Tips Menghadapi Pasangan yang Pencemburu

Rasa cemburu adalah hal yang wajar yang terjadi dalam sebuah hubungan. Jangankan untuk hubungan saat berpacaran, setelah menjalin hubungan pernikahan yang begitu lama pun, perasaan ini seringkali menghinggapi pasangan. Tak jarang, rasa cemburu yang sedang menghampiri pasangan membuat emosi pasangan dalam berumah tangga menjadi tersulut yang pada akhirnya membuat pertengkaran terjadi dan tersulut karenanya.

Rasa cemburu yang terjadi pada pasangan bisa dikatakan sebagai hal wajar jika perasaan tersebut masih bisa dikendalikan dan diredam. Terlebih lagi, cemburu adalah sebuah tanda adanya cinta pada diri pasangan yang timbul sewaktu pasangan melihat atau merasakan jika cinta pasangannya terbagi bersama dengan oranglain. Rasa inilah yang pada akhirnya timbul karena takut kehilangan cinta pasangannya. Untuk itulah, bagi anda yang pernah merasakan kecemburuan pada pasangan atau mungkin sebaliknya dengan pasangan yang merasa cemburu terhadap anda, hal ini perlu dimaklumi dan bahkan anda perlu berbangga hati. Dengan demikian, pasangan anda benar-benar mencintai anda dan merasakan takut jika sewaktu-waktu harus kehilangan anda. Sebaliknya, jika perasaan pasangan biasa-biasa saja bahkan saat mereka menyadari perhatian anda terbagi dengan oranglain, maka anda patut curiga apakah pasangan anda benar-benar mencintai anda atau tidak.
Seperti yang dibahas diatas, jika perasaan cemburu wajar terjadi pada pasangan. Hanya saja, jika kecemburuan ini masih ada dalam batas kewajaran. Artinya perasaan cemburu yang ditunjukan pasangan tidak sampai membahayakan dirinya atau diri anda bahkan diri orang lain.

 

Kecemburuan yang terjadi pada pasangan sudah sepatutnya segera diatasi. Karena jika tidak, atau anda terus-terusan acuh dengan cemburu yang dirasakan pasangan anda. Maka masalah yang sama akan terus-terusan terjadi dalam rumah tangga yang dibina bersama dengan pasangan. Selain masalah yang terus-terusan terjadi, umumnya hal ini akan membuat ketidaknyamanan yang besar. 

Pasangan akan mulai menerapkan berbagai peraturan dalam diri anda yang hampir dari keseluruhan peraturan tersebut melibatkan pasangan anda. Untuk itulah, ketika anda merasakan pasangan sedang cemburu, maka segera atasi dan selesaikan. Tak sedikit pasangan yang memang memiliki sifat cemburu yang berlebih terhadap pasangannya. Tak jarang, hal ini membuat pasangannya menjadi tidak nyaman, dengan setiap waktu harus melulu memberitahu pasangannya. Nah, jika anda mengalami hal serupa dengan pasangan anda yang seringkali cemburu dan mencurigai anda. Maka beberapa tips menghadapi pasangan yang pencemburu berikut ini akan membantu anda menghadpi mereka dengan lebih baik.

Tips Menghadapi Pasangan yang Pencemburu

1. Jadikan Prioritas yang Utama

Perilaku yang sering mengesampingkan pasangan seringkali menyulut pertengkaran yang pada akhirnya akan menyinggung mengenai kesetiaan pasangan. Tidak ada pasangan yang mau diabaikan dan dinomor duakan, semua pasangan tentunya menginginkan jika mereka menjadi bagian terpenting dalam kehidupannya. Selain tanggung jawab dan kewajiban pekerjaan, maka tidak ada hal lain yang bisa memberikan alasan pada anda untuk menomorduakan pasangan dan mengabaikannya. Pasangan tentu tidak senang jika harus terus-terusan mengalah pada anda dan menyetujui jika ada hal yang lebih penting yang harus anda utamakan selain dari kewajiban anda bekerja. Apalagi pasangan dengan sikap yang memiliki tingkat kecemburuan berlebih. Umumnya mereka akan lebih waspada dengan selalu ingin menjadi hal yang utama dalam kehidupan pasangannya. Untuk itulah, jadikan mereka yang utama dalam kehidupan anda. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk mereka untuk bisa cemburu dan mencurigai anda.

