Tips Mengecilkan Perut Secara Alami - Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan semua orang. Tubuh yang ideal akan meningkatkan rasa percaya diri. Hanya saja, untuk beberapa orang memiliki tubuh yang ideal hanyalah keinginan semata karena perut buncit yang dimilikinya. Memiliki perut buncit tentunya akan sangat mengganggu. Keadaan perut buncit akan menurunkan rasa percaya diri dan menyulitkan anda saat memilih pakaian. Selain itu, kondisi perut buncit juga akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Terdapat dua jenis lemak pada tubuh, yakni lemak subkutan yang berada di bagian bawah kulit, serta lemak visceral atau lemak yang terdapat pada sekitar rongga perut. Kesehatan akan terpengaruh karena penumpukan lemak ini, serta membuat organ di sekitar perut tertutup. Akibatnya akan meningkatkan risiko seseorang mengalami beberapa masalah kesehatan seperti kanker, jantung, diabetes, sindrom metabolik dan Alzheimer.

Baca Juga:

Penyebab Perut Buncit

Tips-mengecilkan-perut-secara-alami-1.jpg

Perut buncit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari hormon, gaya hidup hingga kebiasaan yang anda tidak sadari. Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab perut buncit, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Hormon

Hormon dan usia memiliki pengaruh terhadap perut buncit. Wanita dan pria memiliki tempat penyimpanan lemak yang berbeda. Jaringan yang menampung lemak pada pria terkumpul di bagian perut, serta pinggang. Lebih banyak terkumpul di bagian paha dan pinggul pada wanita. Usia yang semakin bertambah, membuat pria lebih rentan mengalami perut buncit. Hormon testosteron yang semakin berkurang akan menyebabkan penumpukan kalori yang berlebih menjadi lemak visceral.

Massa otot akan hilang seiring dengan usia yang semakin bertambah, terlebih lagi jika kurang melakukan aktivitas fisik atau olahraga, dan sehari-harinya menghabiskan waktu lebih lama untuk duduk. Massa otot yang berkurang akan membuat metabolisme tubuh untuk mengolah kalori menjadi menurun. Hal ini akan menyebabkan sel lemak pada beberapa organ tubuh fungsinya menurun dalam menyimpan lemak. Oleh karena itu, saat seseorang memiliki lemak yang berlebih dalam tubuhnya akan terakumulasi pada bagian perut, akibatnya akan menjadikan perut buncit. ( Baca juga : Cara Mengecilkan Pipi )

Jarang Olahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Beberapa orang lebih memilih bersantai, makan, tiduran dalam keseharian mereka dibandingkan dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Padahal sebenarnya, jarang atau malas berolahraga dapat menyebabkan perut buncit. Maka jangan heran perut anda buncit jika sehari-hari hanya makan dan tiduran saja. Tanpa melakukan aktivitas fisik, lemak yang anda dapatkan dari makanan tidak akan terbakar dan membuat lemak hanya tertimbun pada perut.

Lemak visceral, yakni lemak yang terdapat pada rongga perut responsif pada teknik olahraga dan diet. Untuk mengatasi perut buncit, anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti misalkan zumba, aerobik, jalan cepat, jogging dan lain sebagainya. Selain melakukan olahraga tersebut, anda juga dapat melakukan latihan untuk kekuatan otot. Hal ini dilakukan agar massa otot yang kendur akibat penuaan kembali kencang.

Olahraga juga memiliki manfaat baik lainnya untuk kesehatan, seperti misalkan dapat menstabilkan tekanan darah tinggi, gula darah dan kadar kolesterol. Jika aktivitas fisik ini dilakukan maka sangat efektif sebagai cara mencegah berat badan naik, terutama jika anda mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup atau pola makan yang tepat, sehat dan rendah akan lemak.

Stres

Tidak bisa dipungkiri, stres kerap kali dialami terlebih lagi oleh mereka yang memiliki segudang kegiatan atau masalah. Perlu anda ketahui, stres menjadi salah satu penyebab perut buncit. Stres memiliki pengaruh yang besar terhadap kenaikan berat badan, akibatnya lemak akan menumpuk pada perut. Saat stres beberapa orang memiliki nafsu makan yang meningkat, apalagi makanan dengan kandungan lemak tinggi dan makanan manis. Akibatnya penumpukan lemak berlebih akan terjadi pada perut.

Saat stres, hormon stres atau disebut dengan hormon kortisol akan membuat jumlah lemak dalam tubuh mengalami peningkatan dan ukuran sel akan melebar. Kadar hormon kortisol yang tinggi pada tubuh memiliki kaitan dengan lemak perut yang meningkat.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup anda yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan perut buncit. Konsumsi alkohol akan membuat neuron otak aktivitasnya mengalami peningkatan yang memiliki hubungan dengan rasa lapar. Olah karena itu, biasanya orang yang sering minum alkohol memiliki berat badan yang berlebih dan memiliki bentuk perut yang buncit.  Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol akan menyebabkan asupan glukosa yang tidak diperlukan tubuh meningkat, sehingga akan menumpuk pada perut.

