Tips Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa - Orang yang sedang menjalankan puasa biasanya sering mengeluh bau mulut. Bau mulut saat puasa menjadi kondisi yang umum terjadi. Meskipun begitu, kondisi ini terkadang membuat kita merasa kurang percaya diri, terlebih lagi saat kita berhadapan langsung dengan orang banyak.

Namun, jika anda melakukan perawatan yang tepat pada mulut dan gigi, bau mulut bisa dihindari dan nafas anda akan lebih segar. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa. Berikut ini tips mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa.

Baca Juga:

Cara-mencegah-bau-mulut-saat-puasa.jpg

Penyebab Bau Mulut Ketika Puasa

Sebelum mengetahui cara mencegah atau cara mengatasi bau mulut saat puasa, penting untuk mengetahui penyebab bau mulut muncul saat puasa. Ketika sedang menjalankan puasa, yang mana kita tidak makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas yang kita lakukan selama seharian tubuh akan menggunakan lemak. Pasalnya, pada otot dan hati cadangan glikogen sudah habis sebagai sumber energi.

Ketika sumber energi didapatkan dari lemak, senyawa keton akan dihasilkan oleh tubuh. Senyawa ini memiliki aroma yang khas dan tentunya bisa langsung tercium melalui pernapasan, apalagi jika kita sedang menjalankan puasa.

Saat puasa, mulut akan kering karena kita tidak makan dan minum. Kondisi mulut dan bibir yang kering akan menyebabkan bau mulut tidak sedap semakin parah.  Kondisi mulut yang kering akan membuat kada air liur berkurang sehingga akan mudah menyebabkan munculnya bau mulut tidak sedap.

Air liur memiliki peran untuk menetralisir asam yang diproduksi plak. Selain itu, juga berfungsi untuk menghilangkan sel mati pada mulut seperti pipi, gusi dan lidah. Dimana sel-sel mati tersebut jika didiamkan akan dapat menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Tidak hanya senyawa keton yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, makanan ataupun minuman tertentu yang kita konsumsi juga akan dapat menyebabkan bau mulut. Makanan yang kita konsumsi akan dicerna, kemudian diedarkan pada tubuh melalui darah, tidak terkecuali paru-paru. Apabila saat berbuka puasa atau sahur anda mengonsumsi minuman atau makanan dengan aroma menyengat dapat menyebabkan mulut anda beraroma tidak sedap.

Selain itu, penyebab bau mulut juga bisa karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Hanya menggosok gigi tidak akan dapat menghilangkan bau mulut. Anda harus membersihkan gigi dengan menyeluruh seperti menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, membersihkan lidah dan berkumur dengan obat kumur.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut tidak sedap akan mengurangi rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir karena anda bisa mencegahnya dengan beberapa tips berikut ini.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Cara-mencegah-bau-mulut-saat-puasa-1.jpg

Tips mencegah bau mulut saat puasa yang pertama yaitu dengan mencukupi kebutuhan air putih. Seperti yang kita ketahui, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah dehidrasi.

Puasa bukan alasan bagi anda tidak memenuhi kebutuhan air putih dalam setiap harinya. Anda tetap dapat mencukupinya dengan jumlah yang sudah ditentukan saat sahur dan berbuka puasa. Selain dapat mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan air putih juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya bau mulut saat kita sedang puasa. Dengan air putih, produksi air liur akan meningkat. Apabila air liur produksinya lancar, akan membuat mulut tetap dalam keadaan bersih dan membantu meminimalisir bau mulut yang kurang sedap saat sedang berpuasa. ( Baca juga : Tips Menjaga Kelembaban Kulit Saat Puasa )

Membersihkan Mulut dengan Tepat

Cara-mencegah-bau-mulut-saat-puasa-2.jpg

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut, sangat penting untuk membersihkan mulut dengan tepat. Mulut yang bersih tentu akan terhindar dari masalah mulut, salah satunya bau mulut. Nah, untuk mencegah bau mulut saat puasa, anda bisa membersihkan mulut dengan tips berikut ini.

  • Saat membersihkan gigi, anda sebaiknya menyikat gigi dengan pasta gigi yang di dalamnya terkandung fluoride. Ini dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi ataupun plak. Sebaiknya gosok gigi selama kurang lebih 2 menit.
  • Saat menggosok gigi, anda juga harus membersihkan lidah anda. Kebersihan lidah juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mulut. Untuk membersihkan lidah anda bisa menggunakan alat khusus yang diperuntukan membersihkan lidah.
  • Setelah membersihkan lidah, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi anda juga. Anda dapat membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. Bagian sela-sela gigi biasanya cukup sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi. Akibatnya plak akan mudah terbentuk dan menyebabkan bau mulut. Setelah itu anda bisa melanjutkan dengan berkumur menggunakan obat kumur antibakteri.

