Selama menjalankan ibadah puasa beberapa bagian tubuh biasanya akan terasa kering karena kurangnya asupan cairan dan nutrisi. Selain bibir dan kulit, bagian tubuh lainnya yang cenderung kering saat puasa yaitu rambut.

Rambut kering anda akan semakin kering saat bulan puasa. Karena seperti itu sangat penting untuk melakukan perawatan rambut yang tepat saat puasa. Agar rambut kering anda tidak semakin kering, anda bisa mencoba melakukan beberapa tips di bawah ini. ( Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Bersisik Saat Puasa )

Baca Juga:

Tips-cegah-rambut-kering-saat-puasa.jpg

Tips Mencegah Rambut Kering Semakin Bertambah Parah Saat Puasa

Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara terbaik dalam menjaga kesehatan rambut. Air mineral merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Setelah berbuka sampai sahur jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan sebanyak kurang lebih 2 liter perhari.

Sisir Rambut dengan Tepat

Menyisir rambut pada dasarnya dilakukan untuk merapikan rambut. Ternyata cara menyisir memiliki pengaruh yang besar untuk kesehatan dan kualitas rambut anda. Oleh karena itu, saat menyisir rambut sisirlah dengan baik dan benar. Jika anda biasa menyisir rambut terlalu keras dengan menggunakan sisir bergigi rapat, maka hal itu akan menyebabkan rusaknya keratin rambut anda. Dalam menyisir rambut sebaiknya sisir dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Kemudian lakukan dengan lembut dan pelan agar rambut tidak akan bergesekan dengan sisir yang menyebabkannya mudah rontok.

Konsumsi Makanan yang Sehat dan Tepat

Tips mencegah rambut semakin kering saat puasa juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dah sehat. Saat sahur dan buka sebaiknya anda perhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat karena akan semakin memperparah keadaan rambut anda. Konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan rambut. Beberapa makanan yang dapat baik untuk kesehatan rambut di antaranya yaitu ikan salmon. Ikan salmon mengandung protein tinggi serta asam lemak omega 3 yang baik untuk menutrisi rambut serta menjaga kesehatan kulit kepala. Tak hanya ikan salmon, sayuan berwarna hijau tua juga baik untuk kesehatan rambut. Sayuran berwarna hijau tua mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghasilkan sebum yang baik untuk membuat agar setiap helai rambut tetap terhidrasi.

Jangan Terlalu Banyak Styling Rambut

Menata rambut memang biasa dilakukan oleh para wanita karena akan membuat tampilan rambut semakin indah dan cantik. Hanya saja, terlalu banyak menata rambut akan membuat rambut menjadi rusak dan kering. Tak hanya itu, proses styling rambut pun akan membuat rambut anda rapuh, rusak  dan bercabang. Saat berpuasa rambut anda yang sudah kering ditambah dengan proses styling akan semakin kering. Karena seperti itu sebisa mungkin anda harus mengurasi styling rambut.

Aplikasikan Conditioner

Setelah keramas sangat penting untuk mengaplikasikan conditioner. Conditioner dapat menutrisi rambut anda, melapisi keratin rambut dan membuat rambut lebih lembut.

Aplikasikan Masker Rambut

Selain conditioner rambut, penting juga untuk mengaplikasikan masker rambut. Masker rambut bermanfaat untuk melembabkan rambut anda. Banyak produk masker rambut yang bisa anda temukan. Namun jika ingin masker yang alami anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan  yang alami. ( Artikel lainnya : Tips Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa )

Demikian tips mencegah rambut kering semakin parah saat puasa. Lakukan beberapa tips di atas dengan rutin untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...