Tips Mengatasi Rambut Gatal Untuk Wanita Berhijab - Anda wanita berjilbab dan sering mengeluh rambut gatal? Kondisi ini tentu akan membuat anda tidak nyaman. Rambut dan kulit kepala yang ditutup dengan jilbab akan lebih mudah lembab dan berminyak. Apabila produksi sebum berlebihan maka akan dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Bahkan rasa gatal yang timbul akan semakin parah jika ketombe muncul pada kulit kepala anda.

Namun, jangan khawatir sebab kondisi rambut gatal bisa diatasi dengan mudah. Nah, agar rambut anda sehat dan anda bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa terganggu oleh kondisi rambut gatal, anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga:

Tips-Mengatasi-Rambut-Gatal-Untuk-Wanita-Berhijab.jpg

Tips Mengatasi Rambut Gatal Untuk Wanita Berhijab

Rambut yang tertutup oleh hijab membutuhkan perhatian lebih, apalagi jika rambut mengalami masalah, seperti terasa gatal. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut gatal pada wanita berhijab. Nah, berikut ini beberapa tips mengatasi rambut gatal untuk wanita berhijab.

Setelah Sampai Rumah Segera Membuka Hijab

Sesampainya anda di rumah, anda sebaiknya langsung membuka hijab dan ikatan rambut. Biarkan rambut beristirahat dan mendapatkan udara. Anda bisa mencoba memberikan pijatan ringan pada rambut anda agar kulit kepala lebih rileks. Memijat lembut kulit kepala juga akan membuat sirkulasi darah lancar.

Baca juga : 

Sebelum Memakai Hijab Rambut Harus Kering

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah rambut gatal pada wanita berhijab yaitu dengan memastikan rambut kering sebelum memakai jilbab. Setelah keramas, anda bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu. Jika telah benar-benar kering, anda bisa langsung mengikat rambut dan menggunakan jilbab.

Jika menggunakan jilbab dalam kondisi rambut masih basah, akan membuat rambut terlalu lembab. Bahkan akan menyebabkan timbulnya jamur yang akan membuat kulit kepala terasa gatal.

Jangan Keramas Setiap Hari

Menjaga kesehatan dan kebersihan rambut memang penting untuk dilakukan. Namun, pastikan anda tidak keramas setiap hari. Perlu anda ketahui, keramas terlalu sering akan dapat mempengaruhi kesehatan rambut, serta kulit kepala anda.

Terlalu sering keramas akan membuat minyak alami pada kulit kepala anda berkurang sehingga akan membuat kulit kepala semakin kering. Selain itu, kulit kepala yang terlalu kering juga akan dapat menyebabkan munculnya gatal-gatal.

Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilihlah produk perawatan rambut yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut, teruma saat anda menggunakan jilbab. Anda sebaiknya memilih kondisioner dan shampo berbahan ringan, sebab akan dapat membantu mengurangi masalah rambut gatal. Produk perawatan rambut yang mengandung bahan terlalu keras akan dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut rusak.

Pilihlah pembersih rambut yang mengandung bahan lembut, contohnya minyak kelapa. Selain itu, anda juga bisa memilih sampo antijamur dan antiketombe dengan kandungan selenium sulfide dan pyrithione zinc.

Memilih Bahan Jilbab yang Tepat

Gunakanlah jilbab dengan bahan yang sesuai dengan cuaca atau suhu di daerah tempat anda tinggal. Jika cuacanya cukup panas, sebaiknya hindari memakai jilbab yang terbuat dari bahan tebal. Pasalnya, jilbab berbahan dasar tebal akan membuat rambut anda tidak mendapatkan sirkulasi udara dengan baik, efeknya rambut akan menjadi gatal dan cepat lembab.

Itulah beberapa tips mengatasi rambut gatal untuk wanita berjilbab. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...