Scrubbing menjadi salah satu jenis eksfoliasi yang banyak dilakukan. Eksfoliasi itu sendiri yaitu perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membuat bekas jerawat memudar, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi manfaatnya yang akan didapatkan.

Anda harus memilih scrub yang bagus dan aman untuk kulit. Salah memilih scrub justru akan membuat kulit anda iritasi. Nah, di bawah ini kami hadirkan beberapa tips memilih scrub wajah sesuai jenis kulit.

Baca Juga:

 

Tips-memilih-scrub-wajah-sesuai-jenis-kulit.jpg

Tips Memilih Scrub Wajah yang Aman Sesuai Jenis Kulit

Agar wajah benar-benar bersih, anda harus melakukan eksfoliasi karena hanya dengan mencuci wajah saja belum cukup. Di bawah ini beberapa tips memilih scrub wajah untuk kulit.

Kulit Berminyak

Scrub wajah untuk kulit berminyak berbeda dengan scrub wajah untuk jenis kulit yang lainnya, begitupun sebaliknya. Untuk kulit berminyak scrub wajah yang disarankan yaitu scrub yang di dalamnya terkandung asam salisilat. Senyawa ini akan dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit. Namun, selain itu juga dapat membuat kulit yang terdapat dalam pori-pori terkelupas. Efeknya pori-pori wajah anda tidak akan tersumbat dan menjadi lebih bersih.

Untuk jenis kulit berminyak anda bisa menggunakan butiran scrub jenis apapun. Pasalnya kulit berminyak lebih tebal dan toleransinya tinggi. Namun, pastikan anda memilih scrub wajah dengan butiran yang nyaman untuk wajah. Ketika melakukan scrubbing pun anda harus hati-hati. Lakukan dengan benar dan lembut agar pori-pori wajah anda tidak menjadi besar dan pori-pori tidak akan tersumbat.

Kulit Sensitif

Untuk anda pemilik kulit sensitif, anda tentunya harus lebih berhati-hati dalam memilih produk untuk perawatan kulit. Kulit sensitif biasanya akan lebih mudah mengalami masalah pada kulitnya, misalkan kemerahan, adanya sensasi seperti terbakar hingga mengalami iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit.

Scrub yang dapat dijadikan pilihan oleh anda yang memiliki jenis kulit sensitif yaitu scrub yang lembut dengan partikel kecil. Scrub ini akan terasa nyaman digunakan dan tidak akan membuat kulit wajah anda terluka. Pilihlah bahan-bahan seperti beras, mengandung ekstrak buah-buahan dan oatmeal untuk membersihkan lapisan kulit anda dan proses regenerasi menjadi terbantu tanpa membuat kulit anda iritasi.

Kulit Kering

Selanjutnya untuk jenis kulit kering, scrub wajah yang dapat dijadikan pilihan yaitu scrub yang tidak terkandung alkohol di dalamnya. Kandungan alkohol pada suatu produk akan membuat kulit wajah menjadi semakin kering.

Adapun beberapa kandungan yang dapat menghidrasi kulit di antaranya yaitu ekstrak minyak alpukat, minyak jojoba, minyak almond dan lain sebagainya. Untuk mencegah iritasi setelah anda melakukan scrub, pastikan anda memilih scrub dengan butiran yang tidak kasar.

Kulit Berjerawat

Dengan melakukan scrubbing maka kulit akan menjadi lebih bersih dan lembut. Hanya saja, untuk pemilik kulit berjerawat melakukan perawatan ini terkadang bukanlah hal yang tepat. Pasalnya butiran scrub dapat membuat kulit wajah anda yang berjerawat dan meradang menjadi iritasi dan membuat kondisi kulit anda semakin parah.

Meskipun begitu, anda tetap bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan kandungan yang sifatnya asam. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA, lactid acid, citrus acid dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips memilih scrub wajah untuk berbagai jenis kulit yang dapat anda simak. Selain memperhatikan pemilihan scrub itu sendiri, anda juga harus memperhatikan cara melakukan eksfoliasi dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.  

Loading...

Loading...