Anda bisa melakukan tips membersihkan mulut seperti di atas setelah anda selesai makan sahur dan sebelum anda pergi tidur. Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan mulut anda. Alangkah lebih baiknya jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui jenis pasta gigi, serta obat kumur yang tepat untuk anda.

Hindari Mengonsumsi Makanan yang Berbau

Mengonsumsi makanan yang berbau dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Agar saat puasa mulut anda tetap segar dan terhindar dari bau mulut yang mengganggu, maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut terutama saat anda makan sahur.

Hindari Merokok

Sebagian orang memiliki kebiasaan merokok setelah makan, begitupun setelah makan sahur. Merokok setelah sahur bisa menyebabkan bau mulut saat anda sedang berpuasa. Oleh karena itu, untuk mencegah bau mulut terjadi sebaiknya anda menghindari kebiasaan merokok setelah makan sahur. Tembakau akan dapat menyebabkan mulut anda berbau tidak sedap. Tidak hanya itu, kebiasaan merokok akan mengakibatkan risiko mengalami masalah gusi semakin meningkat yang akan membuat mulut anda memiliki bau tidak sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Untuk anda yang merasa tidak nyaman akibat bau mulut yang mengganggu saat puasa, anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips yang kami berikan berikut ini.

Membersihkan Mulut

Untuk anda yang mengalami masalah bau mulut saat puasa, anda harus membersihkan mulut dengan baik dan benar untuk mengatasinya. Sama seperti mencegah bau mulut, membersihkan mulut untuk mengatasi bau mulut saat puasa harus dilakukan dengan menyeluruh. Anda harus menyikat gigi dengan benar. Membersihkan lidah, kemudian membersihkan bagian sela-sela gigi yang diakhiri dengan berkumur.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Cara mengatasi bau mulut saat puasa selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Kebutuhan karbohidrat saat puasa mungkin kurang yang akan membuat pelepasan keton meningkat. Dimana keton menjadi penyebab bau mulut tidak sedap ketika kita sedang berpuasa.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks setelah buka puasa atau sahur. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya yaitu ubi jalar, beras merah, oatmeal dan pisang. Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi bau mulut saja, mengonsumsi karbohidrat kompleks ketika puasa akan membantu menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

Menghindari Konsumsi Bawang

Bawang merah selalu digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah akan menjadikan masakan semakin nikmat dan gurih. Oleh karena itu, penggunaannya biasanya tidak bisa ditinggalkan.

Hanya saja, bawang merah memiliki aroma yang cukup tajam. Dimana aromanya tersebut akan dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Selain mulut, bau tubuh pun biasanya akan terpengaruh. Meskipun baunya bisa dihilangkan dengan menggosok gigi atau berkumur, akan tetapi amoniak pada bawang yang menjadi penyebab bau badan akan terbawa pada aliran darah, kemudian akan disekresi sehingga pada akhirnya akan membuat nafas berbau. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari konsumsi bawang merah, apalagi bawang mentah ketika anda sedang berpuasa untuk mencegah bau mulut.

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Buah dan sayur mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Konsumsi buah dan sayur saat puasa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung gizi yang tinggi. Selain itu akan membuat nafas menjadi lebih segar, terlebih lagi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air. Dimana buah dan sayur tersebut akan membantu membersihkan mulut dengan alami. Tidak hanya itu, kandungan air pada buah-buahan dan sayuran akan dapat membantu menghilangkan plak pada gigi yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Hindari Konsumsi Keju

Sama halnya dengan konsumsi bawang, konsumsi keju saat bulan puasa juga akan meningkatkan risiko bau mulut saat anda berpuasa. Keju mengandung asam amino yang dapat membuat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut semakin meningkat.

Konsumsi keju juga akan memungkinkan sisa-sisa keju pada mulut tertinggal yang akan menyebabkan gigi anda rusak, apalagi jika anda tidak membersihkan gigi dengan baik dan benar.

Berkumur dengan Air Rebusan Cengkeh

Sudah dikenal sejak lama, cengkeh sering digunakan untuk mengatasi bau mulut. Untuk anda yang memiliki gigi sensitif, anda bisa memanfaatkan air rebusan cengkeh sebagai obat kumur. Obat kumur alami ini tentunya sehat dan dapat bekerja dengan efektif.

Air rebusan cengkeh bisa digunakan untuk berkumur setelah anda selesai makan sahur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, berkumur dengan menggunakan air cengkeh juga akan membuat nafas anda segar tahan lama.