Kurang Tidur

Sangat penting untuk mencukupi waktu tidur dalam setiap harinya. Tidur dalam waktu yang cukup tentunya memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa kurang tidur akan membuat risiko kenaikan berat badan meningkat dan memiliki pengaruh terhadap penumpukan lemak visceral. Jika anda kekurangan waktu tidur akan meningkatkan risiko lemak perut menumpuk yang menjadi salah satu penyebab perut buncit.

Kesehatan Usus yang Tidak Dijaga

Sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat memiliki peranan yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit. Perlu anda ketahui, ada banyak jenis bakteri yang hidup pada usus, terlebih lagi usus besar. Beberapa bakteri memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan beberapa bakteri lainnya merugikan.

Menurut para peneliti, bakteri Firmicutes di usus lebih banyak pada orang gemuk dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Berdasarkan penelitian menunjukan, bakteri jenis tersebut akan membuat kalori yang didapatkan dari makanan jumlahnya meningkat sehingga berat badan akan naik, termasuk lemak di bagian perut. Namun, meskipun begitu bakteri jenis ini tidak menutup kemungkinan bersarang pada orang dengan badan yang kurus.

Makan Terlalu Malam

Kebiasaan makan saat malam hari akan meningkatkan risiko memiliki perut buncit. Makan saat malam hari akan membuat ritme sirkadian terganggu dan membuat hormon yang mengendalikan nafsu makan mengalami perubahan. Selain itu, makan terlalu malam atau sebelum tidur akan dapat menyebabkan perut kembung dan ulu hati terasa nyeri, serta akan memberatkan proses pencernaan. Sebaiknya hindari makan terlalu malam, terutama jika tubuh anda sedang kelelahan sebab proses pencernaan akan semakin melambat.

Tips Mengecilkan Perut Secara Alami dan Mudah

Tips-mengecilkan-perut-secara-alami-2.jpg

Memiliki perut yang ramping dan ideal tentunya menjadi dambaan.  Untuk anda yang memiliki perut buncit,  jangan berkecil hati. Karena ada beberapa tips yang diketahui efektif untuk mengecilkan perut. Lantas apa saja tips mengecilkan perut secara alami? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Memperhatikan Asupan Makanan

Jika anda memiliki kebiasaan makan sembarangan, maka sebagai upaya untuk mengecilkan perut buncit, mulai dari sekarang sebaiknya anda perhatikan makanan yang anda konsumsi. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memperhatikan asupan makanan juga berguna untuk mengecilkan perut anda yang buncit. Dari makanan yang anda konsumsi sebaiknya perhatikan kandungan zat gizi, serta porsi makanan tersebut. Makanan yang disarankan untuk mengecilkan perut yaitu makanan dengan kandungan serat yang tinggi, makanan yang mengandung protein, dan sebaiknya batasi juga asupan karbohidrat.

Melakukan Olahraga dengan Taratur

Salah satu tips sukses untuk mengecilkan perut buncit yaitu dengan rajin melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Anda dapat melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Selain bermanfaat untuk mengecilkan perut, rajin olahraga juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat atau olahraga dengan intensitas tinggi, karena anda dapat memulainya dengan olahraga ringan sampai sedang, contohnya yaitu bersepeda, jalan kaki, jogging, renang, senam aerobik dan lain sebagainya.

Sebaiknya lakukan olahraga dengan rutin untuk membantu mengendalikan berat badan, membuat timbulnya lemak visceral di perut lebih lambat dan membuat denyut jantung meningkat. Apabila anda sudah memiliki berat badan yang normal atau ideal, bukan berarti anda malas berolahraga. Olahraga dapat anda lakukan untuk menambah massa otot. Dibandingkan dengan sel  tubuh yang lainnya, sel otot akan membakar sel lemak lebih banyak. Sehingga dengan begitu, apabila massa otot tinggi maka kalori yang terbakar akan lebih banyak, juga tumpukan lemak di perut akan berkurang.

Kelola Stres dengan Baik

Setiap orang tentunya pernah mengalami stres. Untuk mencegah perut buncit dan masalah kesehatan lainnya yang diakibatkan oleh stres, sangat penting untuk menghindari stres atau mengelola stres dengan baik. Jika anda dapat mengelola stres, maka hal tersebut akan bermanfaat untuk mengecilkan bentuk perut anda yang buncit.

Untuk mengelola stres yang dialami, anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti meditasi, berkumpul dengan keluarga dan teman, jalan-jalan, olahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya yang anda sukai.

Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur tentunya bermanfaat untuk kesehatan, juga sebagai tips untuk mengecilkan perut buncit. Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi waktu tidur anda dalam setiap harinya. Pastikan tidur lebih awal dan hindari begadang.

Mencukupi Asupan Cairan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perut buncit dapat disebabkan karena makan terlalu malam atau sebelum waktu tidur. Jika anda mendapati perut lebih besar dibandingkan sebelumnya saat bangun tidur, bisa saja hal tersebut disebabkan karena anda makan sebelum tidur. Jika mengalami kondisi tersebut, anda sebaiknya memperbanyak konsumsi cairan seperti jus, sup atau saat sarapan mengonsumsi smoothies.

