Tips Menjalin Komunikasi yang Baik Bersama dengan Pasangan

Hidup berumah tangga yang sesuai dengan keinginan tidak yang bisa dicapai dengan mudah dan begitu instan. Pernikahan adalah proses yang panjang yang harus terus dijaga dan dipupuk agar rona asmara dan saling mengasihi bisa tetap terjaga, sehingga pada akhirnya hubungan yang awet dan keberhasilan dalam berumah tangga akan bisa dicapai. Menjalin hubungan perkawinan dan menjalankan bahtera rumah tangga bersama dengan pasangan juga tidak asal punya kemauan saja. Sayangnya, tidak semua pasangan memiliki kemauan tersebut. Akibatnya ibaratkan sebuah bunga, karena cinta perkwaninan tak pernah dipupuk, hubungan perkawaninan tersebut menjadi gersang dan lama-lama menjadi layu. Sehingga pada akhirnya, perceraian dan perpisahan tak lagi terelekkan. Ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga bahtera dan hubungan yang anda jalin bersama dengan pasangan dalam sebuah ikatan rumah tangga agar senantiasa harmonis, salah satunya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik bersama dengan pasangan. Meskipun pasangan suami istri hidup dalam satu atap dan mungkin sekali berjumpa setiap hari, namun sebuah komunikasi yang berjalan tidak baik akan mungkin terjadi.

Hampir setiap pasangan mengeluh terkait masalah komunikasi. Sebagian besar wanita mengeluhkan suami mereka yang tidak mau berbagi perasaannya, merek cenderung tertutup atau tidak mau mengungkapkan keinginannya dengan cara-cara yang bisa menyenangkan istrinya. Kurangnya komunikasi dan terjalinnya komunikasi yang salah seringkali menjadi bumerang dalam sebuah ikatan pernikahan. Jika salah satu pasangan tidak tahu bagaimana mengungkapkan keinginan mereka dengan benar dan mencurahkan apa yang ia mau dengan tepat kepada pasangannya, dimana hal ini terjadi berulang terus-menerus. Maka akan terakumulasi menjadi sebuah masalah yang besar yang bisa menciptakan ketidaknyamanan antara dengan pasangan.

Untuk itulah, masing-masing individu dalam berumah tangga diharapkan bukan hanya mampu menjadi partner hidup pasangannya saja, namun juga mampu menjadi pendengar yang baik dan mampu menyikapi serta menyelesaikan sebuah konflik yang terjadi dalam rumah tangganya dengan sebijak mungkin dan sebaik mungkin. Perceraian adalah salah satu dampak dari sebuah permasalahan yang sudah terlalu besar yang terjadi dalam berumah tangga. Ada begitu banyak kasus yang saat ini terjadi pada banyak selebritis tanah air yang menyatakan jika alasan perceraian dan perpisahan mereka didasari karena komunikasi yang sudah berjalan tidak baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan komunikasi yang baik bersama dengan pasangan agar hubungan yang harmonis bisa terjalin dengan baik. 

Tips Menjalin Komunikasi yang Baik Bersama dengan Pasangan

1. Hargai Setiap Perilaku yang Baik

Sebuah kounikasi tidak hanya dibatasi dengan berbicara saja. Ada banyak bentuk komunikasi yang tidak terbatas pada komunikasi verbal saja. Beberapa komunikasi ini tentu diungkapkan dengan tidak menggunakan kata-kata atau tidak dijelaskan dengan tuturan kalimat, melainkan dengan tindakan atau perasaan. Apabila anda terkesan dengan perlakuan pasangan yang memperlakukan anda dengan begitu baik, anda bisa mengungkapkannya meskipun tanpa dengan menggunakan kata-kata. Dengan memberikan pelukan, hadiah, kartu atau membuatkannya makanan favorit untuk pasangan. Hal ini bisa menjadi cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana anda terkesan dan berterimakasih atas apa yang dilakukan pasangan pada anda.

