Banyak aktivitas sehari-hari yang menuntut kita menggunakan sepatu. Mulai dari pergi bekerja, ke mall, berolahraga dan kegiatan keluar rumah lainnya. Penggunaan sepatu seringkali tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk menunjang segala aktivitas tersebut maka penting sekali memperhatikan pemilihan sepatu dengan baik. Jangan sampai kesalahan memilih sepatu membuat masalah pada kaki terjadi dan membuat aktivitas yang dilakukan menjadi tidak nyaman.

Adakalanya pada saat memilih sepatu dan menganggap jika sepatu yang digunakan sudah muat namun pada saat dicoba di rumah sepatu yang dipilih malah terlalu besar atau mungkin terlalu kecil. Alhasil kita memaksakan diri menggunakan sepatu yang tidak nyaman karena sepatu yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan atau ditukar size.

Baca Juga:

Ya, dalam membeli sepatu ada beberapa kondisi dimana ukuran kaki seringkali berubah dalam beberapa waktu. Maka dari itu, penting sekali memilih sepatu yang baik untuk menghindari masalah kaki. Di bawah ini adalah beberapa informasi yang dapat anda simak dengan baik.

tips-memilih-speatu.jpeg

Bagaimana Sepatu Mempengaruhi Kesehatan Kaki?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai tips memilih sepatu yang baik untuk menghindari masalah pada kaki. Terlebih dahulu kita simak seperti apa dan bagaimana pemilihan sepatu dapat mempengaruhi kesehatan kaki. Hal ini penting diketahui lebih dulu agar kita lebih peduli terhadap kesehatan kaki sehingga pemilihan sepatu benar-benar diperhatikan dengan baik.

Memilih sepatu yang sesuai akan dapat mencegah anda dari cedera yang mungkin terjadi sewaktu melakukan aktivitas. Sepatu yang bentuk dan ukurannya tidak sesuai akan mungkin memberikan tekanan berlebihan pada sendi dan kemungkinan terjadi gesekan pada kulit kaki yang mana ini akan dapat menyebabkan perasaan yang tidak enak. Akibatnya, kaki yang lecet dan melepuh akan mungkin terjadi.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi ketika memilih sepatu yang tidak sesuai diantaranya adalah:

Cedera Kaki

Risiko pertama yang mungkin terjadi sebab kesalahan dalam memilih sepatu yang salah adalah risiko cedera yang mungkin terjadi. Pada saat sepatu anda terlalu besar anda lebih cenderung mudah tersandung dan menyebabkan cedera berupa nyeri pada jari kaki sampai dengan bentuk tulang jari kaki yang mungkin bisa berubah. Yang mana tentunya ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan anda.

Memperburuk Nyeri

Risiko memilih sepatu yang tidak tepat bisa pula berdampak memperburuk nyeri dan radang sendi pada bagian lutut dan juga dibagian pergelangan kaki. Rasa sakit yang dirasakan akan tentu lebih buruk pada saat anda menggunakan sepatu dengan ukuran atau bentuk yang tidak sesuai.

Kesulitan Berjalan dengan Nyaman

Selain beberapa keluhan diatas, keluhan lain yang mungkin dirasakan akibat kesalahan memilih sepatu yang tidak sesuai adalah kesulitan berjalan dan beraktivitas dengan nyaman. Maka dari itu, perhatikan dengan baik pemilihan sepatu dengan baik.

Tips Memilih Sepatu dengan Baik

Agar terbebas dari masalah kaki,di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik pada saat memilih sepatu. Seperti apa saja? Mari simak infromasinya di bawah ini.

Beli Sepatu Saat Siang Hari

Tips memilih sepatu pertama yang penting diperhatikan dengan baik adalah waktu pembelian sepatu itu sendiri. Hal ini mungkin terdengar aneh bagi anda. Namun waktu pembelian sepatu rupanya mampu mempengaruhi sepatu yang akan dipilih.

Adapun waktu terbaik yang dianjurkan pada saat membeli sepatu adalah pada saat siang hari. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat siang hari, ukuran kaki anda berubah menjadi lebih besar dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Meskipun ukurannya tidak terlalu kentara namun terkadang banyak orang yang merasa menyesal membawa sepatu dengan ukuran yang sama namun pada saat dicoba kembali terasa lebih sesak.

Apalagi bagi anda yang sebelumnya sudah berkeliling mengitari toko hanya untuk membeli sepatu. Biasanya ukuran kaki anda bisa bertambah menjadi lebih ebsar. Itulah mengapa, membeli sepatu pada saat siang hari dapat menghindarkan anda dari memilih ukuran sepatu yang kekecilan.

Utamakan Fungsinya

Pada saat anda menjumpai sepatu yang terlihat menarik dengan desain yang apik yang anda jumpai di toko atau mall. Sebaiknya jangan langsung tergoda untuk membelinya. Perhatikan dengan baik apakah sepatu tersebut mampu memenuhi kebutuhan anda atau tidak. Beberapa orang terjebak dan merasa menyesal membeli sepatu dengan desain yang mewah dan rupanya sepatu tersebut tidak bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu diantaranya adalah material sepatu itu sendiri, modelnya apakah menunjang kegiatan anda atau justru malah menghambat dan selanjutnya adalah kenyamanan anda pada saat menggunakannya.

Jangan sampai sepatu mewah yang anda beli rupanya tidak mampu dan tidak cocok digunakan pada saat anda bekerja sehari-hari atau mungkin menunjang aktivitas lapangan yang anda kerjakan selama ini.

Pilih Sepatu yang Sesuai Ukuran

Hal penting lain yang perlu diperhatikan dengan baik dalam memilih sepatu adalah ukurannya. Jangan sampai anda tergoda dengan model sepatu cantik namun tidak ada ukuran yang pas untuk anda. Ukuran sepatu yang terlalu kecil bisa mungkin membuat anda sesak dan bila terjadi gesekan antara kulit kaki dengan sepatu nantinya hal ini akan dapat membuat kulit kaki menjadi melepuh.

Akibatnya, aktivitas yang anda jalani akan terasa kurang nyaman dan tidak menyenangkan. Perasaan perih dan nyeri pada sendi pergelangan kaki pun akan sulit anda hindari pada saat anda memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil.

Sementara itu, bila ukuran sepatu anda terlalu besar maka anda akan cenderung kesulitan untuk berdiri nyaman dan berjalan dengan tegap. Rasa percaya diri anda pun akan cenderung menurun saat anda menggunakan sepatu dengan ukuran yang terlalu besar.

Mencoba Sepatu

Setelah anda menemukan sepatu yang anda inginkan maka langkah selanjutnya yang penting untuk anda lalukan dengan baik adalah mencoba sepatu tersebut. Pengujian ini sekaligus menjadi penentu apakah jenis sepatu tersebut akan anda beli atau tidak. Jangan sungkan untuk meminta si petugas toko untuk mencari ukuran yang sesuai dengan kaki anda.

Setelah itu, lakukan uji coba pada dua kaki anda. Bila perlu berdirilah dan lakukan pergerakan dengan berjalan untuk mengetes apakah sepatu tersebut nyaman pada saat digunakan beraktivitas atau tidak. Bila rupanya memang nyaman maka anda penting memeriksa kembali kondisi sepatu bila mungkin terdapat lecet maka minta mengganti produk dengan model yang sama.

Loading...

Loading...