Mencukupi Asupan Serat

Untuk mengecilkan perut buncit, sebaiknya anda mencukupi asupan serat. Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa serat dapat membuat penyerapan makanan menjadi lambat, sehingga anda akan merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Berdasarkan penelitian lainnya menyatakan bahwa dengan menerapkan pola makan yang tinggi serat, serta karbohidrat kompleks yang disertai dengan membatasi asupan lemak dapat membantu menurunkan berat badan.

Anda bisa mendapatkan asupan serat yang cukup dari beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan,  brokoli, alpukat, wortel, ubi jalar, apel dan pir.

Mengonsumsi Makanan yang Dapat Membantu Mengecilkan Perut

Beberapa jenis makanan tertentu diketahui efektif mengecilkan perut anda yang buncit. Adapun beberapa makanan yang dapat mengecilkan perut di antaranya yaitu pepaya, pisang, buncis, timun, asparagus, biji-bijian utuh, jahe, yogurt, alpukat, lemon, teh hijau dan kacang almond.

Mengonsumsi makanan tersebut dapat membantu mengecilkan perut apabila anda mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar. Namun, hanya mengonsumsi makanan tersebut tidak akan menunjukan hasil yang diharapkan. Sebab anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga dan pola makan yang tepat.

Hindari Konsumsi Makanan yang Dapat Menyebabkan Perut Buncit

Tips-mengecilkan-perut-secara-alami-4.jpg

Beberapa makanan dapat menyebabkan perut buncit. Untuk mencegah perut buncit, maka sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan tersebut. Adapun beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut buncit seperti berikut ini.

  • Makanan yang Mengandung Gula dan Lemak

Lemak perut keberadaannya sering dihubungkan dengan konsumsi gula dan lemak jenuh secara berlebihan. Makanan yang mengandung lemak jenuh bisa ditemukan pada mentega, daging sapi dan produk susu. Untuk mencegah lemak tertimbun pada perut, anda sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh. Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh di antaranya yaitu kacang-kacangan dan ikan. Selain itu, anda sebaiknya membatasi asupan kalori, sebab mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori akan menyebabkan perut buncit. ( Lihat juga : Gerakan Yoga Mengecilkan Perut Buncit )

  • Junk Food

Tidak bisa dipungkiri, junk food disukai banyak orang. Memang rasanya nikmat, namun junk food sebenarnya dapat menyebabkan perut anda buncit. Pada umumnya junk food diolah dengan teknik deep fried sehingga kandungan minyaknya berlebihan. Tidak hanya itu, junk food juga biasanya berisi produk olahan dengan kandungan serat yang minim yang akan menjadikan perut anda buncit, dan usus kesulitan untuk mencernanya. Bahkan konsumsi junk food akan dapat membuat metabolisme dan keadaan perut anda keseluruhan terpengaruh. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari mengonsumsi junk food.

  • Makanan dengan Kandungan Tepung yang Tinggi

Makanan dengan kandungan tepung yang tinggi juga dapat menyebabkan perut buncit. Sebab makanan tersebut jika dikonsumsi terus menerus akan dapat menjadi lemak perut dan menyebabkan perut buncit.

  • Produk Dairy dan Susu

Pada produk susu dan dairy terkandung laktosa yang dapat menyebabkan perut buncit. Pada laktosa terkandung enzim laktase. Usia yang semakin bertambah maka penyerapan laktase akan semakin sulit. Nah beberapa produk susu dan dairy, tinggi akan kandungan lemak yang akan sulit dicerna oleh tubuh sehingga menyebabkan perut buncit.

  • Jus Buah Olahan

Jus buah olahan yang biasanya kita temukan di supermarket mengandung tinggi gula. Hal tersebut akan memicu insulin tubuh dan menjadikan perut buncit.

  • Minuman yang Mengandung Soda

Minuman lainnya yang harus anda hindari yaitu minuman bersoda. Meskipun rasanya segar dan enak, namun minuman bersoda tinggi akan kandungan gula yang akan memperburuk metabolisme tubuh anda. Akibatnya tubuh akan kesulitan dalam mencerna makanan, yang pada akhirnya akan menyebabkan perut buncit.

  • Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Selain menyebabkan perut kembung, alkohol juga dapat membuat perut anda buncit. Alkohol akan dapat membuat kadar air pada tubuh berkurang, akibatnya air dan gas simpanannya akan berlebihan pada perut, sehingga pada akhirnya perut anda akan terasa buncit.

Dengan demikian, tips mengecilkan perut buncit secara alami yang efektif yaitu dengan memperbaiki pola hidup atau pola makan, seperti membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, menghindari alkohol dan mengontrol asupan karbohidrat. Jika anda menerapkan pola hidup yang tepat, serta diiringi dengan rajin berolahraga dan beberapa tips lainnya di atas, perut ideal akan anda dapatkan.

Itulah beberapa tips mengecilkan perut secara alami.Semoga bermanfaat dan keinginan anda memiliki bentuk tubuh ideal dapat terwujud.

Loading...

Loading...