Tips Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat Saat Bulan Puasa - Ketika bulan puasa, beberapa masalah kulit mungkin anda alami, misalkan kulit dan bibir kering. Asupan makanan dan minuman yang kurang, kurang tidur, pola makan salah akan dapat mempengaruhi kulit anda. Namun, anda jangan terlalu khawatir karena anda tetap bisa merawat kulit akan tetap cantik dan sehat saat puasa dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Baca Juga:

Tips-menjaga-kulit-tetap-kenyal-dan-sehat-saat-puasa.jpg

Tips Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat Saat Bulan Puasa

Walaupun sedang puasa, anda tetap harus rajin merawat kulit. Yuk simak tips merawat kulit saat puasa agar tetap kenyal dan sehat seperti di bawah ini.

Jaga Asupan Cairan

Ketika berpuasa, selama lebih 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Selain membuat tubuh kekurangan cairan, hal ini juga membuat kulit anda tidak terhidrasi dengan baik efeknya kulit akan kering.

Oleh karena itu, supaya kulit anda tetap sehat dan cantik ketika puasa, anda harus mencukupi kebutuhan cairan dari waktu buka puasa hingga sahur. Anda bisa minum 2-4-2, maksudnya 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas ketika malam hari dan 2 gelas ketika sahur.

Berdasarkan penelitian, minum air sebanyak 2,25 liter setiap harinya akan membuat kepadatan dan ketebalan kulit menjadi meningkat. Jika asupan cairan tetap terjaga, maka kelembaban kulit juga akan terjaga dan efeknya kulit tetap sehat dan cantik ketika puasa.

Jaga Kebersihan Kulit

Kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan berbagai masalah kulit muncul. Oleh karena itu, kebersihan kulit sangat penting untuk tetap dijaga. Caranya dengan membersihkan wajah anda untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah.

Gunakan pembersih yang cocok untuk kulit anda. Pembersih yang baik yaitu pembersih yang tidak akan menyebabkan rusaknya lapisan kulit. Anda dapat menggunakan pembersih wajah dengan kandungan bahan yang ringan, tidak berwarna, mengandung stearyl alcohol dan tidak mengandung parfum. Dengan begitu kulit tetap sehat dan tidak menimbulkan iritasi.

Perbanyak Konsumsi Buah Saat Berbuka dan Sahur

Menu buka puasa harus anda perhatikan agar tubuh tetap sehat. Ketika berbuka puasa pastikan anda mengonsumsi buah-buahan segar yang banyak agar kebutuhan vitamin untuk kulit terpenuhi.

Anda dapat memilih buah dengan kandungan air yang banyak. Buah-buahan yang mengandung banyak air akan menutrisi kulit dan memberikan cairan yang tubuh perlukan. Anda dapat memilih buah dengan kandungan air yang banyak seperti :

  • Semangka
  • Tomat
  • Stroberi, dan lain sebagainya

Jika anda mengonsumsi buah yang cukup, maka kulit anda akan tetap cantik saat puasa.

Menggunakan Pelembab dan Tabir Surya

Jika anda memiliki kulit kering, anda harus menggunakan pelembab dengan kandungan shea butter, dimethicone, panthenol, sodium PCA, dan cyclopentasiloxane. Kandungan ini dapat membantu mengatasi kulit kering, tidak membuat kulit teriritasi, anti radang, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Sedangkan jika kulit anda adalah jenis kulit normal, anda bisa menggunakan pelembab yang mengandung cylomethicone. Untuk kulit berminyak dapat menggunakan pelembab dengan bahan dasar air.

Selain itu, gunakan juga tabir surya yang dapat melindungi kulit anda dari sinar matahari jahat. Setidaknya anda menggunakan tabir surya dengan SPF 15.

Baca juga : Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Memenuhi Kebutuhan Istirahat

Ketika bulan puasa, waktu istirahat anda akan berkurang. Bahkan tidak semua orang bisa beristirahat lagi setelah sahur. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan tidur terlalu malam. Jika kurang tidur maka kulit anda akan terlihat lelah dan terlihat tuas, apalagi di area mata.

Memiliki kulit yang sehat dan cantik adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, anda bisa melakukan beberapa langkah di atas agar kulit tetap sehat dan cantik.

Loading...

Loading...