Melakukan Olahraga Ringan

Berolahraga ternyata menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Meskipun sedang puasa tapi anda tetap bisa melakukan olahraga. Namun, pastikan olahraga yang anda lakukan bukan olahraga berat. Anda cukup melakukan latihan ringan di rumah. Anda bisa melakukannya menjelang buka dan tidak perlu lama-lama. Dengan melakukan olahraga rutin akan membuat tubuh anda lebih bugar.

Mengonsumsi Makanan yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap akan membuat kita merasa tidak percaya diri ketika sedang berbicara. Untuk membantu menghilangkan bau mulut yang  mengganggu, anda bisa mengonsumsi makanan-makanan penghilang bau mulut berikut ini.

  • Teh Hijau

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulut saat puasa, anda juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi teh hijau tanpa gula. Pada teh hijau terkandung polifenol yang dapat membantu membersihkan bakteri pada saluran pernafasan. Selain bermanfaat untuk mengatasi bau mulut, teh hijau juga bermanfaat untuk para perokok. Teh hijau akan dapat mengurangi risiko masalah pernafasan.

  • Yoghurt

Untuk menghilangkan bau mulut anda bisa mengonsumsi yoghurt ketika sahur atau berbuka. Pada yoghurt terkandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang akan dapat melawan dan mencegah bakteri tumbuh pada mulut yang menjadi penyebab bau mulut.

  • Apel

Salah satu buah-buahan yang dapat menghilangkan bau mulut yaitu apel. Saat anda mengonsumsi buah apel, air liur akan diproduksi sebagai pembersih mulut alami yang dapat membersihkan mulut atau gigi anda dari makanan sisa yang menempel. Selain itu, buah apel juga akan melembabkan mulut anda yang dibutuhkan untuk membasmi bakteri penyebab bau mulut. Apel juga mengandung polifenol yang akan menjaga rongga mulut tetap sehat.

  • Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin C

Beberapa buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C di antaranya yaitu lemon, jeruk dan tomat. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat mencegah bakteri penyebab bau mulut tumbuh, serta mampu menjaga mulut agar tetap sehat. Mengonsumsi vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit gusi.

  • Peterseli

Peterseli biasanya digunakan untuk menghias makanan. Dibalik kegunaannya tersebut, peterseli ternyata bermanfaat untuk menyegarkan nafas. Dengan mengunyah peterseli akan mengembalikan kesegaran nafas anda. Pada peterseli terkandung herbal yang akan menjaga agar sistem pencernaan tetap sehat dan membuat perut terasa segar.

  • Air Putih

Bukan tanpa alasan kita dianjurkan mengonsumsi air putih yang cukup. Selain bisa menjaga kesehatan, air putih juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Saat berpuasa kita tentu tidak makan atau minum. Dimana hal ini akan membuat kerongkongan kering. Di tempat yang kering bakteri yang menjadi penyebab bau mulut dapat berkembang dan hidup lebih mudah. Untuk itu, agar terhindar dari bau mulut sangat penting untuk membasahi kerongkongan. Anda dapat minum air putih yang cukup setelah berbuka puasa dan sahur. Dengan minum air putih yang banyak akan dapat membuat produksi air liur terangsang yang memiliki peran untuk pembersih. ( Lihat juga : Tips Dapatkan Kulit Cantik Saat Puasa Dengan Makanan Sehat Ini )

Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter Gigi

Apabila bau mulut yang anda alami saat puasa membuat anda semakin terganggu, meskipun sudah melakukan berbagai cara namun tidak kunjung hilang, mungkin anda bisa pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Karena bisa jadi penyebab bau mulut yang anda alami karena adanya masalah pada mulut atau gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

Melakukan pemeriksaan gigi serta mulut idealnya dilakukan 6 bulan sekali. Dokter akan mendeteksi masalah mulut dan gigi yang anda alami, serta masalah lainnya yang menyebabkan anda bau mulut.

Adapun salah satu masalah kesehatan yang akan dapat menyebabkan bau mulut yaitu diabetes. Jika anda mengidap diabetes, anda dapat memberitahu dokter sehingga akan bisa dengan mudah menentukan pengobatan yang sesuai bagi anda. Apabila penyebabnya semakin cepat terdekteksi, maka menghilangkan bau mulut yang anda alami akan semakin mudah. Sehingga aktivitas dan ibadah anda di bulan puasa ini tidak akan lagi terganggu.

Nah, itulah tips mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa. Menjaga kesehatan mulut sangat penting dilakukan agar terhindari dari masalah mulut. Penting untuk menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mulut agar mulut anda tetap sehat dan tentunya terhindar dari masalah bau mulut.

Loading...

Loading...