Cinta itu tidak bisa dipaksakan. Kita tidak bisa mencintai seseorang yang mencintai kita jika kita sendiri tidak mencintainya. Saat ada seseorang yang menyatakan perasaan cintanya, pilihan yang terbaik yaitu menolaknya untuk menghindari hubungan palsu.

Hal yang penting yaitu jangan menolaknya langsung dengan sikap atau kata-kata yang kasar. Karena bisa saja itu akan menyakiti hati dan perasaannya. Agar anda tidak bingung, seperti apa sikap yang baik saat menolak cinta seseorang anda bisa mengikuti beberapa tips ini.

Baca Juga:

Tips-menolak-cinta.jpeg

Tips Menolak Cinta Seseorang Tanpa Menimbulkan Luka dan Sakit Hati

Hal yang paling penting saat menolak seseorang yang menyatakan cintanya yaitu jangan membuatnya terluka atau sakit hati. Oleh karena itu, penting memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Persiapkan Diri

Jika ada seseorang yang menyatakan perasaan cinta pada anda, namun anda tidak tertarik atau masih fokus dengan urusan lainnya dalam hidup, anda bisa menolaknya dengan baik-baik agar tidak menimbulkan rasa sakit hati. Saat anda memilih untuk menolaknya anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang tidak terduga yang mungkin saja dilakukannya. Sebab perasaan yang ditolak akan membuat perasaan seseorang sakit dan hancur. Biarkan semuanya mengalir dengan apa adanya ketika itu, biarkanlah dia menyampaikan semua isi hatinya. Ia akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan apa yang ia pendam selama ini.

Jangan Tunda Untuk Mengatakannya

Menunda-nunda mengatakannya untuk mencari waktu yang tepat adalah kesalahan. Menunda-nunda bukanlah cara terbaik untuk mengungkapkannya. Alangkah lebih baik jika anda mengungkapkannya secara langsung. Semakin anda menunda-nunda maka semakin sulit untuk melakukannya. Ia mungkin akan merasa perasaan cintanya digantung.

Jangan Takut Oleh Rasa Gugup

Saat menolak seseorang anda mungkin akan merasa gugup. Rasa gugup tersebut mungkin akan membuat anda takut. Gugup saat menolak seseorang itu adalah hal normal. Jangan takut karena anda gugup, segeralah lakukan sebelum ia merasa lebih sakit hati.

Jujur

Juur itu terkadang memang menyakitkan, namun akan lebih menyakitkan lagi jika kita tidak jujur. Lebih baik jujur dari pada anda harus menjauhinya yang akan membuat kalian berdua merasa tidak nyaman.

Saat anda akan berkata jujur padanya, cobalah gunakan kata kata yang baik dan pantas. Kata kata yang tidak akan membuat hatinya sakit atau terluka. Anda bisa mengucapkan pada diri anda sendiri sebelum mengatakan pada dirinya. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah kata kata tersebut menyakitkan atau tidak.

Lakukan Secara Langsung

Mengatakannya secara langsung atau bertatap muka menjadi pilihan terbaik dibandingkan mengungkapkannya melalui telpon atau pesan singkat. Mengatakannya secara langsung berarti itu tandanya anda menghargai dirinya. Ia pun akan tahu bahwa anda serius dengan melihat langsung dari ekspresi anda.

Tolak dengan Kata-Kata yang Halus

Apapun itu alasannya, jangan sampai anda ungkapkan alasan mengapa anda menolaknya karena itu bisa saja menyakiti perasaannya. Ungkapkan penolakan yang akan anda lakukan dengan kata kata yang halus, sikap yang baik dan senyum yang ramah.

Hindari Memberi Harapan Palsu

Menjadi kesalahan yang sangat besar saat anda menolak seseorang yang menyatakan cintanya dan anda memberikan harapan palsu. Memberikan harapan palsu berarti anda mempermainkan perasaannya. Saat ia tahu bahwa selama ini anda mempermainkan perasaannya bisa saja ia membalas apa yang anda lakukan.

Itulah beberapa tips menolak seseorang yang menyatakan cintanya agar tidak melukai perasaannya. Sebisa mungkin ungkapkan penolakan dengan sikap yang baik dan kata kata yang sopan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...