Tips Menjaga Pola Tidur Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Fit - Saat bulan puasa, kita akan mengalami perubahan pola makan dan pola tidur. Dimana ketika berpuasa kita hanya bisa makan setelah waktu berbuka puasa hingga sahur. Kemudian waktu tidur pun akan terpotong karena harus bangun lebih awal untuk santap sahur.

Menjaga tubuh tetap fit dan prima sangat penting dilakukan saat puasa, agar puasa dan aktivitas yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga pola tidur, memenuhi waktu tidur dan membuat tidur berkualitas. Nah, agar tubuh tetap fit saat puasa, berikut ini tips menjaga pola tidur yang dapat anda terapkan.

Baca Juga:

Menjaga-pola-tidur-saat-puasa.jpeg

Tips Menjaga Pola Tidur Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Fit

Dengan kondisi tubuh yang fit maka puasa akan lancar dan semangat. Yuk simak tips menjaga pola tidur saat puasa berikut ini.

Sebelum Tidur Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Agar tubuh tetap fit saat berpuasa, hal penting yang harus diperhatikan yaitu hindari melewatkan makan sahur. Dengan makan sahur maka tubuh akan mendapatkan energi selama anda berpuasa hingga waktunya berbuka puasa.

Nah, agar tidur anda berkualitas maka sebaiknya jauhi makanan yang berlemak, makanan olahan susu karena akan sulit dicerna. Mengonsumsi makanan jenis ini akan dapat menyebabkan rasa sakit pada perut, serta menyebabkan heart burn yang disebabkan karena naiknya asam lambung.

Hindari Tidur Larut Malam

Saat puasa pola tidur tentu akan mengalami perubahan. Untuk anda yang memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Saat bulan puasa waktu tidur anda akan terpotong karena harus sahur dan menyiapkan makan sahur.

Untuk mensiasatinya, sebaiknya anda tidur lebih awal dari biasanya. Sering mengantuk saat puasa salah satunya disebabkan karena waktu tidur yang kurang. Selain itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Hindari hal-hal yang akan dapat mengganggu tidur anda.

Tidur Sebentar Setelah Sahur

Tidur sebentar setelah sahur bisa anda lakukan supaya tubuh tetap prima dan siap menjalankan aktivitas sehari-hari. Walaupun tidur anda sebentar, yang terpenting berkualitas. Hal ini akan membuat tubuh kembali berenergi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk tidur setelah sahur dan sholat subuh. Supaya tidak kesiangan bangun, anda bisa memasang alarm.

Buat Suasana Tidur Nyaman

Agar tubuh tetap fit, mencukupi waktu tidur dan tidur dengan berkualitas adalah hal penting yang harus dilakukan. Untuk mendapatkannya anda bisa menciptakan suasana yang nyaman sebelum tidur. Misalkan mematikan televisi, berhenti bermain gadget.

Selain itu, anda juga bisa membuat suasana kamar tidur lebih nyaman, seperti mematikan lampu sebelum tidur, membuat udara kamar terasa sejuk dan lain sebagainya. Dengan suasana yang nyaman maka anda akan merasa lebih rileks dan akan lebih mudah terlelap untuk tidur.

Sempatkan Waktu Untuk Beristirahat Saat Siang Hari

Jika memiliki waktu, tidak ada salahnya anda menyempatkan untuk beristirahat saat siang hari. Anda bisa tidur siang sebentar selama 20 hingga 30 menit. Dimana waktu terbaik untuk istirahat atau tidur siang yaitu antara pukul 14.00 hingga pukul 15.00. Tidur siang menjadi salah satu cara efektif untuk kembali memulihkan tenaga.

Itulah beberapa tips menjaga pola tidur supaya tubuh tetap fit saat berpuasa, dengan begitu aktivitas anda akan berjalan lancar.

Loading...

Loading...