Momen perayaan Idul Adha memang selalu identik dengan berbagai hidangan yang serba daging. Baik itu daging kambing maupun daging sapi selalu tersedia pada saat momen yang satu ini. Untuk daging sapi mungkin para ibu sudah terbiasa mengolah sajian ini karena daging sapi seringkali dibeli di pasar untuk sajian makanan sehari-hari. Lain halnya dengan daging kambing yang biasanya punya aroma khas dan cenderung lebih sulit untuk diolah.

Bau prengus yang ada pada daging kambing biasanya membuat ibu kebingungan bagaimana menghilangkan aroma tersebut sehingga daging kambing bisa diolah menjadi hidangan yang enak dan lezat. Sehingga keluarga di rumah tidak lagi pilih-pilih antara menyantap sate kambing atau sate sapi.

Baca Juga:

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas seperti apa saja mengolah daging kurban menjadi hidangan yang enak. Penasaran seperti apa saja informasinya? Mari simak di bawah ini tipsnya.

tips-mengolah-daging-kurban.jpeg

Mencuci Daging

Tips pertama yang penting diperhatikan dengan baik adalah perihal mencuci daging. Banyak orang menganggap remeh urusan mencuci daging padahal tahapan ini akan sangat menentukan tekstur dari sajian daging yang akan dimasak. Apalagi biasanya daging kurban punya tekstur yang cenderung lebih keras dan alot pada saat dimasak sehingga hal ini dapat mempengaruhi rasa dan sajiannya.

Nah, untuknya perhatikan dengan baik cara membersihkan daging kurban. Baik itu daging kambing maupun sapi anda perlu memastikan membersihkan  bahan ini dengan baik. Silahkan bersihkan daging dengan air bersih dan hindari merendam daging dalam waktu yang terlalu lama sebab hal ini akan dapat mengurangi nutrisi yang ada pada daging.

Hindari pula membersihkan daging dengan cara mengucurkan secara langsung di atas westafel tanpa baskom atau alas. Sebab nantinya dikhawatirkan daging akan terkontaminasi dengan banyak bakteri yang ada pada westafel. Segera keringkan daging setelah dicuci agar kandungan airnya tidak tertahan pada daging.

Memperhatikan Potongan Daging

Daging kurban memang dikenal punya tekstur daging yang lebih alot daripada daging biasa. Hal ini biasanya dipengaruhi karena proses memotong hewan kurban dalam keadaan tegang. Nah, untuk mensiasati hal tersebut anda bisa memperhatikan pemotongan daging pada saat sebelum dimasak. Upayakan potong daging dengan ketebalan yang tidak terlalu besar agar demikian pada saat dimasak tekstur daging menjadi lebih mudah matang.

Hindari pula memotong daging dengan arah melintang sebab nantinya daging akan cenderung hancur dan serat daging bisa mungkin menempel pada daging. Gunakan pisau yang tajam untuk memudahkan anda memotong daging dengan lebih mudah.

Melunakkan Daging Secara Fisik

Untuk menjaga agar tekstur daging kurban menjadi lebih empuk pada saat dimasak anda bisa memperhatikan tehnik pelunakkan secara fisik. Caranya setelah daging dipotong bisa anda pukul-pukul dengan menggunakan pemukul daging secara merata. Cara ini akan memudahkan tekstur daging menjadi lebih empuk pada saat dimasak.

Namun tetap anda pun perlu memperhatikan ukuran ketebalan karena biasanya potongan yang tebal akan mempengaruhi daging lebih sulit matang. Selain menggunakan alat pemukul anda pun bisa menusuk-nusuk daging dengan menggunakan garpu atau tusukan sate. Cara ini akan memudahkan anda untuk memasak daging dengan empuk.

Letakkan di Suhu Ruangan

Trik ini akan sangat penting untuk tipe daging yang diberi makan rumput dan juga untuk potongan daging yang tanpa lemak. Mengingat ada banyak lemak pada potongan daging maka menempatkannya pada suhu ruangan minimal 30 menit sebelum diolah adalah hal penting yang bisa anda lakukan. Lewat cara ini daging akan lebih matang dengan merata.

Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging

Selain alot atau keras , bau anyir alias prengers memang menjadi tantangan yang besar dalam mengolah daging kambing. Jika tidak diatasi dengan baik bisa mungkin nafsu menyantap hidangan ini akan menghilang dan bahkan jijik menciumnya. Nah, di bawah ini mari kita simak cara menghilangkan bau tersebut pada daging kambing.

Buang Bagian Lemaknya

Tanpa kita sadari selama ini lapisan lemak yang menempel pada serat daging kambing adalah salah satu penyumbang terbesar pada aroma daging. Hal yang sama berlaku pada setiap daging termasuk ayam dan sapi. Meski lemak pada daging memang mampu memberikan cita rasa lebih gurih pada sajian olahan daging namun untuk mengantisipasi bau pada kambing maka sebaiknya hilangkan bagian ini.

Sebelum dimasak dan diolah sebaiknya pisahkan terlebih dahulu daging bersama dengan lemaknya. Gunakan pisau untuk menyayat bagian ini dengan merata. Setelah lemak terpisah selanjutnya anda bisa memasak sajian ini dan menambahkan bumbu.

Rendam dengan Susu

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau prengus yang ada pada daging kambing adalah dengan menggunakan susu. Susu full cream cair punya kemampuan untuk meredam aroma yang tajam pada daging kambing. Setelah direndam dengan menggunakan susu anda bisa menyimpannya dalam lemari es sesaat. Selain mampu menghilangkan aroma pada daging kambing yang kurang sedap, susu pun punya kemampuan untuk membuat tekstur dari daging menjadi lebih empuk.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara trasidisional yang satu ini telah menjadi warisan turun menurun dalam mengolah daging dan menghilangkan aroma tidak sedap khusus untuk daging kambing. Nah, daripada anda kesulitan mencari cara menghilangkan bau prengus maka cara yang satu ini bisa anda praktikan dengan baik.

Potong daging dengan ukuran yang siap untuk dimasak kemudian bumbui dengan bumbu marinasi bila perlu. Setelah itu, ambil beberapa lembar daun pepaya dan remukkan dengan merata. Hamparkan daun pepaya dan masukkan potongan daging kedalamnya lalu bungkus dengan merata. Diamkan beberapa saat minimal 30 menit selain membuat aroma daging kambing yang kurang sedap menjadi lebih samar. Cara ini pun akan dapat membuat tekstur daging menjadi lebih mudah empuk ketika dimasak.

Berikan Kucuran Lemon

Cara selanjutnya yang akan dapat anda lakukan untuk mengurangi bau amis pada daging kambing adalah dengan memanfaatkan lemon. Buah dengan rasa asam ini punya manfaat baik dalam membunuh bakteri secara alami dan menghalau penyebab pembusukan pada daging. Itulah mengapa, lemon menjadi buah primadona untuk dijadikan penawar bau pada daging kambing.

Adapun untuk melakukannya anda bisa memotong daging dengan ukuran siap dimasak. Tak perlu dicuci anda hanya perlu mengambil beberapa buah lemon kemudian belah menjadi dua bagian dan peras. Kemudian air perasannya dilumurkan secara merata pada daging kambing. Diamkan selama beberapa saat agar bahan rendaman ini meresap ke dalam daging.

Itulah dia beberapa cara menghilangkan bau prengus atau bau amis pada daging kambing dan cara mengolah daging kurban menjadi hidangan yang enak. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memberikan anda wawasan tentang pengolahan daging kurban menyambut Idul Adha kali ini.

Loading...

Loading...