Di zaman yang seba maju seperti saat ini tidak semura orang selalu merasa yakin dan percaya diri akan kemampuannya. Tak sedikit dari mereka yang masih membatasi diri mereka karena rasa minder yang besar dalam diri mereka. Ketakutan bahwa mereka tidak menjadi cukup baik dimata orang lain pun seringkali menjadi alasan rasa minder dari banyak orang.

Padahal perasaan minder adalah suatu kemunduran yang akan menghancurkan diri anda sendiri. Dari perasaan minder seseorang akan sulit untuk melangkah dan mengambil keputusan yang baik. Orang minder pun akan cenderung plin-plan dalam mengambil sebuah keputusan.

Baca Juga:

Jangankan untuk orang lain, untuk dirinya sendiri mereka akan sering dilanda kebingungan pada saat mengambil sebuah keputusan. Pada akhirnya mereka akan lebih sering melewatkan kesempatan yang baik. Termasuk dengan urusan asmara dalam kehidupannya.

Orang yang penuh dengan rasa minder mungkin akan sulit untuk menemukan pasangan hidup. Sebab mereka sendiri tidak mau terbuka dengan orang lain. Nah, menyikapi masalah ini maka penting sekali mengetahui tips menghilangkan rasa minder mendekati seseorang. Ingin tahu seperti apa? Mari simak dibawah ini.

tips-hilangkan-rasa-minder.jpg

Tips Menghilangkan Rasa Minder Mendekati Seseorang

Setiap orang tentu menginginkan jika pada akhirnya nanti mereka akan menemukan belahan jiwanya dan hidup berbagi bersama dengan orang yang mereka kasihi. Namun tidak mudah menemukan orang yang tepat untuk menjadi pasangan anda bila anda sendiri kerap kali merasa minder mendekati seseorang.

Nah, sikap minder seperti ini sebaiknya jangan diabaikan begitu saja dan perlu untuk segera diatasi. Mari simak dibawah ini tips menghilangkan rasa minder mendekati seseorang.

Berpenampilan Baik

Orang yang minder biasanya memiliki banyak alasan mengapa mereka akan sulit untuk bisa terbuka dan bergaul dengan banyak orang. Biasanya mereka seringkali merasa tidak cukup baik ketika bersanding bersama dengan orang-orang yang ada disekelilingnya.

Insecurity semacam ini adalah ketakutan terbesar bagi banyak orang yang memiliki rasa minder yang besar. Ketakutan bahwa mereka tidak bisa diterima dilingkungannya bahkan sebelum mereka mencoba adalah apa yang menjadi kemunduran untuk orang-orang yang minder.

Padahal tidak selamanya demikian, tidak selalu pula ketakutan dan kekurangan anda dipandang sama oleh orang lain. Bahkan mungkin orang disekeliling anda menganggap anda adalah orang yang normal dan biasa saja. Orang lain tidak melihat kekurangan yang anda miliki sebagai suatu hal yang besar sebagaimana anda mungkin melihatnya dengan berlebihan.

Jadi demikian, cara sederhana untuk menepis rasa minder anda adalah dengan berpenampilan baik. Bila orang disekeliling anda seperti misalkan di kantor berpenampilan rapi dan sopan. Maka mengimbangi penampilan anda dengan lingkungan anda adalah cara penting untuk meredakan ketakutan anda tidak diterima. Ketika anda tidak terlalu mencolok dari segi penampilan maka orang lain tidak akan mengekspos diri anda secara berlebihan.

Menerima Diri Apa Adanya

Sadari dan terima kekurangan serta kelebihan anda. Karena terus menerus mengharapkan menjadi sempurna tidak akan pernah ada habisnya sebab tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Selalu ada kata kurang inilah, kurang itulah. Namun hal tersebut adalah hal yang wajar. Lihatlah kebawah dan bandingkan apa yang anda miliki saat ini dengan mereka yang menderita penyakit atau kemiskinan yang menyedihkan.

