta gigi adalah deterjen. Hampir sebagian besar pasta gigi memiliki kandungan yang satu ini. Bahan aktif yang menghasilkan busa pada saat pasta gigi digosokkan ke dalam mulut inilah yang membuat pasta gigi mengandung deterjen. Adapun deterjen pada pasta gigi ini berupa natium lauril sulfat.

Pilih Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Langkah selanjutnya yang penting diperhatikan bagi anda dalam memilih pasta gigi yang baik dan benar adalah memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa fluoride adalah senyawa aktif yang ada pasta gigi dengan manfaat untuk mencegah kerusakan gigi seperti halnya gigi berlubang.

Menurut sejumlah penelitian, fluoride terbukti ampuh dan efektif dalam mendefinisi prevalensi karies pada gigi. Selain itu, hal ini pun ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab plak yang bisa tumbuh pada gigi. Yang mana tentunya hal ini akan baik untuk kesehatan gigi kita.

Namun demikian, sejumlah fluoride yang ada pada pasta gigi pun sebaiknya kadarnya tidak terlalu banyak atau tidak terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan fluoride adalah bahan yang bisa dibilang kurang aman pengaruhnya untuk tubuh kita. Terutama ketika bahan tersebut tak sengaja tertelan maka hal ini akan dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada bagian organ vital di dalam tubuh kita.

Bukan hanya itu, penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi apabila digunakan oleh anak-anak akan berisiko rentan membuat gigi anak menjadi lebih rapuh. Untuknya perhatikan dengan baik penggunaan pasta gigi dewasa dan anak-anak di rumah anda. Adapun idealnya pasta gigi anak boleh mengandung fluoride maksimal hanya sebesar 500 ppm. Sementara untuk orang dewasa kandungan maksimalnya hanya sampai 1000 ppm.

Pilih Pasta Gigi Tartar

Selain fluoride bahan aktif lain sebaiknya anda pilih dalam memilih pasta gigi adalah pasta gigi dengan kandungan tartar. Jenis pasta gigi ini punya kemampuan untuk menghilangkan plak yang muncul pada permukaan gigi anda. Sebagaimana kita ketahui bahwa kehadiran plak atau karang gigi memang mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang hingga level yang sangat rendah.

Oleh karenanya, agar masalah tersebut dapat diatasi dengan baik dan cepat maka memilih jenis pasta gigi sesuai dengan kebutuhan anda adalah hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Manfaat pasta gigi tartar dihadirkan oleh komposisi bahan aktif seperti halnya triclosan, pirofosfat dan juga seng nitrat.

Jadi demikian, pada saat anda pergi ke supermarket untuk mencari pasta gigi yang mampu mengatasi permasalahan timbunan plak yang ada pada permukaan gigianda maka bahan ini menjadi bahan yang ampuh dan cocok untuk anda gunakan.

Pilih Pasta Gigi yang Sedikit Kandungan Deterjennya

Meskipun pasta gigi yang mudah berbusa seringkali dianggap lebih enak dan nyaman digunakan karena bisa berbusa walaupun hanya sedikit. Namun sebenarnya secara medis kandungan deterjen yang terlalu berlebihan yang ada dalam pasta gigi akan dapat berdampak bahaya untuk kesehatan gigi kita.

Kandungan deterjen yang terlalu tinggi atau bahkan berlebihan pada pasta gigi akan dapat menyebabkan masalah seperti sariawan mudah terjadi. Untuknya, perhatikan dengan baik agar pada saat anda menggunakan pasta gigi anda memperhatikan terlebih dahulu kandungan deterjen yang ada di dalamnya agar tidak terlalu berlebihan.

Pilihlah Pasta Gigi yang Sesuai dengan Gigi Anda

Sebenarnya cara memilih pasta gigi cukup sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih pasta gigi yang sesuai dengan keluhan atau kondisi gigi anda saat ini. Karena memang kebanyakan produk pasta gigi sudah dirancang khusus sehingga mampu memenuhi kebutuhan tiap konsumennya.

