Tips Mencegah Berat Badan Naik Saat Lebaran - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan untuk umat muslim. Di hari ini biasanya banyak makanan tersaji, mulai dari opor, ketupat, rendang hingga aneka kue kering dan minuman manis. Banyaknya makanan yang tersaji terkadang membuat kita lapar mata. Segala makanan disantap, yang pada akhirnya membuat berat badan naik.

Nah, kenaikan berat badan tentunya dapat dicegah saat lebaran. Adapun beberapa tips mencegah berat badan naik saat lebaran seperti berikut ini.

Baca Juga:

Tips-Mencegah-Berat-Badan-Naik-Saat-Lebaran.jpg

Tips Mencegah Berat Badan Naik Saat Lebaran

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan semua orang. Anda tetap bisa mempertahankan berat badan saat lebaran dengan menerapkan tips-tips berikut ini.

Jangan Malas Untuk Bergerak

Tips pertama sebagai langkah mencegah berat badan naik saat lebaran yaitu jangan malas untuk bergerak. Olahraga merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap stabil. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki dan senam pagi selama kurang lebih 30 menit untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh anda dari hidangan yang anda konsumsi saat lebaran.

Selain itu, naik turun tangga, serta mengunjungi keluarga yang tinggalnya berdekatan dengan berjalan kaki juga akan membuat tubuh anda bergerak sehingga lemak tidak akan menumpuk.

Makan Sebelum Bersilaturahmi

Sebelum pergi bersilaturahmi ada baiknya anda makan terlebih dahulu. Jika anda sudah merasa kenyang, maka godaan makan ketika berkunjung ke rumah kerabat akan dapat anda hindari. Anda bisa menikmati makanan lebaran atau kue sedikit saja di rumah kerabat untuk menghormati tuan rumah, namun pastikan tidak terlalu berlebihan.

Makan dengan Menggunakan Piring Kecil

Ketika makan, anda bisa menggunakan piring berukuran kecil. Dengan begitu anda bisa mengontrol keinginan untuk makan banyak dan mencicipi semua makanan yang ada. Pastikan anda juga makan hanya satu kali saja. Sebab makan dengan piring kecil namun nambah berkali-kali tetap saja kenaikan berat badan saat lebaran akan sulit dihindari.

Mengunyah Makanan dengan Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bermanfaat untuk kesehatan. Jika makanan dikunyah dengan perlahan maka akan lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, anda juga akan cepat merasakan kenyang, sehingga tahu kapan harus berhenti makan.

Baca juga : 

Berikan Jeda Sebelum Makan Makanan Lain

Ketika anda telah mengonsumsi satu menu makanan, jika ingin mengonsumsi makanan lainnya sebaiknya berikan jeda. Apabila sudah 20 hingga 30 menit, jika anda masih merasa lapar, anda bisa makan lagi. Menerapkan cara ini akan membantu anda untuk makan secukupnya sesuai yang diperlukan oleh tubuh.

Minum Air Putih

Saat lebaran, minuman manis biasanya selalu tersaji. Nah, minuman seperti ini mengandung tinggi kalori, terlebih lagi minuman kemasan. Untuk mencegah kenaikan berat badan, alangkah lebih baik jika anda minum air putih saja.

Tahan Godaan Makan

Aneka makanan yang tersaji saat lebaran terkadang membuat kita lapar mata. Namun, pastikan anda tidak makan dengan berlebihan. Anda harus dapat mengendalikan diri anda dari makanan tersebut. Intinya anda harus makan secukupnya saja.

Itulah beberapa tips mencegah berat badan naik saat lebaran yang dapat anda praktikan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...