Jangankan untuk bisa berpenampilan menarik dan terlihat segar bersama dengan orang-orang seusianya. Mereka mungkin sedang tengah bekerja keras untuk memperjuangkan kehidupan yang akan mereka jalani kelak.

Jadi demikian, tidak ada alasan untuk anda menghakimi diri anda sebagai seseorang yang tidak pantas. Semua orang adalah pantas dan berharga, begitupula dengan diri anda. Jangan biarkan perkataan satu dua orang mempengaruhi diri anda dan membuat anda kehilangan jati diri anda sendiri.

Terima semua yang Tuhan berikan dalam kehidupan anda, sebab hal tersebut adalah anugerah yang Ia berikan dalam kehidupan kita. Sebaliknya, perbaiki setiap kekurangan yang mungkin dapat diperbaiki dalam kehidupan anda.

Hilangkan Ketakutan

Pada orang yang memiliki rasa minder yang besar biasanya mereka memiliki ketakutan yang begitu banyak. Setiap ketakutan dianggapnya sebagai hal yang besar yang akan mungkin menjatuhkan dirinya sendiri. Atau mungkin bisa mempermalukan mereka dihadapan orang lain.

Itulah mengapa orang yang minder akan sulit untuk menemukan teman dan pasangan hidupnya sendiri. Sebab bagi mereka zona aman adalah dirinya sendiri tanpa melibatkan orang lain. Orang lain dianggapnya akan mungkin mempermalukan mereka dan membuat mereka resah setiap saat.

Namun tidak demikian, tidak selamanya hal ini pun adalah hal yang benar. Ketakutan yang ada dibenak anda seringkali hanyalah rancangan dari otak anda. Semakin besar ketakutan anda maka semakin liar imajinasi anda akan ketakutan tersebut.

Padahal belum tentu hal tersebut terjadi, jadi demikian penting sekali mengendalikan ketakutan anda dan jangan terlalu banyak berpikir dengan banyak hal. Sebab hal ini hanya akan memberikan anda sebuah kemunduran.

Mulailah Bertindak

Sikap seorang dengan rasa minder yang besar akan mungkin membuat banyak pertimbangan didalam benaknya berlangsung. Meski hanya untuk melakukan satu tindakan kecil seperti menyapa seseorang yang mereka kagumi dengan sebuah senyuman. Benak mereka akan bergejolak dan terus mempertimbangkan apakah hal tersebut boleh atau tidak boleh mereka lakukan.

Namun tindakan seperti ini sebenarnya terlalu berlebihan. Hanya untuk menyapa dan saling senyum ketika berjumpa apalagi jika orang tersebut adalah rekan kerja anda. Ini adalah hal yang wajar bukankah ada adab ketika bertemu dengan seseorang yang memang anda kenal? Untuk itu, jangan terlalu banyak berpikir dan mulailah bertindak.

Pemikiran-pemikiran dan pertimbangan semacam itu terkadang tidak anda butuhkan. Sebab hal ini akan mungkin membuat kesempatan yang ada didepan mata malah lenyap begitu saja. Setelahnya rasa menyesal akan mungkin menjalari semua bagian tubuh anda.

Untuk itu, mulailah ambil keputusan dengan cepat dan ambil kesempatan anda untuk mulai beraksi. Siapa tahu dari sebuah aksi kecil akan membuahkan langkah selanjutnya untuk anda berkesempatan mencuri perhatiannya.

Selalu Mengeksplor Kelebihan

Selain memperbaiki kekurangan dalam diri sendiri, anda juga perlu mengoptimalkan keahlian yang anda miliki. Terus tingkatkan apa yang anda kuasai dengan baik sehingga rasa percaya diri anda semakin bertambah dan perlahan menekan rasa minder yang anda miliki selama ini.

Kita mungkin tidak bisa sebaik orang lain atau secakap teman kerja anda. Namun setidaknya progres yang anda alami terus meningkat dan membuat kebanggaan dalam diri anda muncul ke permukaan. Dengan begini secara tidak sadar rasa kekhawatiran dalam diri anda akan semakin menurun dan berkurang.