Contohnya seperti ini, bila anda bermasalah dengan gigi sensitif atau mudah merasakan ngilu setelah mengkonsumsi makanan panas atau dingin. Maka anda bisa memilih jenis pasta gigi yang sudah dirancang untuk gigi sensitif atau pasta gigi pereda ngilu. Untuk pasta gigi semacam ini biasanya produk pasta gigi tersebut sudah diperkaya dengan kandungan seperti mineral, potassium citrate dan juga hyroxyaptite untuk meredakan gigi ngilu yang sering anda alami.

Akan tetapi hal penting lain yang perlu diperhatikan dengan baik adalah pasta gigi sensitif tidak akan efektif untuk mengurangi ngilu yang anda alami apabila rasa ngilu tersebut asalnya disebabkan oleh gangguan saraf pada gigi seperti akibat gigi berlubang.

Alih-alih mencari-cari jenis pasta gigi yang sesuai permasalahan ini sepertinya akan butuh saran dan penanganan dari dokter. Karena masalah gigi berlubang biasanya akan lebih kompleks sebab gigi anda sudah mengalami pembusukan.

Jangan Terbuai dengan Produk Pasta Gigi Pemutih

Tidak sedikit belakangan ini iklan di tv-tv dihiasi dengan tawaran pasta gigi yang memberikan embel-embel memutihkan gigi dengan lebih cepat. Jangan dulu terbuai dengan produk pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi yang putih dan bersih. Karena kebanyakan orang yang justru terjebak merusak gigi mereka sebab terobsesi mendapatkan gigi seputih bintang iklan.

Hal ini dikarnekan kandungan bahan pemutih pada produk pasta gigi tersebut tidak akan benar-benar memutihkan gigi anda secemerlang dan seterang yang digembar-gemborkan oleh iklan yang ada di tv. Kalaupun ia, proses pemutihan gigi tersebut akan berjalan dengan sangat lama.

Untuknya, daripada anda terbuai dengan embel-embel gigi putih bersih alangkah lebih baik ubah mindset anda untuk bagaimana caranya mendapatkan gigi yang sehat dan gigi yang bersih yang terhindar dari bakteri dan sisa-sisa dari makanan. Tentunya hal ini selain hanya didukung dengan pemilihan jenis pasta gigi yang sesuai, pun anda penting untuk memperhatikan cara yang benar dalam menggosok gigi anda.

Pilih Produk Pasta Gigi Bersegel Organisasi Terkemuka

Hal lainnya yang penting untuk diperhatikan dengan baik bagi anda dalam memilih pasta gigi yang sesuai untuk kondisi gigi anda adalah dengan memilih pasta gigi dengan segel dari organisasi terkemuka. Contohnya seperti American Dental Association (ADA) atau Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Produk-produk dengan segel ini menunjukan jika pasta gigi yang anda gunakan adalah bahan yang aman dan efektif untuk melindungi gigi sekaligus menghilangkan masalah noda pada gigi. Tentunya bila dibandingkan dengan produk yang belum jelas bahan-bahan ini setidaknya telah melalui uji lab dan dinyatakan aman digunakan oleh para ahlinya.

Berkonsultasi dengan Dokter

Hal penting selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam memilih pasta gigi untuk gigi sehat adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu bersama dengan dokter. Lewat pemeriksaan dengan dokter gigi nantinya akan diketahui keluhan yang terjadi dengan gigi anda sehingga penanganan ataupun pemilihan pasta gigi akan dapat disesuaikan dengan keluhan yang anda alami.

Dokter biasanya akan memilihkan jenis pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan anda dan menjaga keamanan dari pasta gigi tersebut sehingga anda tidak perlu khawatir jika pasta gigi yang anda gunakan akan dapat merusak kesehatan gigi anda.

Memilih jenis pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi kita adalah hal penting yang harus senantiasa diperhatikan dengan baik. Sebab setiap jenis pasta gigi pada umumnya sudah didesain dan diracik dengan bahan-bahan tertentu guna mengatasi setiap permasalahan atau keluhan pada setiap gigi yang berbeda.

Memahami apa saja senyawa aktif yang ada pada pasta gigi penting untuk memandu kita tentang apa saja kegunaan dari bahan-bahan tersebut untuk kesehatan gigi kita. Sehingga kita dapat memilih jenis pasta gigi sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

Loading...

Loading...