2. Jangan Pernah Sungkan

Semua manusia memiliki tingkat sensitifitas perasaan yang berbeda-beda, sewaktu anda merasakan ketidaknyamanan yang dilakukan oleh pasangan atau anda merasa terganggu dengan perilaku suami yang terkesan mengganggu anda, jangan pernah dipendam karena merasa ragu atau canggung pada suami. Jika hal ini terus-terusan diulang dan dipendam, maka perasaan tersebut lama kelamaan akan terakumulasi menjadi sebuah ketidaknyamanan yang akan membuat anda semakin menilai keburukan yang ada pada suami. Untuk itu, jangan pernah ragu atau sungkan untuk memberitahukan pada pasangan atau suami bahwa apa yan mereka lakukan mengganggu anda. Namun, jangan lupa sampaikan maksud hati anda dengan lembut dan penuh dengan kesabaran, jangan sampai pasangan merasa tersinggung atau tersakiti yang malah bisa membuat hubungan menjadi pecah.

3. Perlakukan Pasangan Seperti Anda Ingin Diperlakukan

Hukum sebab dan akibat berlaku didunia ini, termasuk dengan apa yang terjadi dalam hubungan. Sewaktu anda menginginkan diperlakukan dengan baik dan begitu lembut oleh pasangan, maka terlebih dahulu kita pun harus memanjakan dan memperlakukan pasangan dengan baik. Pada saat berkomunikasi dengan pasangan, bicaralah dan perlakukan pasangan seperti anda ingin diperlakukan. Jika anda menginginkan pasangan anda bisa terbuka mengenai semua kegiatan yang ia lakukan setiap harinya, maka ceritakan pula hal yang sama pada pasangan, dengan demikian, ia pun akan bisa menyeimbangi apa yang anda lakukan bersama dengan pasangan. Namun perlu juga diingat, tidak masalah jika anda tidak bertanya setiap kali dan setiap menit apa saja yang dilakukan oleh pasangan anda, jangan sampai pasangan menilai perilaku anda berlebihan dan terlalu over protektif. Berikan ia ruang dan dengan secara otomatis mereka akan memberitahu kita apa yang terjadi.

4. Pahami Perasaan Pasangan

Cobalah untuk mengatakan hal-hal yang akan membuat pasangan merasa diengerti dan begitu diperhatikan. Katakan padanya bahwa anda mengerti mengapa mereka bersedih, bahwa ia merasa berhak untuk merasa sedih dan seolah terabaikan. Akan berakibat fatal jika anda mengatakan kepada pasangan bahwa anda mereka telah salah setelah memiliki perasaan yang demikian.

5. Cari Waktu Mengobrol yang Tepat

Salah satu sumber terbanyak yang menyebabkan banyaknya pertengkaran dan percecokan yang terjadi dalam berumah tangga adalah ketidakmampuan pasangan dalam membicarakan atau menemukan waktu yang tepat untuk berdiskusi. Kondisi pasangan yang sedang begitu lelah dan banyaknya beban pikiran yang membelenggu pasangan, membuat mereka membutuhkan ruang untuk menangkan pikirannya agar bisa kembali jernih, bukan diajak berdiskusi dan membebani pikirannya dengan permasalahan yang baru. Untuk itu, sewaktu anda ingin mencurahkan isi hati atau berdiskusi dengan pasangan, sebaiknya pintar-pintarlah mencari kondisi dan waktu yang tepat saat pasangan sedang santai atau pada saat moodnya dalam kondisi yang baik.

6. Tinggalkan Pesan

Menunjukan perhatian dan rasa peduli anda terhadap pasangan amat penting ditunjukan pada pasangan. Hal ini bertujuan untuk menunjukan dan menegaskan perasaan anda yang begitu mencintai pasangan. Jika saja pasangan sulit dihubungi saat anda ingin menanyakan kabar atau ingin mengetahui keadaanya, namun pada saat itu mereka sulit dihubungi. Maka tinggalkan saja sebuah pesan. Dengan canggihnya tekhnologi yang ada pada saat ini akan memudahkan komunikasi anda bersama dengan pasangan agar terjalin dengan lebih baik.

Banyaknya pertengkaran dan perselisihan dalam berumah tangga, lebih mungkin disebabkan karena kurangnya komunikasi dan komunikasi yang terjalin dengan kurang baik. Untuk itulah, tips diatas diharapkan mampu membuat anda menciptakan komunikasi yang lebih baik bersama dengan pasangan.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)