Untuk itu, daripada terus menerus memikirkan semua kekurangan dalam diri anda. Penting sekali untuk anda memahami apa yang menjadi kelebihan anda. Setelah itu, terus perbaiki dan tingkatkan kemampuan anda.

Ketika anda mampu menjadi lebih baik dari apa yang anda kuasai maka perlahan hal ini akan memberikan anda kesempatan untuk mendapatkan pujian. Sebuah pujian biasanya akan pula melahirkan motivasi bagi diri anda untuk menjadi lebih percaya diri dan lebih baik.

Menghargai Diri Sendiri

Guna menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anda maka penting sekali untuk tidak selalu meremehkan diri anda. Banyak orang yang terkadang terus menerus menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak cukup baik untuk orang lain. Padahal belum tentu orang lain memiliki anggapan yang sama atas diri kita. Mungkin sebaliknya, orang lain memiliki penghargaan pada diri kita tanpa kita sadari.

Jadi demikian, hilangkan kebiasaan menghukum diri anda karena tidak menjadi versi terbaik dari diri anda. Bagaimanapun menghargai diri sendiri adalah hal penting yang perlu untuk dimiliki setiap orang. Sebab dengan begini mereka tahu kapasitas dan mampu mengasah kemampuan mereka dengan lebih baik dibandingkan dengan terus menerus mengeluh apa yang menjadi kekurangannya.

Untuk itu, hargai diri anda untuk pencapaian sekecil apapun. Misalkan ketika anda mampu mencapai sesuatu dalam hidup anda maka sukuri hal tersebut dan hargai bahwa usaha yang anda lakukan membuahkan hasil yang baik untuk kehidupan anda. Dengan begini rasa syukur akan memberikan anda perasaan yang lebih tenang dan lebih damai dibandingkan hanya terus-menerus menyalahkan diri sendiri.

Jangan Malu Jadi Diri Sendiri

Seseorang yang minder pada dasarnya lebih banyak menjadikan orang lain sebagai 'role model' dalam hidupnya. Sikap ini memang penting kita miliki dalam kehidupan kita untuk memotivasi kita untuk bisa menjadi lebih baik dari panutan kita. Akan tetapi, berlebihan meniru dan menerapkan standar yang lebih yang melampaui kapasitas diri sendiri akan tentu membuat seseorang yang minder sulit untuk bisa mengeksplor dirinya sendiri.

Hal inilah yang seringkali membuat mereka merasa tidak cukup baik dan tidak cukup sempurna dimata orang lain. Anda bukan tidak boleh menjadikan orang lain yang lebih baik menjadi panutan dalam diri anda. Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai patokan yang mutlak bahwa hidup anda harus persis seperti panutan anda.

Ingat kembali tidak ada manusia didunia ini yang sempurna. Terkang tidak masalah untuk menjadi diri sendiri sebab anda sendiri yang akan mengatur kehidupan anda. Terus menerus berusaha menjadi orang lain hanya akan membuat anda merasa tidak pernah cukup.

Hal ini pun akan semakin membuat rasa minder dalam diri anda semakin besar dan sulit untuk diatasi dengan baik. Jadi demikian, jadilah diri sendiri dan bila anda menjadikan orang lain sebagai panutan. Jadikan mereka sebagai motivasi agar anda menjadi versi yang lebih baik dari diri anda saat ini.

Jaga Sopan Santun

Perihal mendekati seseorang, apalagi orang yang anda sukai memang seringkali menjadi momen yang mendebarkan. Apalagi saat anda tidak cukup percaya diri untuk mendekati mereka dan mencoba untuk mengenal mereka lebih dalam. Akan tetapi, jangan karena rasa gugup dan tidak karuan yang anda rasakan saat ini. Lantas membuat anda kehilangan manner dan moral anda.

Penting sekali untuk bertindak perlahan dan hati-hati apalagi bila orang tersebut adalah orang yang berusaha anda dekati. Tindakan yang sembrono dan sopan santun yang tidak dijaga dengan baik bisa mungkin membuat anda kehilangan respek dari dirinya.