2. Berikan Perhatian

Umumnya, mereka yang merasa kecemburuan adalah mereka yang merasa tidak diperhatikan atau merasa jika perhatian yang diberikan oleh pasangannya berkurang, sehingga akhirnya mereka menaruh curiga dan cemburu pada pasangannya. Untuk itulah, menghadapi pasangan yang cemburu karena kurang perhatian adalah dengan memberikan mereka perhatian. Tidak ada salahnya jika kita kembali memberikan perhatian seperti yang kita berikan pada pasangan saat pertama pacaran dulu. Dengan demikian, selain membuat mereka merasa senang. Hal ini juga akan membuat mereka percaya jika hati anda hanyalah untuk mereka.

3. Berikan Pujian

Sebenarnya sederhana sekali, kelamahan wanita terletak pada rayuan dan pujian, hanya saja jangan pernah memuji wanita dengan berlebihan. Salah-salah hal ini malah membuat wanita merasa dibuali dan dibohongi. Untuk itulah, tidak ada salahnya pujilah istri dengan makanan yang dibuatnya atau mungkin penampilannya. Dalam hal ini tentunya jika anda menghadapi seorang istri yang memiliki cemburu berlebihan. Usahakan untuk lebih memilih menyantap makan dirumah dibandingkan diluar. Hal ini tentunya dimaksudkan agar istri anda merasa anda memang tulus mencintainya. Satu hal yang harus diketahui, rasa cemburu akan mungkin timbul akibat ketidakpercayaan dirinya sehingga ketika anda berinteraksi dengan wanita lain yang lebih baik kualitas dan fisiknya, mereka akan mulai membandingkan dirinya dengan wanita tersebut, sehingga akhirnya prasangka bahwa anda lebih tertarik padanya akan mungkin timbul dalam benak istri anda.

4. Batasi Pembicaraan Tentang Lawan Jenis

Tidak ada pasangan yang senang dibandingkan dan disetarakan dengan orang lain serta dianggap sama pentingnya dengan orang lain. Setiap pasangan tentunya menginginkan jika mereka adalah orang spesial yang paling penting dalam kehidupan pasangannya. Begitupun saat anda menghadapi pasangan anda. Jika anda seringkali membicarakan teman dekat anda pada pasangan dengan segala hal mengenai teman dekat anda. Hal ini tentunya akan membuat pasangan merasa seolah anda lebih tertarik pada teman anda dibandingkan padanya. Apalagi untuk pasangan yang pencemburu, jangan sekali-kali membahas terlalu dalam tentang seorang lawan jenis dihadapan mereka. Bisa jadi pertengkaran dan permasalah akan dapat dipicu karenanya. Untuk itulah, ketika anda ingin mencurahkan isi hati atau berbagi kejadian sewaktu di kantor atau dirumah. Sebaiknya pilahlah topik yang tidak akan membuat pasangan anda merasa sakit hati atau cemburu karena anda membicarakan tentang pasangan lain.

5. Berikan Lebih Banyak Waktu Bersamanya

Bisa jadi alasan pasangan mencemburui anda adalah karena anda sibuk dengan pekerjaan yang anda jalani saat ini. Mereka merasa jika saat anda tak bersama dengan mereka anda merasa begitu nyaman sehingga lebih memilih meninggalakan mereka daripada menghabiskan waktu bersama anda, sekalipun itu adalah masalah pekerjaan. Untuk menghadapi pasangan yang seperti ini, maka berusahalah untuk bisa meluangkan waktu bersama dengan pasangan. Misalkan, ketika anda tiba-tiba mendapatkan sebuah projek dikantor untuk beberapa hari yang cukup lama dan mengharuskan anda untuk lembur, maka tidak ada salahnya janjikan pada pasangan jika anda bisa menyempatkan akhir pekan bersama mereka seharian. Namun tentunya, janji ini harus bisa anda penuhi agar mereka mempercayai anda.

Itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi pasangan yang pencemburu. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...