Untuk itu, menjaga sopan santun dan manner anda dengan baik adalah kunci untuk keberhasilan dalam mendekati seseorang. Sampai anda bisa mengendalikan rasa gugup anda dengan baik. Sebaiknya hindari melakukan tindakan-tindakan kikuk yang akan mungkin menakuti orang yang anda suka.

Apalagi bila selama ini ia tidak tahu keberadaan anda atau menganggap anda adalah orang asing baginya. Satu tindakan konyol akan mungkin menghilangkan beribu kesempatan anda untuk bisa bersama dengan pujaan hati anda.

Biasakan Untuk Melatih Mental Anda

Tidak mudah memang menjadi seseorang dengan rasa minder yang besar apalagi saat berhadapan dengan orang yang kita suka. Masalah hati memang tidak pernah dapat dibohongi. Terkadang tindakan yang sepele bisa mungkin membuat kita gugup dan tidak karuan.

Apalagi bila untuk pertama kalinya anda memantapkan hati untuk mencoba menjadi lebih dekat dengannya. Maka mungkin perasaan minder yang anda miliki dalam diri anda akan menjadi penghalang untuk anda bisa menjalin kedekatan lebih bersama dengan si dia pujaan hati anda.

Nah, mengantisipasi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Maka penting sekali untuk melakukan latihan mental sebelum anda melakukan tindakan yang akan anda lancarkan pada ia seseorang yang anda kagumi. Misalkan sebelum anda mengajaknya berkenalan anda bisa melatih mental anda dengan mengajak orang lain berkenalan dengan anda. Atau mungkin cara lainnya yang anda anggap mampu melatih mental anda dengan baik.

Setelah latihan mental tentunya anda akan selangkah lebih siap untuk berhadapan dengan ia orang yang berusaha anda hadapi. Tentunya dari persiapan yang matang maka sebuah tindakan akan penuh dengan antisipasi.

Jangan Mau Terjebak Zona Nyaman

Selama ini anda mungkin merasa nyaman hanya dengan bisa melihat ia setiap hari di tempat kerja anda. Memandangnya dari kejauhan sudah cukup merasa anda puas untuk berada bersama dengan pujaan hati anda. Akan tetapi, hal semacam ini akan mungkin membuat anda kehilangan banyak kesempatan.

Perasaan nyaman dengan kondisi semacam ini akan mungkin membuat anda menyesal dikemudian hari. Apalagi saat si dia tidak mengetahui perasaan anda padanya. Bisa mungkin ia akan menemukan seseorang yang ia sayangi. Hal inilah yang mungkin akan membuat anda menyesal tak pernah mengungkapkan perasaan anda padanya.

Itulah mengapa, bila memang besar harapan anda bisa mendekatinya. Maka cobalah untuk berusaha lebih keras jangan sampai hal ini membuat anda menyesal dikemudian hari dan kehilangan banyak kesempatan berharga.

Jangan Berdiam Diri di Rumah

Untuk bisa melatih kemampuan anda mendekati orang lain maka penting sekali menerapkan latihan dengan baik. Salah satu latihan sederhana yang akan dapat anda lakukan adalah dengan berbaur dan bersosialisasi bersama dengan orang lain.

Caranya anda jangan terus berdiam diri di rumah. Karena mungkin orang-orang yang anda hadapi terbatas dan itu-itu saja. Cobalah untuk keluar rumah dan berbaurlah dengan orang-orang lain yang anda kenal. Latih diri anda untuk bisa memunculkan topik-topik menyenangkan untuk menemani waktu anda bersama dengan orang-orang yang anda jumpai.

Berdiam sendiri di rumah hanya mungkin membuat anda tidak pernah mampu melatih mental dan kemampuan anda untuk bersosialisasi. Untuk itulah, cobalah pergi ke luar rumah dan bergaulah dengan orang lain.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan tentang tips menghilangkan rasa minder semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...